Home » Virtual Event: Kelebihan Kekurangan Beserta Ide Terbaik yang Bisa Dicoba

Virtual Event: Kelebihan Kekurangan Beserta Ide Terbaik yang Bisa Dicoba

Virtual event dapat diartikan sebagai pertemuan yang dilakukan lewat online. Artinya dalam keadaan apa saja dapat dilakukan oleh semua orang. Bahkan meski sedang dalam liburan atau pergi ke luar negeri.

Saat ini sudah lebih berkembang melihat dengan kebutuhan orang zaman sekarang. Misalnya dalam urusan pekerjaan dengan klien internasional. Sebelumnya diwajibkan melakukan perjalanan langsung ke tempat mereka.

Tapi dengan adanya pertemuan digital ini, bisa meeting tanpa mengeluarkan biaya. Melainkan hanya menggunakan salah satu platform meetup saja. Akhirnya biaya perjalanan dengan pesawat tidak diperlukan lagi.

Selain itu untuk orang yang gemar berkumpul tapi terbatas dengan jarak juga tetap bisa melakukannya. Apalagi jika mau menemui kawan lama. Meskipun bedan pulau atau bahkan negara tetap berkomunikasi.

Terlebih percakapan hanya lewat telepon saja memang sudah semakin ketinggalan. Sudah ada pertemuan digital dengan tema menarik serta ide berbeda-beda. Sebelum menyelenggarakan, usahakan pahami tentang keunggulan dan kekurangannya.

Kelebihan Mencoba Gelaran Acara Online

Virtual Event
onepiecework.com

Saat ini pertemuan banyak orang sekaligus dalam platform digital, peringkatnya sedang naik. Ternyata populer pada kalangan anak muda maupun tua. Apalagi melihat adanya lebih dari 1000% pengguna.

Kelebihan pertama virtual event pastinya tentang pengeluaran sedikit. Bahkan setiap orang dapat hemat sampai ratusan juta. Tidak perlu membeli tiket sampai kebutuhan hidup untuk bertemu dengan orang.

Selain itu nantinya nilai event tersebut malahan semakin meningkat. Terlebih untuk kualitas konten atau materi terasa lebih modern dari sebelumnya. Tetap kelihatan menarik meski sedikit pengeluarannya.

Manfaat bagus selanjutnya yaitu adanya FOMO effect membaik. FOMO sendiri adalah suatu perasaan seperti sedang ketinggalan zaman. Tapi nantinya tidak akan terjadi bila selalu bertemu meski lewat gadget.

Anda bakal selalu merasa jauh lebih bebas memakai platform seperti ini. Terlebih untuk cloud meeting tidak ada batasan sama sekali. Jadi, ada kemungkinan selalu terasa fleksibel pertemuan yang dilakukan.

Anda juga dapat menemukan kalau disini ada proses marketing virtual event lebih personal. Apalagi dengan adanya sistem seperti Aritificial Intelligent. Di mana jauh lebih berfokus secara personal dulu.

Umumnya saat melakukan pertemuan, uniknya akan ada proses pengumpulan data. Kalau untuk meeting biasa mungkin gunanya hanya sebagai identitas. Tapi jika bisnis, maka menjadi pembangun servis relevan untuk klien.

Kekurangan Event yang Diselenggarakan Via Internet

Virtual-Event adalah
associationsnow.com

Kekurangan dalam pertemuan secara digital sebenarnya beda-beda menurut setiap person. Tapi menurut orang bisanya kurang berasa dekat. Wajar saja, terlebih bagi orang yang setiap hari bertemu banyak orang.

Selain itu sering sekali kurang adanya perhatikan mendalam dari para audiens. Misalnya tidak terlalu mendengar atau memperhatikan event tersebut. Bahkan lebih buruknya hanya sekedar hadir saja.

Maka dari itu jika virtual event untuk kegiatan promosi, harus menarik. Tidak heran jika kemudian banyak pengusaha harus menyewa jasa publik figur. Tujuannya supaya lebih didengar dan terkesan menarik.

