Home » Skill Wajib Sales Supervisor, Tugas dan Perannya dalam Bisnis

Skill Wajib Sales Supervisor, Tugas dan Perannya dalam Bisnis

Seorang sales supervisor akan bertugas dan bertanggung jawab menjadi pemimpin sekaligus mengarahkan tim sales di bawahnya untuk mencapai tujuan penjualan suatu perusahaan. Tug as di sini juga termasuk menentukan target, rencana, bahkan pelatihan penjualan, dll.

Peran ini secara langsung akan mempengaruhi potensi hasil pendapatan dari sebuah perusahaan. Supervisor tidak harus seseorang dengan rekor penjualan tertinggi melainkan harus punya skill mengarahkan dan memimpin.

Supervisor tim penjualan bahkan lebih banyak berkaitan dengan kemampuan untuk memimpin, membimbing, dan memotivasi seluruh timnya dalam mencapai atau melampaui target perusahaannya.

Bisnis perusahaan banyak bergantung pada skill para supervisor dan timnya untuk memenuhi target pertumbuhan pendapatan. Tugas penjualan yang menjangkau konsumen di tengah pasar kompetitif membuat keterampilan supervisor akan menentukan keberhasilan tim.

Tugas Utama dan Tanggung Jawab Sales Supervisor

sales Supervisor

Semua bisnis yang melakukan penjualan, mulai dari versi eceran, canvasser, bahkan grosir hingga manufaktur biasanya akan memiliki seorang supervisor. Tugasnya ialah memastikan penjualan beroperasi dengan baik menuju target yang diinginkan.

Peran pemimpin tim/departemen sales akan menentukan bagaimana kinerja seluruh penjualan. Berikut ini sejumlah tanggung jawab seorang supervisor dalam mencapai tujuan bisnis yang dimiliki perusahaannya.

  1. Memimpin departemen atau tim sales dalam memenuhi kuota penjualan yang sudah ditetapkan, tanggung jawab utama ini diharapkan memberi kontribusi bagus pada pertumbuhan bisnis dengan wawasan dan analisa mereka dalam membuat keputusan.
  2. Memilih anggota tim salesnya sendiri melalui rekrutmen tenaga penjualan baru sendiri, atau dibantu perwakilan SDM.
  3. Melatih tenaga semua tim penjualan, baik anggota baru maupun yang sudah lama serta melakukan tinjauan kinerja secara teratur. Ini berguna untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan karirnya.
  4. Menetapkan tujuan penjualan berdasarkan tujuan perusahaan dan kemampuan serta kualitas tim sales di bawahnya.
  5. Merencanakan dan menjalankan strategi penjualan yang punya potensi besar untuk menunjang pertumbuhan bisnis organisasinya.

Aktivitas Profesional Sales Supervisor

sales Supervisor

Dan untuk kesehariannya, aktivitas profesional sales supervisor juga mencakup pemeliharaan hubungan dengan pelanggan demi keuntungan penjualan tim. Secara langsung, mereka sendiri juga turut berperan bekerja mewujudkan keberhasilan tim mencapai kuota harian.

Supervisor professional akan berusaha dan mampu menciptakan suasana yang kooperatif dan damai bagi semua orang sales agar bekerja dengan optimal dan tetap termotivasi mencapai tujuan mereka. Itu juga harus dilakukan sembari melaksanakan tugas utamanya berikut ini.

  1. Mencapai Target

Supervisor penjualan perlu mengawasi kegiatan sales yang bertujuan untuk meningkatkan hasil penjualan. Mereka perlu mencapai KPI (Key Performance Indicator) dengan kemampuan memberi motivasi kepada tim sales selama periode penjualan.

Pendampingan yang baik dengan memberikan umpan balik dan pembinaan secara berkelanjutan akan meningkatkan kinerja tim sales. Jika tim tidak memenuhi targetnya, maka supervisor perlu menemukan akar masalahnya dan menerapkan strategi dengan tepat.

  1. Analisis Data

Untuk melakukan pendampingan lebih efektif untuk kinerja tim, sales supervisor perlu menganalisis dan memahami metrik penjualan terlebih dahulu. Semua data akun, data pasar, perilaku pelanggan, tren musiman, dan aspek lainnya perlu diperiksa.

