Home » Skill Wajib Sales Supervisor, Tugas dan Perannya dalam Bisnis

Skill Wajib Sales Supervisor, Tugas dan Perannya dalam Bisnis

Seorang sales supervisor akan bertugas dan bertanggung jawab menjadi pemimpin sekaligus mengarahkan tim sales di bawahnya untuk mencapai tujuan penjualan suatu perusahaan. Tug as di sini juga termasuk menentukan target, rencana, bahkan pelatihan penjualan, dll.

Peran ini secara langsung akan mempengaruhi potensi hasil pendapatan dari sebuah perusahaan. Supervisor tidak harus seseorang dengan rekor penjualan tertinggi melainkan harus punya skill mengarahkan dan memimpin.

Skill Wajib Sales Supervisor, Tugas dan Perannya dalam Bisnis

Supervisor tim penjualan bahkan lebih banyak berkaitan dengan kemampuan untuk memimpin, membimbing, dan memotivasi seluruh timnya dalam mencapai atau melampaui target perusahaannya.

Bisnis perusahaan banyak bergantung pada skill para supervisor dan timnya untuk memenuhi target pertumbuhan pendapatan. Tugas penjualan yang menjangkau konsumen di tengah pasar kompetitif membuat keterampilan supervisor akan menentukan keberhasilan tim.

Tugas Utama dan Tanggung Jawab Sales Supervisor

sales Supervisor

Semua bisnis yang melakukan penjualan, mulai dari versi eceran, canvasser, bahkan grosir hingga manufaktur biasanya akan memiliki seorang supervisor. Tugasnya ialah memastikan penjualan beroperasi dengan baik menuju target yang diinginkan.

Peran pemimpin tim/departemen sales akan menentukan bagaimana kinerja seluruh penjualan. Berikut ini sejumlah tanggung jawab seorang supervisor dalam mencapai tujuan bisnis yang dimiliki perusahaannya.

  1. Memimpin departemen atau tim sales dalam memenuhi kuota penjualan yang sudah ditetapkan, tanggung jawab utama ini diharapkan memberi kontribusi bagus pada pertumbuhan bisnis dengan wawasan dan analisa mereka dalam membuat keputusan.
  2. Memilih anggota tim salesnya sendiri melalui rekrutmen tenaga penjualan baru sendiri, atau dibantu perwakilan SDM.
  3. Melatih tenaga semua tim penjualan, baik anggota baru maupun yang sudah lama serta melakukan tinjauan kinerja secara teratur. Ini berguna untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan karirnya.
  4. Menetapkan tujuan penjualan berdasarkan tujuan perusahaan dan kemampuan serta kualitas tim sales di bawahnya.
  5. Merencanakan dan menjalankan strategi penjualan yang punya potensi besar untuk menunjang pertumbuhan bisnis organisasinya.
BACA JUGA:  Consumer Insight Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Aktivitas Profesional Sales Supervisor

sales Supervisor

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!