Home » Ketahui Jenis Usaha Perseorangan, Pengertian dan Kelebihannya

Ketahui Jenis Usaha Perseorangan, Pengertian dan Kelebihannya

Apakah Anda pernah mendengar istilah usaha perseorangan saat berdialog dengan para pebisnis? Memang setiap kalangan yang hendak membuka usahanya wajib membekali diri dengan berbagai wawasan bisnis.

Satu diantaranya beragam wawasan yang perlu Anda cermati adalah tentang jenis-jenis usaha. Hal tersebut penting karena erat kaitannya dengan perizinan dan beberapa hal pendukung yang perlu disiapkan sebelum memulai usaha.

Secara garis besar istilah tersebut mengarah pada bentuk usaha yang umumnya dijalankan pada skala kecil atau mikro. Sehingga wawasan tersebut berguna bagi para pemula yang merinitis usahanya dari skala kecil.

Dengan menambah ilmu wawasan ini tentunya calon pengusaha dapat merinci hal-hal yang perlu dilakukan. Terlebih berkaitan dengan izin penyelenggaraan usaha, bantuan, dan pengelolaan keuangan di dalamnya.

Membekali diri dengan wawasan yang luas sebelum terjun di bidang usaha adalah kunci awal kesuksesan. Bekal tersebut akan membantu Anda dalam menjalankan usaha sehingga meminimalisir kesalahan berbisnis.

Pengertian Usaha Perseorangan

Pengertian Usaha Perseorangan

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memahami berbagai macam jenis usaha adalah dengan melihat pengertiannya. Dengan mengenali pengertiannya Anda dapat menyimpulkan kegiatan usaha yang sedang dijalankan.

Pengertiannya mengarah pada bidang usaha yang dijalankan dan dimiliki oleh seorang individu. Jenis usaha tersebut secara umum mempunyai sistem informasi manajemen yang tidak terintervensi alias bebas.

Misalnya saja tidak adanya campur tangan dengan beberapa pihak lain seperti pemerintah. Hal tersebut tentunya berbeda dengan usaha-usaha yang dijalankan dengan berbagai macam pihak luar.

Usaha perseorangan tidak hanya mengacu pada ruang lingkup kecil melainkan dapat berskala besar namun berdiri secara mandiri. Seperti Badan Usaha Milik Swasta atau BUMS dan usaha menengah kecil.

Jenis bisnis yang satu ini dijalankan dengan bantuan dukungan teknologi meskipun sifatnya sederhana. Bahkan pengadaan modal umumnya cenderung sedikit untuk skala usaha kecil maupun besar.

Usaha yang didirikan perorangan tersebut juga termasuk bidang bisnis yang mempunyai tenaga produksi minim. Jenis produksi yang dikerjakan pada masing-masing usaha kecil masih terbatas jumlahnya.

Kendati demikian umumnya jenis usaha tersebut tidak kalah dengan bisnis ruang lingkup besar. Pendapatan yang dihasilkan dari usaha perorangan bisa mencapai level besar dengan menerapkan strategi khusus.

Perusahaan yang dikelola secara mandiri akan memperoleh keuntungan yang tidak terpecah. Oleh karena itu risiko kemungkinan muncul selama usaha dijalankan akan ditanggung oleh penanggung jawab bisnis alias pemilik usaha tersebut.

Usaha yang sifatnya didirikan perorangan dan mandiri tidak diatur dalam KUHD maupun perjanjian pendirian. Sehingga hal tersebut membuat macam-macamnya semakin meluas dan banyak seiring waktu.

Jenis Usaha Perseorangan di Indonesia

Jenis Usaha Perseorangan

Terdapat beberapa jenis usaha yang dijalankan secara mandiri oleh pemiliknya. Berikut adalah jenis-jenis usaha sektor mikro, kecil, dan masuk ke dalam usaha mandiri di Indonesia:

  • Bidang pertanian yang tumbuh di Indonesia

Jenis pertama yaitu bidang pertanian yang sudah menjadi usaha sebagian besar masyarakat Indonesia. Bidang pertanian dikelola oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan dan dikelola secara mandiri.

Usaha tersebut memiliki rincian modal terbatas lantaran petani mengolah lahannya sendiri. Hasil pertanian yang selesai digarap biasanya akan dijual kembali agar dapat mengembalikan modal usaha.

Saat ini ada berbagai metode yang dapat dilakukan oleh para petani untuk memasarkan hasil panen. Salah satunya memasarkannya lewat jalur marketing internet karena keuntungannya lebih besar.

Jenis usaha perseorangan yang dilakukan lewat pertanian tidak hanya berupa padi. Beberapa kategori usaha yang masuk bidang pertanian diantaranya budidaya tanaman hias dan usaha tanaman rempah.

  • Bidang usaha perdagangan secara mandiri

Salah satu usaha yang sifatnya didirikan perorangan yaitu bisnis perdagangan. Usaha dagang merupakan kegiatan penjualan dan pembelian barang yang bertujuan mendapatkan laba dari aktivitas tersebut.

Usaha dagang adalah jenis bisnis yang mudah dijalankan oleh seseorang tanpa bantuan. Hal ini modal yang digunakan dapat disesuaikan dengan budget dan keuntungan pemiliki usaha.

Berbagai produk yang dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan dalam usaha dagang diantaranya kuliner, aksesoris, fashion dan furnitur. Berbagai produk usaha tersebut bisa didapat dengan mudah.

Jenis usaha dagang di Indonesia seperti pengecer, agen, reseller, ekspor impor dan distribusi barang skala besar. Ragam usaha tersebut dapat dijalankan secara mandiri oleh pemiliknya.

Kelebihan Usaha Perseorangan bagi Pengusaha

Kelebihan Usaha Perseorangan

Sebagai usaha yang dijalankan masyarakat secara mandiri rupanya jenis bisnis tersebut mempunyai kelebihan. Berikut adalah kelebihan bidang usaha yang didirikan secara mandiri bagi pengusaha di Indonesia:

  • Usaha berdiri tidak dikenakan pajak

Usaha yang didirikan secara mandiri dan termasuk bisnis perorangan biasanya tidak dikenakan pembayaran pajak. Hal ini lantaran usaha tersebut dikelola menggunakan omset yang tidak terlalu banyak.

  • Manajemen usaha dijalankan penuh oleh pemiliknya

Perusahaan besar umumnya memiliki manajemen pelaksana usaha yang dibantu oleh tenaga kerja. Namun usaha perseorangan umumnya melibatkan pemiliknya sebagai pelaksana manajemen bisnis sekaligus penanggung jawab.

  • Biaya pengeluaran manajemen yang masih rendah

Salah satu kelebihan dari pendirian bisnis jenis perorangan yaitu anggaran pengeluaran yang rendah. Hal tersebut lantaran kebutuhan produksi dan lainnya tidak membutuhkan anggaran yang besar.

BACA JUGA: Rumus Menghitung Harga Pokok Produksi

  • Proses pendirian usaha yang cepat dan tidak rumit

Setiap orang dapat mendirikan usaha yang satu ini dengan cepat dan mudah. Proses administrasi umumnya hanya berupa akta notaris maupun surat keterangan yang berasal dari tempat berdirinya usaha.

Jadi, membekali diri dengan berbagai wawasan di atas memudahkan Anda dalam mengelola usaha. Terlebih usaha perseorangan tidak melibatkan pihak-pihak luar seperti bisnis berskala besar lain yang rumit.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!