Kekurangan lainnya yaitu harus memiliki internet yang selalu stabil. Terutama dari pihak yang menyelenggarakan event tersebut. Akhirnya tidak ada pengaruh pada semua peserta dalam pertemuan atau acara tersebut.

Mungkin saja meetup online ini kemudian putus nyambung sehingga kurang nyaman. Ditambah lagi kualitas video yang dihasilkan menjadi buruk. Jadi, usahakan internet harus dalam kondisi stabil sebelum memulai.

Rekomendasi Ide Virtual Event Terbaik

Virtual-Event adalah
imedia.ie

Jika Anda mau melakukan meetup secara online, maka harus tahu dulu apa rekomendasi acara. Terlebih seperti apa basic dari event itu sendiri. Apakah untuk sekedar hiburan, pendidikan, pekerjaan dan sebagainya.

  1. Virtual Conference

Rekomendasi pertama yaitu dengan membuat virtual conference. Untuk isinya berbagai macam topik berbeda dan uniknya ada sesi yang membuatnya lebih menarik. Terlebih selalu dibuat berdasarkan rencana berdasarkan tema.

Karena tersedia dalam berbagai sesi, nantinya bisa tidak diikuti semua. Melainkan masih tergantung mana yang diinginkan oleh peserta. Meski mungkin hanya level kecil, tapi tetap terasa menarik.

  1. Webinar dan Online Training

Webinar sebenarnya lebih khusus untuk kegiatan pendidikan tentang bisnis saja. Misalnya sebagai bentuk tanggapan bagi produk jualan kita. Tapi sekarang sudah melebar fungsinya tapi masih berhubungan dengan bisnis.

Nantinya Webinar tersebut bisa ditambah dengan online training. Di mana hanya ada acara tanya jawab secara online saja. Lalu para peserta akan memiliki ilmu dari pertemuan tersebut.

  1. Internet Meetup

Internet meetup Sebelumnya hanya dipakai oleh orang dengan hobi sama. Misalnya dalam bentuk olahraga, hiburan maupun pendidikan. Akan berkumpul dan membahas segala hal yang memang mereka pahami.

Sebelumnya virtual event semacam ini sebenarnya lebih umum banyak dilakukan pada media sosial. Terlebih karena dianggap lebih praktis. Tapi semua orang tetap senang bertemu dalam platform manapun.

  1. Konser Digital

Konser digital sedang memiliki pamor yang begitu besar. Terlebih jika mau melihat grup K-Pop sedang melakukan konser. Tidak heran jika pesertanya sampai ribuan karena memiliki basis penggemar luar biasa.

Selain itu banyak juga orang menonton pertandingan sepakbola bersama. Lebih nikmat menonton pertandingan olahraga lewat jalur online. Nantinya semuanya berkumpul dengan menyenangkan sampai akhir laga.

BACA JUGA: Manfaat Sales Associate dan Tips Memilihnya

  1. Ask Me Anything

Rekomendasi terakhir yaitu event menarik seperti ask me anything. Nantinya akan terdapat seorang narasumber yang bertugas menjawab segala pertanyaan dari peserta. Pasti harus memiliki inspirasi menarik.

Pada program ask me anything, umumnya hanya mengundang orang terkenal saja. Akan lebih baik jika sebelumnya memang sudah memiliki prestasi. Misalnya berhasil dalam kegiatan bisnis atau usaha, dan sebagainya.

Anda sebelumnya harus pertimbangkan dulu tentang manfaat beserta kekurangan. Tujuan utamanya supaya dapat menonjolkan apa bagusnya event Anda. Lalu untuk segala kekurangan akan dihindari dengan baik.

Selain itu jangan lupa juga memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai untuk entertainment tapi malah dilengkapi tema pendidikan. Semua virtual event tersebut memang perlu persiapan matang sebelumnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!