Home » Analisa Usaha Makaroni Goreng Rumahan dari Modal dan Peluangnya

Analisa Usaha Makaroni Goreng Rumahan dari Modal dan Peluangnya

Ingin memulai sebuah bisnis, namun bingung dengan modal yang ada. Tenang saja karena sekarang sudah banyak bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil saja. Salah satunya adalah usaha makaroni goreng rumahan. Selain memiliki dana awal yang minim, bisnis ini juga memiliki peluang yang luar biasa dan target konsumen yang sangat banyak.

Jadi kalau melihat semuanya sangat menguntungkan, tentunya akan sangat disayangkan apabila bisnis ini dilewatkan begitu saja. Apalagi harga jual dari makanan ini juga bisa dari harga yang minim, jadi anak-anak sekolahan bisa membelinya. Tentunya akan semakin banyak peluang yang bisa didapatkan dari semakin luasnya target konsumen itu.

Modal yang Dibutuhkan

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau dana awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sangatlah kecil. Apalagi untuk usaha makaroni goreng rumahan ini, bisa dimulai dari dana Rp 100ribu. Hal ini dapat dilakukan karena tidak butuh mesin yang besar. Ingatlah kalau ini masih merupakan bisnis rumahan yang berskala kecil, jadi tidak perlu mesin besar.

Nantinya setelah usaha mulai berkembang, dan mendatangkan keuntungan yang lumayan barulah mulai membeli alat besar. Jadi untuk awalannya gunakan saja beberapa alat yang ada di rumah, selama alat itu masih mumpuni. Karena memang untuk membuat makaroni goreng ini bukanlah hal yang sulit. Hanya butuh minyak yang banyak untuk membuatnya garing.

Jadi untuk perhitungan awalnya, modal yang dibutuhkan seperti 1kg makaroni mentah biasanya memiliki harga sekitar Rp 25ribu. Lalu plastik untuk membungkus, beli saja Rp 5ribu terlebih dahulu. Kemudian untuk awalan belilah minyak ½ liter terlebih dahulu yakni Rp 11ribu. Kalau ditotal semuanya, maka akan mendapatkan total dana awal Rp 41ribu.

Tentunya itu merupakan modal yang sangat kecil dalam memulai sebuah usaha. Apabila ingin digenapkan menjadi Rp 50ribu, maka sisa Rp 9ribunya dapat dibelikan bumbu beraneka rasa. Pilihlah bumbu yang memang sudah memiliki banyak penggemar, seperti balado dan jagung manis. Jadi mulailah dari dua rasa itu terlebih dahulu, dan kemudian baru dikembangkan.

BACA JUGA:

Peluang Usaha Makaroni Goreng Rumahan

Seperti yang dikatakan sebelumnya selain membutuhkan modal yang kecil, bisnis ini juga memiliki sasaran konsumen yang sangat luas. Bahkan anak-anak kecil sangat menggemari kudapan yang satu ini. Jadi sayang apabila dilewatkan begitu saja. Selain itu, dari 1 kg makaroni mentah yang diolah di atas, bisa didapatkan 60 bungkus makaroni berukuran kecil.

Biasanya bungkus makaroni ini memiliki harga jual yang sangat murah yakni seribu rupiah. Jadi kalau dikalkulasikan maka pendapatan menjadi Rp 60ribu, dan kemudian dikurangi dengan dana awal Rp 50ribu. Sehingga bisa didapatkan hasil sebesar Rp 10ribu untuk keuntungan awalnya saja. Makaroni ini bisa dijual secara langsung ataupun menitipkannya ke warung.

Apabila ditanya bagaimana peluang penjualannya, maka jawabannya sangat besar. Sebab ini merupakan snack yang tidak ada matinya. Selalu digemari, dan bukan sebuah makanan ringan musiman. Selain itu juga penggemarnya semakin banyak dan bertambah setiap saatnya. Jadi sangat disayangkan apabila usaha ini dilewatkan begitu saja, apalagi dengan modal yang sangat kecil seperti yang disebutkan sebelumnya.

Semua keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha makaroni rumahan ini sangatlah lumayan dan bisa menjadi pilihan usaha di rumah. Apalagi penjualannya bisa dilakukan tidak hanya secara offline, melainkan juga online. Hanya pastikan kalau makaroni yang dibuat benar-benar digoreng secara kering, dengan begitu masa penyimpanannya akan lebih awet dan tidak akan mudah basi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!