Home » 5 Aplikasi Kompres Video PC Terbaik Dan Terpopuler

5 Aplikasi Kompres Video PC Terbaik Dan Terpopuler

Ketika memiliki file video yang besar ukurannya kadang susah untuk mengunggahnya. Namun jangan khawatir karena video tersebut dapat dikecilkan ukurannya dengan aplikasi kompres video PC. Dengan melakukan kompres video maka video tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Hasil kompres video kualitasnya juga tidak akan berubah. Selain kualitas yang bagus, suara yang ada pada video juga tetap terjaga. Dibawah ini beberapa aplikasi yang dapat dipakai untuk kompres video di pc:

1. Handbrake

Aplikasi kompres video PC atau laptop yang pertama yakni Handbrake. Handbrake termasuk kedalam aplikasi open source yang sudah banyak dipakai untuk mengurangi ukuran video tanpa merubah kualitas video tersebut.

Tidak hanya mengecilkan namun pengguna aplikasi ini juga bisa merubah format videonya.  Handbrake dapat dipakai pada perangkat komputer Mac, Linux, dan Windows. Jadi apapun PC yang dimiliki tidak perlu khawatir karena tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

Pada output settings terdapat beberapa pilihan hasil kompres yang menyesuaikan kebutuhan.Aplikasi handbrake juga memungkinkan penggunanya untuk merubah FPS video, parameter optimasi, dan codec lainnya.

2. Format Factory

Format factory merupakan sebuah aplikasi untuk kompres video terbaik di pc. Aplikasi format factory juga merupakan aplikasi berbasis open source yang mudah dalam penggunaannya. Tidak hanya dapat digunakan untuk mengubah ukuran video namun juga dapat dipakai untuk mengubah format video.

Di dalam aplikasi format factory terdapat berbagai menu yang bisa dipilih. Salah satu menunya yakni kompres video dengan spesifik semacam ukuran layar, FPS, resolusi dan lain sebagainya. Namun apabila pengguna tidak mengerti dengan menu-menu tersebut maka pengguna bisa langsung memilih ukuran serta kualitas video sesuai dengan keinginan.

3. Vidcoder

Aplikasi kompres video pc selanjutnya yakni Vidcoder. Banyak youtuber yang sudah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memang sudah terkenal untuk merubah ukuran dan format video sesuai yang diinginkan.

Dengan mengubah ukuran video di aplikasi ini pengguna tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Kualitas video dan suara akan tetap terjaga secara signifikan. Apalagi jika pengguna benar-benar menguasai tentang teknis video yang baik.

Bagi yang belum menguasainya juga tidak perlu cemas karena aplikasi ini dibekali dengan fitur atau opsi yang dapat dipakai secara otomatis. Fitur tersebut diantaranya bitrate, rate, dan beberapa parameter yang dibutuhkan.

4. Windows Movie maker

Bagi para konten creator yang menggunakan PC untuk mengedit tentu tidak asing dengan aplikasi Windows Movie Maker. Aplikasi ini dibuat oleh pihak windows untuk melakukan pengeditan file video atau gambar. Jika belum memilikinya maka sebaiknya segera unduh aplikasi ini secara gratis.

Apabila bergelut di dunia video tentu aplikasi ini sangat bermanfaat. Ukuran dari aplikasi ini lumayan kecil. Aplikasi ini juga mempunyai tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Windows movie maker juga menyediakan fitur-fitur yang pas dipakai oleh pemula.

5. Shotcut

Shotcut merupakan aplikasi kompres video pc yang populer dan terbaik di bidangnya. Untuk mengurangi ukuran video pengguna harus menurunkan size video, angka frame dan kualitas video. Pengguna bisa menemukan opsi tersebut di menu Export.

Walaupun gratis akan tetapi fitur yang tersedia tidak kalah dibanding aplikasi yang berbayar. Fitur yang ada diantaranya Mendukung format file yang luas,Terdapat fitur editing audio untuk mengoptimalkan suara, Fitur pengeditan lengkap sebanding dengan aplikasi premium,dan lainnya

Nah itulah beberapa aplikasi kompres video pc terbaik dan terpopuler. Jika menggeluti dunia konten video maka aplikasi-aplikasi diatas sangat berguna untuk membantu dalam mengedit video. Pilihlah aplikasi yang mudah digunakan dan juga mudah dimengerti.

error: Content is protected !!