Home » 5 Daftar Contoh Usaha Ritel Paling Populer di Indonesia

5 Daftar Contoh Usaha Ritel Paling Populer di Indonesia

Bagi seseorang yang sudah lama menjalankan usaha bisnis pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya ritel? Bisnis yang paling banyak di Indonesia, contoh usaha ritel ini juga terbagi berdasarkan jenis dan kategori. Ada yang levelnya berada di skala kecil, menengah dan besar.

Usaha ritel adalah kegiatan pemasaran produk, yang mana barang dan jasa dapat diperjual belikan satuan maupun eceran. Kegiatan tersebut langsung dihadapkan kepada para konsumen untuk keperluan bersama atau individu. Inti dari penjelasan ini maksudnya yaitu, bahwa semua produk yang dijual langsung kepada konsumen. Penasaran dengan contoh ritel di lingkungan sehari-hari? Berikut penjelasannya.

1. Hypermart

Contoh Usaha Ritel

Pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari seperti sembako yang terdiri dari beras, minyak, gula, dan lainnya dapat ditemukan di Hypermart. Menjadi contoh usaha ritel berskala besar, membuatnya menyediakan semua barang dalam jumlah yang besar. Semua transaksi jual beli barang tidak sama dengan membeli barang secara satuan dan tak tersedia dalam  jumlah banyak.

Pada skala usaha yang sudah besar terdapat banyak keuntungannya, dimana harga yang diberikan meskipun sudah ditetapkan biasanya jauh lebih murah. Hal itu tentu disebabkan oleh ketersedian barang dalam jumlah banyak, jadi wajar saja apabila banyak pengencer yang membeli barang disana.

2. Indomaret

Contoh Usaha Ritel

Terkenal mempunyai cabang hampir di seluruh Indonesia, menjadikan minimarket yang satu ini paling populer. Berdasarkan fakta yang mendukung, ritel dari waralaba yang satu ini juga sudah ada sejak tahun 1988. Perkembangan dari jumlah gerai hingga saat ini terus bertambah.

Pada tahun 2017, tercatat sudah ada sebanyak 13 ribu gerai dari mitra usaha tersebut. Berbagai kerja sama pun sudah banyak terbentuk di antaranya terdiri dari, badan usaha perorangan, badan usaha, serta koperasi. Mempunyai Brand yang telah dikenal luas oleh masyarakat menjadikan keuntungan tersendiri bagi usaha ritel tersebut.

3. Carrefour

Contoh Usaha Ritel

Berikutnya bisnis usaha ritel yang tergabung dalam kelompok supermarket internasional adalah Carrefour. Sudah mempunyai kurang lebih 41 cabang di beberapa kota besar. Namanya kian hari makin populer, bagaimana tidak? kelengkapan yang disediakan untuk kebutuhan sehari-hari hampir lengkap. Jadi memungkinkan tingginya minat yang ditunjukkan publik dalam ketersedian barang yang ditawarkan.

4. Ramayana Group

Contoh Usaha Ritel

Ramayana termasuk ke dalam usaha tipe kepemilikan Corporate Chain yang sudah sangat terkenal dengan produk dan brand fashion yang dimilikinya.  Sesuai dengan namanya bisnis ini adalah usaha yang dimiliki oleh group. Terdapat berbagai jenis ritel di dalamnya yang saling terhubung dan juga berhubungan.

Ritel yang tergabung di dalamnya saling mempengaruhi satu sama lainnya, sehingga kesuksesan serta keberhasilan dapat sama-sama dirasakan. Kelebihan dalam usaha ini yaitu volume penjualan ada sangat tinggi, sehingga kemampuannya dapat memiliki saham suatu perusahaan cukup besar. Hal inilah yang berpengaruh kepada kuantitasnya yang dapat membuat lapangan pekerjaan semakin luas.

BACA JUGA:

5. Lion Express

Contoh Usaha Ritel

Menjadi salah satu supermarket yang berpotensi menghasilkan sejumlah pendapatan yang besar membuat Lion Express banyak diminati para pebisnis. Merupakan anak dari cabang perusahaan SuperIndo yang sudah mempunyai pengalaman serta reputasi yang baik kurang lebih selama 19 tahun. Tentu sudah tidak diragukan lagi perkembangan bisnisnya.

Keuntungan yang ditawarkan oleh pihaknya dalam menarik perhatian calon pebisnis pun sangat menarik. Memberikan janji pada keuntungan yang stabil, dimana dalam kondisi perekonomian seperti apapun usaha tersebut akan tetap berjalan. Hal yang perlu diwaspadai yaitu manajemen yang berlangsung, karena yang menjadi penentu stabilitas usaha tentunya sistem internal di dalamnya.

Nah, itulah penjelasan terkait contoh usaha ritel yang ada saat ini. Perkembangan dari setiap usaha yang ada di Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dan juga perkembangan yang signifikan. Diharapkan dengan banyaknya jenis usaha retail tersebut dapat memberikan dampak yang baik bagi perekonomian.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!