Ketika melihat judul aturannya saja tampaknya bisnis tidak terlalu diuntungkan dari undang-undang ini, namun sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Beberapa dampak positif turut menguntungkan pebisnis, termasuk untuk kepentingan bisnis jangka panjang.
Kewajiban memenuhi hak konsumen dengan baik membuat pengusaha turut meningkatkan basis pelanggan dalam jangka panjang. Kepuasan konsumen yang tercipta dari layanan sesuai klaim bisnisnya akan berguna untuk perkembangan hingga di masa depan.
Bisnis juga memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, sehingga bersama badan pemerintah dan masyarakat akan bekerja dengan cara yang bermanfaat bagi untuk kebaikan bersama serta mengembangkan bisnis.
BACA JUGA: Prospek Kerja Administrasi Bisnis
Pada gilirannya, bisnis tetap akan memperhatikan kepentingan publik dan menyediakan produk sesuai kebutuhan orang banyak. Ini turut mendorong bisnis mencegah segala bentuk eksploitasi karena ada tanggung jawab moral.
UU ini bagi bisnis dianggap penting karena itu berperan mengurangi intervensi pemerintah, hanya jika pelaku usaha harus melakukan praktek perdagangannya sedemikian rupa tanpa merugikan konsumen.
Konsumen tidak lagi dieksploitasi akibat ketidaktahuannya, karena ada konsekuensi terhadap bisnis dari pemerintah jika melanggar. Terlihat bahwa UU Perlindungan Konsumen dan segala aspek di dalamnya berperan positif menunjang ekonomi di pasar.