Selanjutnya laporan analisis penjualan ini akan sangat membantu mengungkap informasi berharga yang dapat membantu supervisor penjualan dalam memutuskan strategi masa depan tim hingga target mereka.

  1. Membuat Perkiraan

Supervisor penjualan perlu membuat dan menyusun strategi perkiraan penjualan yang mencerminkan pertumbuhan bisnis, dari hasil laporan kinerja mereka sebelumnya. Untuk melakukan ini, maka diperlukan pemahaman data historis dan variable.

Jika perkiraan sudah selesai dibuat, supervisor kemudian merencanakan strategi mereka secara realistis dan sesuai kemampuan tim. Setelah implementasi, tim juga perlu mengukur keberhasilan penjualan untuk menentukan rencana selanjutnya.

Keterampilan Penting Seorang Sales Supervisor

sales Supervisor

Semakin bertumbuh pesatnya perekonomian, di mana tuntutan konsumen dan permintaan bahkan persaingan semakin ketat, juga turut menambah tanggung jawab seorang supervisor tim penjualan, mereka diharapkan melakukan lebih banyak dari sebelumnya.

  1. Soft Skill

Inti dari keterampilan ini mencakup kemampuan manajemen sumber daya manusia. Itulah sebabnya menjadi supervisor yang baik, mereka harus memiliki soft sill untuk memotivasi dan memberikan dukungan kepada tim serta mendorong kolaborasi semua orang.

Supervisor harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, itu bisa terlihat dari tindakannya memberikan pujian, berkomunikasi secara efektif kepada seluruh departemen, sambil tetap bertahan dengan tenang di bawah tekanan.

Seorang pemimpin yang baik diharapkan untuk tetap tenang di bawah situasi stres dan membantu anggota tim mengatasi tekanan dari kesibukan sehari-hari. Kepemimpinan juga sangat berguna saat berinteraksi dengan prospek baru hingga penjualan sukses dilakukan.

Sales supervisor juga membutuhkan skill yang bisa memahami perilaku dan psikologis stafnya untuk mengevaluasi perkembangan seluruh kinerja tim. Seorang profesional harus mampu mengevaluasi kompetensi, kinerja, dan sikap staf penjualan secara efektif.

  1. Keterampilan Teknis

Selain mengevaluasi kinerja tim, supervisor perlu mengevaluasi semua data dan metrik penjualan sesuai tenggat waktu. Dari semua data yang dikumpulkan, perlu juga menghitung biaya per prospek, tingkat konversi, margin kotor, dan memperbarui tren sales.

Perusahaan besar sekarang sering mengintegrasikan sistem menggunakan software, sehingga seorang supervisor harus terbiasa dan mampu menggunakan alat-alat ini dengan baik. Keterampilan teknis posisi supervisor kadang akan tumpang tindih satu sama lain.

Sangat penting bagi seorang supervisor memiliki komunikasi yang efektif dan keterampilan interpersonal. Perannya harus dilaksanakan setiap hari untuk melacak kemajuan strategi dalam mencapai tujuan organisasi.

BACA JUGA: Strategi Sales Promotion Untuk Meningkatkan Penjualan

Penting juga untuk menjaga tim tetap termotivasi menuju tujuan dengan mengatur pertemuan, kegiatan, dan latihan untuk membangun tim agar terdorong keluar dari zona nyamannya, ini tentu melibatkan transparansi dan komunikasi yang efektif.

Posisi ini harus mampu memahami tim sebaik mungkin. Perlu juga mempertimbangkan faktor lain seperti strategi dan faktor pasar. Tim penjualan akan memiliki peluang lebih baik untuk mencapai target penjualan atau bahkan melampauinya.

Pekerjaan yang datang dengan berbagai tanggung jawab ini membutuhkan keterlibatan dan penyatuan seluruh tim. Sales supervisor harus memotivasi tim agar bekerja lebih produktif untuk memenuhi tujuan penjualan perusahaan sebaik mungkin.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!