Home » Usaha Minimarket di Desa, Analisa Peluang dan Resikonya Agar Sukses

Usaha Minimarket di Desa, Analisa Peluang dan Resikonya Agar Sukses

Salah satu cara dalam melakukan analisis peluang adalah dengan metode analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats adalah sebuah analisis dengan melihat masing-masing kelebihan dan kekurangan dari sebuah bisnis dan cara mengembangkan melalui kelebihan dan kekurangan tersebut.

  • Daftar Isi

    Strength dan Weakness pada Bisnis

Strength atau kekuatan adalah nilai lebih dari bisnis Anda dibanding bisnis-bisnis di luar sana. Dari kekuatan ini harus memiliki nilai jual berbeda. Kira-kira hal apa dalam bisnis Anda dan tidak dimiliki kompetitor lain sehingga bisa menjadikan usaha tersebut lebih unggul. Jika dapat memaksimalkan analisis pada bagian ini maka Anda dapat mendatangkan banyak pelanggan dalam penjualan tersebut.

Contoh kelebihan usaha minimarket di desa misalnya Anda dapat mengatakan bahwa minimarket di desa tersebut menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga lebih lengkap dibanding toko-toko lain. Atau mungkin kualitas barang selalu baik karena ditempatkan pada rak-rak dengan rapi.

BACA JUGA:  Usaha Bordir Komputer, Keunggulan dan Risiko yang Pemula Wajib Tahu!

Weakness atau kekurangan adalah sebuah analisis hal yang mungkin kurang baik dari usaha Anda. Salah satu tujuan dari analisis ini untuk semakin meningkatkan value dari bisnis yang akan kita jalankan.

Contoh dari kekurangan usaha minimarket di desa salah satunya membutuhkan modal besar. Karena stok minimarket cenderung lebih banyak dan lain sebagainya.

  • Opportunity dan Juga Threats

Opportunity atau peluang dari bisnis yang dimiliki. Poin ini tidak lepas dengan mengkombinasikan poin kelebihan-kelebihan di atas. Poin ini bisa menjadi salah satu kelebihan dari usaha yang Anda miliki.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!