Home » Inilah Rincian Modal Usaha Steam Motor dan Cara Memulainya

Inilah Rincian Modal Usaha Steam Motor dan Cara Memulainya

Setiap usaha yang akan dijalankan tentu membutuhkan modal sebagai biaya untuk membeli segala peralatan. Salah satu usaha yang populer di dunia otomotif adalah steam motor. Memang modal usaha steam motor ini tidak banyak karena berbagai peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang dibeli seperti kompresor, shampo motor, drum, selang, dan lain sebagainya.

Modal yang Dibutuhkan

Sebuah usaha steam motor memang memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan bagi para pengusaha. Mengapa demikian? Karena usaha ini tidak membutuhkan modal yang banyak namun dapat memberikan keuntungan yang besar. Adapun modal yang wajib dipersiapkan oleh para pengusaha yakni Rp5.000.000 saja. Nantinya modal ini akan digunakan membeli peralatan.

Peralatan utama yang dibeli apabila ingin membuka usaha steam motor adalah kompressor yang memiliki harga Rp1.800.000. Selanjutnya ada juga pembelian selang dan nozzle yang akan digunakan untuk mencuci motor. Harga dari peralatan tersebut tentu tidak mahal, hanya berkisar Rp300.000 saja. Selain itu, shampo motor pun wajib diadakan yang memiliki harga Rp50.000.

Peralatan lainnya yang harus dipersiapkan yakni lap chamois, sikat, kuas, maupun ember dengan  harga Rp250.000. Sisa dari pembelian peralatan nantinya akan disimpan untuk pembayaran listrik maupun untuk gaji karyawan. Biasanya tarif yang dikenakan untuk konsumen yang menggunakan jasa ini cukup murah yakni Rp5.000 hingga Rp10.000.

BACA JUGA:  5 Kelemahan Usaha Pertamini yang Penting untuk Dipahami

Cara Memulai Usaha

Modal usaha steam motor tentu sudah diketahui, selanjutnya pengusaha harus mengetahui bagaimana cara memulai usaha tersebut. Memang diperlukan beberapa cara agar nantinya usaha tersebut dapat berjalan dengan baik. Adapun penjelasan lengkap mengenai cara memulai usaha steam motor akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini:

1. Menyiapkan Tempat Usaha

Menyiapkan tempat atau lokasi untuk usaha steam motor ini memang harus di lokasi yang cukup strategis. Pemilihan tempat yang strategis ini bertujuan agar bisa menarik konsumen untuk menggunakan jasa cuci motor ini. Apabila sudah menemukan lokasi yang dianggap strategis, maka langkah selanjutnya dengan menyiapkan ruang usaha yang akan dijalankan.

2. Menyiapkan Peralatan

Menyiapkan peralatan ini tidak lepas dengan jumlah modal yang sudah dipersiapkan sebelumnya oleh pengusaha. Dimana peralatan yang dibutuhkan seperti mesin steam, kain lap, shampo untuk motor, dan lain sebagainya. Dengan adanya peralatan yang lengkap tentu dapat menarik minat konsumen untuk mencuci motor di tempat tersebut.

3. Membuka Lowongan Kerja untuk Karyawan

Apabila persiapan dianggap sudah matang, maka pemilik usaha harus membuka lowongan kerja untuk karyawan. Cara perekrutan yang dapat dilakukan bisa memanfaatkan media sosial dengan melampirkan beberapa persyaratan. Sebaiknya merekrut karyawan laki-laki yang berpengalaman. Biasanya pengusaha hanya membutuhkan 2 hingga 3 orang untuk membantu usahanya.

4. Promosikan Usaha

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan promosi agar usaha yang dijalankan tersebut dapat dikenal oleh masyarakat. Sebelum melakukan promosi sebaiknya membuat brosur terlebih dahulu terkait usaha yang dijalankan. Setelah itu, manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi secara online. Namun pemilik usaha juga bisa promosi secara langsung.

BACA JUGA:  Punya Keinginan Bisnis Bubur Ayam? Simak Tips Berikut Agar Laris Manis

BACA JUGA:

5. Memberi Pelayanan yang Terbaik

Apabila proses promosi telah dijalankan, maka pemilik usaha harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Pelayanan yang dimaksud seperti hasil dari cuci motor konsumen sangat bersih dan tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu, para karyawan harus bersikap ramah terhadap pelanggan yang ingin menggunakan jasa tersebut.

Itulah penjelasan lengkap mengenai modal usaha steam motor yang harus diketahui apabila tertarik menjalankan usaha tersebut. Selain itu, cara memulai usaha ini pun cukup mudah untuk dilakukan. Dimana pengusaha harus menyiapkan lokasi dan peralatan yang dibutuhkan. Setelah itu. merekrut karyawan dan melakukan promosi terkait usaha steam motor yang dijalankan

Bagikan artikel: