Home » 10 Keuntungan Usaha Konveksi dan Tips Menjalankannya Agar Sukses

10 Keuntungan Usaha Konveksi dan Tips Menjalankannya Agar Sukses

Konveksi merupakan bisnis usaha yang menggiurkan dan memiliki prospek baik untuk kedepannya. Tak heran jika banyak pebisnis yang mulai beralih ke usaha yang satu ini. Setiap tahunnya selalu terjadi penambahan jumlah pesanan sehingga usaha konveksi ini tidak akan sepi peminat.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan usaha jasa konveksi lainnya yang patut untuk diindahkan, yaitu:

Keuntungan Konveksi Secara Mandiri

keuntungan usaha konveksi 1

Pebisnis yang merasa sudah percaya diri dan memiliki pengalaman yang cukup dapat memulai untuk menggeluti bisnis ini. Kemampuan dalam mengelola usaha dan relasi yang luas menjadi kunci sukses untuk mengembangkan bisnis. Keuntungan usaha konveksi secara mandiri yang didapatkan oleh para pebisnis antara lain:

  • 1. Hemat dalam Pembelian Bahan

Menjalankan bisnis ini tidaklah sulit karena pencarian bahannya sangat mudah untuk didapatkan. Banyak sekali yang menjual bahan ataupun kaos polos yang sudah jadi.

Kabar baiknya adalah bisnis ini membutuhkan bahan yang sama sehingga dapat menghemat pengeluaran karena potongan harga yang didapatkan lebih besar. Maka, pintarlah dalam melakukan penawaran agar potongan harganya semakin besar.

  • 2. Meminimalisir Adanya Kerugian

Keuntungan bisnis konveksi mandiri selanjutnya yaitu dapat meminimalisir terjadinya kerugian karena bisnis ini dikepalai oleh satu orang saja sehingga tidak akan perdebatan alot.

Komando yang dilakukan oleh satu orang tentu akan lebih jelas dan karyawan pun dapat melakukan tugasnya dengan maksimal. Jadi, tunggu apalagi, segera mulai bisnisnya sekarang juga.

  • 3. Pemasaran Produk Sangat Luas

Konveksi memiliki jangkauan pasar yang luas karena semua segmentasi pasar dapat dimasuki, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Target pasar dari bisnis ini sangat fleksibel sekali sehingga tidak akan membingungkan pebisnis.

  • 4. Tidak Pandang Jenis Kelamin

Kaos merupakan pakaian yang dapat dipakai oleh laki-laki maupun perempuan. Perbedaan yang menonjol biasanya dilihat dari desain yang tertera pada kaosnya.

Keuntungan bisnis konveksi ini tidak boleh disia-siakan begitu saja karena proses pemasarannya tidak perlu ribet. Pastikan bahan untuk membuat kaos ini nyaman sehingga tidak akan mengecewakan pelanggannya.

  • 5. Biaya Operasional Murah

Biaya operasional merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan agar bisnis tetap berjalan. Pebisnis dapat memanfaatkan peluang yang satu ini karena biaya yang dikeluarkan hanya sedikit.

Poin yang paling penting adalah membayar gaji karyawan, membayar listrik & air, transportasi, dan lain sebagainya. Pebisnis mandiri tentu tidak akan merasa keberatan untuk membayar biaya operasional, sehingga tak akan ada kendala yang berarti.

Keuntungan Konveksi Secara Kelompok

keuntungan usaha konveksi

Bisnis konveksi kelompok bisa dijalankan apabila belum percaya diri untuk memulainya secara mandiri. Faktor lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah masalah relasi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa adanya relasi maka bisnis susah berjalan. Keuntungan bisnis konveksi secara kelompok ini dapat disimak melalui informasi berikut:

  • 1. Mendatangkan Omset Berlipat

Omzet yang didatangkan bisa berlipat ganda apabila tekun dalam menjalankan bisnisnya. Terlebih lagi jika sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Tentu saja perolehan uang akan semakin melimpah apabila bisnis dijalankan secara kelompok. Setiap tim dapat saling bekerjasama untuk mempromosikan bisnis agar semakin banyak yang tertarik.

Keuntungan bisnis konveksi ini bisa didapatkan meskipun memulai bisnisnya benar-benar dari nol. Selama setiap anggota ulet, rajin, dan dapat dipercaya maka bisnis ini akan aman-aman saja. Pebisnis dapat memperkuat strategi pemasaran dengan memasang iklan di media sosial dan mulai bekerjasama dengan market place yang sekarang sedang naik daun.

  • 2. Modal Minim

Tak perlu khawatir jika modal yang dimiliki hanya sedikit karena bisnis ini tak memerlukan biaya banyak. Keuntungan bisnis secara berkelompok ini adalah bisa patungan dalam mengumpulkan modal sehingga menjadi lebih ringan.

Menariknya, pebisnis dapat mengatur dengan fleksibel kapan pembayaran harus dilakukan oleh pemborong, sehingga keuangan tetap stabil.

  • 3. Waktu Pengerjaannya Singkat

Bisnis konveksi biasanya memproduksi baju dengan desain dan bahan yang sama sehingga proses pengerjaannya bisa lebih singkat. Keuntungan bisnis konveksi yang didapatkan pun akan lebih besar. Apabila bisnis ini dikelola secara berkelompok, maka pekerjaan akan cepat sekali selesai sehingga dapat menerima pesanan dari pemborong lainnya.

  • 4. Memaksimalkan Jumlah Pesanan

Pesanan dalam skala besar dapat diterima karena ada banyak tim yang bisa diajak untuk bekerjasama. Jumlah pesanan yang banyak tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar pula, sehingga peluang ini harus segera diambil. Pastikan semua peralatan dan bahannya sudah tersedia agar proses produksi dapat berjalan sesuai dengan semestinya

  • 5. Mampu Digarap Secara Part Time

Keuntungan bisnis ini bisa dimanfaatkan apabila tidak memiliki waktu lebih untuk mengelolanya. Mahasiswa ataupun pekerja kantoran dapat memulai bisnis ini sebagai usaha sampingan.

Tak perlu khawatir karena proses pengerjaan baju dapat dipilih sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Konsekuensi jika dijadikan usaha sampingan maka keuntungannya tidak terlalu besar namun cukup potensial.

Beberapa keuntungan bisnis konveksi tersebut memberikan angin segar kepada siapapun yang masih menganggur hingga saat ini. Memulai untuk menjalankan bisnis secara mandiri  ataupun berkelompok tergantung dari pilihan masing-masing. Mantapkan hati untuk segera memulai bisnis ini dengan penuh keyakinan.

Tips Memulai Bisnis Konveksi Agar Sukses

usaha konveksi 2

Bisnis konveksi ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan dan memiliki permintaan banyak di pasaran karena menghasilkan produk yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Beberapa produk yang dihasilkan dari konveksi yaitu jaket, kemeja, seragam, gamis dan lainnya yang sudah dikenal masyarakat.

Mengetahui tips memulai bisnis konveksi sangat membantu para pemula bisnis untuk menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. Ada beberapa tips memulai bisnis konveksi agar sukses bagi para pemula bisnis dan terbukti menguntungkan. Berikut diantaranya:

  • Tentukanlah Produk Konveksi

Pemula bisnis bisa menentukan produk konveksi yang ingin ditekuni terlebih dahulu untuk memulainya. Ada banyak jenis produk konveksi yang bisa dihasilkan dan dijual ke banyak pembeli di luar sana. Saat menentukan produk konveksi yang ingin dijalani, pastikan mengetahui terlebih dahulu bagaimana permintaan pasar.

Setelah menentukan produk konveksi yang ingin dibuat, maka dapat memilih bahan dan material yang ingin digunakan. Pada pemilihan bahan dan material ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu apa yang disukai oleh konsumen. Selain itu pastikan juga bahan dan material tersebut berbeda dari produk orang lain.

Keunikan dari produk yang dimiliki akan lebih menarik konsumen dan juga bisa menginspirasi para pebisnis lainnya.  Memulai bisnis dengan menentukan produknya akan membuat bisnis berjalan dengan baik di masa kini dan juga masa mendatang.

  • Siapkan Lokasi Usaha

Lokasi merupakan poin penting dalam memulai bisnis konveksi untuk dikenal banyak orang. Jika pebisnis ingin membuat konveksi dengan menerima partai besar maka bisa menggunakan lokasi yang berdekatan dengan bisnis tersebut. Cari lokasi penjualan yang yang strategis dan juga menyebar di setiap wilayah.

Memiliki lokasi yang strategis akan menambah penghasilan karena diketahui oleh banyak pembeli. Setelah menemukan lokasi yang tepat maka pebisnis bisa melanjutkannya dengan mendekorasi tempat tersebut senyaman mungkin. Perasaan nyaman dari seorang pembeli sangat diperlukan agar bisa bertahan lama memilih produk yang diinginkan.

Selain lokasi, pebisnis juga bisa membuka tokonya di marketplace online seperti shopee, Lazada, Tokopedia, dll. Adanya lapak jualan online dan offline akan menambah pemasukan di setiap penjualan produk tersebut.

  • Carilah Supplier

Selanjutnya ada tips memulai bisnis konveksi yang menguntungkan yaitu dengan mencari supplier produk tersebut. Supplier akan menjadi pemasok barang dan bahan yang dibutuhkan oleh pemula bisnis dalam membuat produk konveksi tersebut. Mencari supplier akan membuat produk lebih mudah ditangani sehingga bisa terus memiliki stok yang cukup.

Adanya supplier membuat produk atau bahan dan material memiliki satu kualitas yang sudah ditentukan dari awal. Pastikan supplier yang dipilih memiliki kualitas yang diinginkan untuk membuat produk konveksi. Selain itu, minta juga harga terbaik bagi kedua belah pihak pada bahan yang diinginkan oleh pebisnis.

Supplier merupakan perihal penting dalam suatu bisnis yang bisa memenuhi keinginan pemilik bisnis untuk terus meningkatkan penjualannya. Survei terlebih dahulu supplier yang ingin digunakan agar menemukan bahan dan produk yang sesuai dengan keinginan.

  • Promosi dan Branding Usaha

Ada juga tips memulai bisnis konveksi yaitu dengan mempelajari promosi dan branding usaha. Promosi dan branding usaha merupakan poin penting dalam peningkatan penjualan dari produk konveksi tersebut. Di sini pebisnis harus memikirkan promosi yang tepat untuk bisnis konveksi dan membuat branding yang unik namun mudah diingat.

Promosi tersebut dapat dilakukan agar usaha diketahui banyak konsumen melalui blog, Instagram, sosial media lainnya. Branding merupakan salah satu cara yang membuat bisnis dapat dipercayai banyak orang. Pebisnis bisa membuat logo dengan nama brand yang telah ditentukan untuk menarik perhatian konsumen.

Sejauh ini, bisnis dengan adanya brand memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan bisnis tanpa brand. Buatlah Brand dengan penyebutan kata yang mudah dan mewakili produk tersebut agar mudah dikenal oleh konsumen. Selain itu itu brand yang dipromosikan juga akan lebih mudah diketahui konsumen yang sebelumnya belum mengenal produk konveksi tersebut.

  • Amatilah Hasil Penjualan

Pebisnis bisa mengamati hasil penjualan setelah melakukan launching produk konveksi tersebut. Dari hasil penjualan tersebut akan membuat pebisnis mengetahui kekurangan yang ada dari produk tersebut. Selain itu juga bisa memperlihatkan produk konveksi yang lebih disukai para konsumen, sehingga bisa menyediakan stok lebih banyak.

Menganalisis hasil penjualan dari suatu produk bisa membuat pebisnis mengeluarkan ide kreatif untuk memproduksi produk lebih baik lagi. Bukan hanya dapat mengetahui keuntungan dari penjualan, namun bisa meningkatkan pendapatan yang lebih banyak.

Hasil penjualan juga bisa memperlihatkan masa depan perkembangan dari bisnis konveksi yang dibangun tersebut. Dari analisis yang setelah ditelusuri maka akan menghasilkan ide yang lebih menarik untuk produk konveksi tersebut.

Itulah beberapa tips memulai usaha konveksi agar sukses yang membutuhkan banyak proses untuk menikmati hasilnya. Memulai bisnis konveksi sangat cocok bagi para pemula bisnis yang baru terjun ke dunia bisnis. Untuk penyelesaian di setiap prosesnya membutuhkan waktu dan juga pemikiran yang matang untuk menghindari resiko yang akan terjadi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!