Home » 5 Tips dan Panduan Ternak Kacer Bagi Pemula yang Mudah Diterapkan

5 Tips dan Panduan Ternak Kacer Bagi Pemula yang Mudah Diterapkan

Oh ya, lokasi ternak juga merupakan hal yang penting, sebab nantinya hal itu akan berkaitan dengan cara menjodohkan burung kacer agar cepat menghasilkan telur. Maka, dengan adanya kondisi kandang yang baik, produktivitas burung kacer akan sangat tertunjang. Efektifnya, peternak perlu menyiapkan kandang berukuran pandang 2-3 m serta tinggi dan lebar 2,5 x 1,5.

Daftar Isi

3. Memahami Cara Memberi Makan Kacer

Usahakan untuk selalu memberi makanan yang bergizi dan bernutrisi agar kinerja tubuh kacer dapat dimaksimalkan, ini penting untuk indukan yang sedang mengeram telur. Makanan yang dapat diberikan di antaranya adalah, kroto, ulat hongkong, belalang, ata pakan instan. Beri makan 2 /3 kali sehari, dengan takaran 9 s/d 10 gram pakan per burung.

4. Melakukan Perawatan dengan Baik

Langkah ternak kacer pemula selanjutnya, selalu jaga kebersihan kandang burung kacer. Jangan sampai lembab agar, kacer yang sedang dipelihara tidak gampang terserang penyakit. Jadikan kacer nyaman beraktivitas di dalam kandang, berikan suplemen tambahan, vitamin burung, atau vaksin. Dengan begitu, sistem imun tubuhnya dapat meningkat dan kacer terhindar dari penyakit.

BACA JUGA:  Bisnis Sarang Walet, 5 Langkah Mudah Menjalankannya bagi Pemula

Mandikan burung setidaknya 3 kali dalam satu minggu dan beri pakan sebanyak 3 kali dalam sehari. Agar bisa menghasilkan keturunan kacer yang unggul, lakukan perkawinan kacer dengan induk unggulan. Satukan induk jantan dan betina dalam satu kandang, jika ingin menghasilkan telur dalam waktu yang cepat.

5. Meminimalisir Kegagalan Ternak Kacer

Semua usaha ternak pasti ada resiko gagalnya, tidak terkecuali dengan ternak kacer. Peternak harus tahu penyebab terjadinya kegagalan tersebut agar bisa melakukan prevensi dini terjadinya gagal ternak. Salah satu penyebab kegagalan ternak adalah indukan kacer yang stress karena lingkungan di sekitarnya tidak kondusif.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!