Home ยป 6 Cara Menangani Wifi Tersambung tapi Tidak Bisa Internet di HP

6 Cara Menangani Wifi Tersambung tapi Tidak Bisa Internet di HP

WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di Hp pastilah pernah dialami oleh seseorang. Hal itu biasanya dikarenakan beberapa faktor yang menjadi penyebab. Contohnya seperti adanya gangguan pada sistem di modem WiFi atau juga perangkat itu sendiri.

Namun tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut masih bisa diatasi. Cara penanganannya pun juga mudah untuk dilakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi dari WiFi tersebut. Adapun cara menangani masalah WiFi terkoneksi tetapi tidak dapat digunakan yaitu:

1. Lakukan Restart Hp

Cara penangan yang pertama bisa dengan melakukan restart ponsel terkait masalah WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di Hp. Cukup sederhana sebenarnya tindakan ini untuk dilakukan. Kemungkinan masalah tersebut terjadi karena gangguan sistem Hp.

Gangguan ini bisa jadi adanya kegagalan dalam sistem sehingga mengakibatkan bug dan macet pada WiFi. Jadi jika mengalami masalah seperti ini, janganlah terburu panik karena masih bisa diatasi. Melalui restart ponsel, maka perangkat tersebut akan fresh kembali.

2. Lakukan Restart Modem WiFi

Jika dengan merestart Hp di atas masih belum dapat mengatasi masalah WiFi tersebut, maka dapat melakukan restart di modemnya. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah seperti koneksi WiFi yang terhambat pada perangkat.

Melakukan restart pada modem ini juga dapat membuat kecepatan WiFi kembali normal. Bahkan langkah melakukan restartnya sendiri juga cukup mudah yaitu hanya dengan mencabut kabelnya pada stop kontak. Jika dirasa sudah cukup waktunya, maka bisa pasang kembali.

3. Lakukan Sambung Ulang WiFi di Hp

Cara ketiga yang bisa dilakukan yaitu sambung ulang WiFi tersebut. Langkahnya cukup gampang untuk dicoba, yaitu hanya perlu mengkoneksikan ulang WiFi pada perangkat. Adapun langkah untuk melakukan koneksi ulang yaitu:

  • Buka menu Pengaturan pada ponsel.
  • Kemudian pilih dan klik opsi WiFi.
  • Setelahnya klik WiFi yang tersambung dengan ponsel.
  • Lalu tekan tulisan Lupakan Jaringan.
  • Diamkan beberapa saat.
  • Selanjutnya klik ulang WiFi tadi yang dilupakan.
  • Masukkan kata sandi untuk menyambungkan kembali.

4. Gunakan Mode Pesawat di Ponsel

Masalah WiFi yang terhubung namun tidak dapat digunakan juga dapat diatasi dengan menerapkan mode pesawat di ponsel. Cara ini sama saja dengan melakukan restart pada ponsel, karena mematikan sementara dari aktivitas.

Langkahnya pun mudah untuk diterapkan dan tidak perlu lama dalam melakukan mode pesawat ini. Cukup hanya sekian detik, setelahnya kembalikan ke mode awal. Dengan begitu masalah WiFi akan dapat diatasi tanpa perlu memanggil teknisi.

5. Gunakan Perangkat Lain

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna bisa pula dengan mencobanya pada perangkat lain. Jika saja pada perangkat lain bisa terkoneksi dengan lancar, maka bisa jadi alamat IP ponsel yang digunakan telah diblokir oleh pemilik WiFi.

Hal ini biasanya dikarenakan alamat IP ponsel terdeteksi sebagai pengguna ilegal. Jika masalahnya karena hal tersebut, maka bisa langsung bicarakan kepada pemilik WiFi untuk membuka blokirannya.

6. Hubungi CS WiFi

Jika semua cara di atas masih belum teratasi, maka coba cari tahu apakah daerah sekitar mengalami gangguan jaringan. Pengguna bisa mencari tahu dengan menghubungi pihak dari CS WiFi yang digunakan serta sampaikan masalah yang dialami terkait WiFi tersebut.

Pastinya jika ada masalah dengan jaringan tersebut di sekitar pengguna, pihak Layanan WiFi akan langsung menurunkan teknisi untuk mengatasinya. Dengan begitu masalah tersebut akan segera teratasi dengan cepat dan bisa kembali normal seperti biasa.

Nah itulah tadi berbagai macam solusi untuk menangani WiFi tersambung tapi tidak bisa internet di Hp. Penjabaran cara di atas cukup sederhana jika ingin dicoba. Bahkan langkahnya pun juga mudah dan pastinya berhasil 100%.

error: Content is protected !!