Home » Begini Cara Ternak Ikan Mas Koki yang Mudah Bagi Pemula

Begini Cara Ternak Ikan Mas Koki yang Mudah Bagi Pemula

Ternak ikan mas koki merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Selain beternak, kegiatan ini juga bisa dilakukan sebagai hobi. Bukan rahasia lagi jika ikan mas koki ialah ikan yang banyak disukai oleh orang-orang. Tingginya ketertarikan terhadap ikan mas koki menjadikannya banyak yang menternakan ikan satu ini.

Jika tertarik untuk menternakkan ikan mas koki, maka tak ada salahnya untuk memperhatikan langkah-langkah berikut. Terdapat sejumlah langkah yang perlu menjadi perhatian. Berikut ini akan diberikan langkah dalam beternak ikan mas koki:

Daftar Isi

1. Siapkan Tempat dan Modal

Langkah pertama dalam ternak ikan mas koki adalah menyiapkan tempat dan modalnya. Menyiapkan tempat maksudnya adalah kolam budidaya di mana ikan mas koki hidup dan tinggal di dalamnya.

BACA JUGA:  7 Ternak Modal 1 Juta yang Menguntungkan? Ini Rekomendasinya!

Ukuran kolam yang direkomendasikan adalah sebesar 80 x 40 x 40 cm. Dengan memakai ukuran tersebut diharapkan para peternak bisa memantau perkembangan ketika dalam proses budidaya nanti.

Selain menyiapkan tempat, seorang calon peternak ikan mas koki juga harus menyiapkan modal. Berikut ini adalah penggunaan modal dalam beternak ikan mas koki:

  • Pembuatan kolam ternak.
  • Pembelian benih ikan mas koki.
  • Jaring, terpal dan selang.
  • Pompa air.
  • Peralatan untuk membersihkan kolam.

Jumlah modal akan banyak atau tidak tergantung harga dan jumlah benih ikan mas koki serta luas kolam yang dibutuhkan.

2. Pilih Indukan

Langkah kedua adalah pemilihan indukan ikan mas koki yang berkualitas yang baik. Jika diperlukan, maka pilihlah indukan yang bersifat unggulan. Memilih indukan yang baik sangat penting agar kegiatan ternak jadi berhasil dan ikan tidak berpenyakitan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!