Home » 7 Aspek Penting Terkait Usaha Burger Kaki Lima agar Berhasil Sesuai Rencana

7 Aspek Penting Terkait Usaha Burger Kaki Lima agar Berhasil Sesuai Rencana

Memutuskan untuk mencoba usaha baru yang berfokus pada penjualan produk makanan memang seringkali dijadikan sebagai pilihan karena mudah dan menguntungkan. Salah satu contohnya adalah jenis usaha burger kaki lima yang seiring berjalannya waktu semakin ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Walaupun begitu, persiapan usaha ini tetap memerlukan pertimbangan yang matang.

Secara sederhana, proses persiapan yang perlu dilakukan untuk memulai jenis usaha ini sama seperti persiapan pada usaha makanan yang lainnya. Proses persiapan tersebut juga meliputi berbagai hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sejak awal seperti modal, bahan, hingga promosi produk. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak uraian di bawah ini:

Usaha Burger Kaki Lima

1. Modal

Aspek pertama yang perlu diperhatikan sejak awal dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah terkait jumlah uang yang diperlukan untuk modal. Berdasarkan pada sumber dari beberapa pengusaha yang sudah berpengalaman, modal awal yang diperlukan untuk usaha ini adalah sekitar Rp5 juta. Modal tersebut dapat digunakan untuk pembelian bahan hingga peralatan usaha.

2. Bahan

Jika memiliki ketertarikan untuk memulai usaha makanan ini, maka setiap calon pengusaha perlu pula mempertimbangkan persoalan bahan yang akan digunakan. Sebaiknya lakukan pembelian bahan mulai dari roti, daging, dan sayur dengan kualitas yang baik melalui distributor dengan harga yang sesuai. Selain itu, siapkan tempat yang khusus untuk menyimpan bahan tersebut.

Usaha Burger Kaki Lima

3. Variasi

Kemudian ada aspek yang tidak kalah penting untuk direncanakan sebelum memutuskan untuk mencoba jenis usaha burger kaki lima secara langsung. Jika pengusaha ingin usaha yang dimiliki tersebut dapat menarik ketertarikan dari konsumen, maka sebaiknya sediakan beberapa varian rasa yang menarik. Misalnya, terdapat mushroom dan BBQ yang dapat dijadikan sebagai variasi.

4. Promosi

Selanjutnya, sama seperti berbagai usaha lain baik secara offline maupun online, jenis usaha ini tetap memerlukan rencana untuk proses promosi. Walaupun begitu, dikarenakan jenis usaha ini bersifat offline, proses promosi yang dilakukan perlu disesuaikan dengan memanfaatkan gerobak yang akan dipakai. Setiap pengusaha dapat mendesain gerobak dengan desain yang sederhana namun eye catching.

Usaha Burger Kaki Lima

5. Omset

Sebelum memulai jenis usaha burger kaki lima, setiap calon pemilik usaha perlu mengetahui informasi penting terkait dengan perkiraan omset jualan. Secara garis besar, melalui modal awal sekitar Rp5 juta, usaha ini dapat memberikan perkiraan omset harian sampai pada Rp500 ribu. Omset tersebut dihitung jika terdapat 50 burger yang dijual sehari.

Kemudian untuk memperoleh omset sejumlah tersebut, setiap pengusaha perlu menjual produk dengan harga minimal Rp10.000,-. Selain itu, omset tersebut bisa mencapai belasan juta selama satu bulan.

BACA JUGA:

6. Kemitraan

Aspek yang berikutnya ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan jika calon pemilik usaha memiliki keraguan untuk memulai usaha secara mandiri. Setiap calon pengusaha tidak perlu merasa khawatir karena terdapat beberapa kemitraan usaha burger yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ditambah lagi, beberapa kemitraan tersebut dapat dipilih sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing.

Usaha Burger Kaki Lima

7. Laba

Terakhir, terdapat aspek penting lain yang jangan sampai dilewatkan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan sejak awal sebelum memulai usaha burger. Selain perlu mengetahui tentang perkiraan modal awal dan omset harian, setiap calon pengusaha juga perlu mengetahui informasi terkait perkiraan laba. Perkiraan laba yang dapat diperoleh adalah sekitar Rp4 juta dalam sebulan.

Pada masa sekarang, beberapa jenis usaha dalam penjualan produk makanan memang semakin marak untuk dijadikan sebagai pilihan utama untuk dicoba. Oleh karena itu, informasi tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba jenis usaha burger kaki lima dapat dijadikan pertimbangan. Bahkan terdapat informasi seperti perkiraan modal awal, omset, hingga laba.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!