Home » 5 Kiat Bisnis Catering Pabrik Agar Berjalan dengan Baik

5 Kiat Bisnis Catering Pabrik Agar Berjalan dengan Baik

Usaha catering memang menjadi salah satu usaha menjanjikan untuk dijalankan. Salah satu jenis catering adalah catering kantor atau pabrik. Bisnis catering pabrik bisa dibilang memiliki skala yang lumayan besar karena umumnya pabrik memiliki karyawan yang banyak. Maka dari itu, untuk menjalankan catering pabrik diperlukan perhatian yang ekstra.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin menjalankan catering pabrik. Mulai dari kualitas bahan makanan hingga layanan harus selalu terjamin agar terus mendapat kepercayaan. Beberapa tips di bawah ini harusnya dapat dijadikan gambaran dalam memulai usaha catering. Berikut diantaranya:

1. Cari Supplier yang Terjamin

Sebelum memulai usaha catering pabrik, ada baiknya untuk mencari supplier yang terjamin harga dan kualitasnya. Tidak sedikit supplier yang menawarkan dua hal ini sekaligus. Kualitas bahan baku memang menjadi yang paling utama. Semakin baik kualitas bahan makanan, maka cita rasa juga akan terjamin.

Sedangkan harga juga harus diperhatikan. Usahakan untuk mencari supplier dengan harga yang terjangkau atau tidak terlalu mahal. Jika terlalu mahal, maka akan berpengaruh pada harga jual catering. Tentunya ini bukanlah hal baik jika harga yang dibandrol terlalu mahal. Konsumen akan memilih catering lain jika terlalu mahal.

bisnis catering pabrik

2. Ciptakan dan Jaga Rasa Makanan

Cita rasa makanan juga menjadi poin penting lainnya. Semakin enak rasa makanan, maka konsumen juga akan berdatangan dengan sendirinya. Makanan yang enak bisa didapat dari banyak hal. Misal dari kualitas bahan makanan, atau bisa juga karena koki yang mumpuni. Dua hal ini seharusnya bisa dimiliki untuk menciptakan rasa yang enak.

BACA JUGA:  Tips Menjalankan Usaha Penggilingan Bakso dan Analisa Keuntungannya

Inovasi dalam makanan boleh, tapi kalau makanan sudah enak usahakan jangan terlalu merubah-rubah rasanya. Semakin sering dilakukan perubahan pada rasa, maka bisa merubah cita rasa asli masakan. Jika sudah memiliki pelanggan tetap, usahakan tidak merubah-rubah cita rasa yang ada.

BACA JUGA:

3. Beri Layanan yang Baik

Jika ingin menjalankan bisnis catering pabrik, maka pelayanan juga harus dijaga. Salah satu yang paling penting adalah kebersihan. Karena catering berhubungan erat dengan makanan manusia, jadi pelayanan pada hal kebersihan tidak boleh disepelekan. Apalagi karyawan pabrik umumnya berjumlah banyak orang.

Sedikit atau banyaknya orang, tetap harus dijaga tingkat kebersihannya. Pelayanan lain yang harus dijaga adalah soal waktu. Jangan sampai menjalankan bisnis catering tapi sering terlambat mengantar makanan. Karena hal ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan dari pelanggan untuk usaha catering yang sedang dijalankan.

bisnis catering pabrik

4. Jangan Lupa Buat Pembukuan

Setiap usaha pasti perlu yang namanya pembukuan. Hal ini penting karena berpengaruh besar pada kelangsungan usaha. Adanya pembukuan yang baik akan membuat pelaku usaha memiliki gambaran pasti tentang untung rugi dari usaha yang dijalankan. Sama halnya dengan usaha catering makanan untuk pabrik.

Karena skalanya besar dengan jumlah pelanggan yang banyak, jadi pembukuan yang baik sangat diperlukan. Semakin besar skala usaha, maka pembukuan harus dilakukan dengan sangat teliti agar tidak ada kekeliruan dalam perhitungan. Hal ini akan berpengaruh pada keberlangsungan usaha yang dijalankan.

bisnis catering pabrik

5. Sering Melakukan Promosi

Demi peningkatan jumlah pelanggan dan skala usaha, maka promosi juga harus dilakukan. Promosi bisnis online bisa dilakukan dengan membuat akun sosial media untuk berbagai layanan yang diberikan. Selain itu, promosi offline juga penting. Caranya adalah dengan masuk di pabrik-pabrik untuk memperkenalkan makanan secara langsung.

BACA JUGA:  Bisnis Autopilot, Kondisi Dimana Bisnis Bisa Berjalan Sendiri!

Itulah lima tips memulai bisnis catering pabrik dengan mudah. Semua tips ini harus diperhatikan dengan baik. Jika salah satu dilupakan, bisa jadi kualitas usaha catering juga akan menurun. Tentunya masih ada hal lain untuk diperhatikan. Misal harga jual yang terjangkau, menu makanan yang beragam, dan beberapa hal lainnya.

Bagikan artikel: