Home ยป 5 Jenis Usaha Ternak 1 Bulan Panen yang Menguntungkan

5 Jenis Usaha Ternak 1 Bulan Panen yang Menguntungkan

Umumnya untuk memperoleh hasil atau panen hewan ternak membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal ada usaha ternak 1 bulan panen yang dapat dilakukan dan hewan ini jarang yang membudidayakan.

Malahan, banyak hewan yang sebelumnya tidak terpikir untuk diternakan menjadi usaha yang menjanjikan karena meningkatnya kebutuhan.

Permintaan hewan ternak baik untuk konsumsi ataupun keperluan lainnya yang tidak pernah berkurang membuat usaha ternak apa pun dapat bertahan dalam waktu lama.

Begitu pula dengan hewan-hewan yang dapat dipanen dengan dalam waktu singkat seperti di bawah ini:

Usaha Ternak 1 Bulan Panen

1. Budidaya Jangkrik

Pada awalnya serangga ini diternakkan karena penggemar burung kicau semakin banyak dan membutuhkan jangkrik untuk pakan burungnya. Dalam perkembangannya, jangkrik mulai digunakan sebagai bahan kuliner, terdengar aneh tetapi pangsa pasar kuliner ini lumayan bagus.

Hal-hal tersebut menjadi peluang usaha yang menjanjikan apalagi untuk membudidayakan jangkrik tidak diperlukan tempat yang luas. Keuntungan lainnya adalah hewan ini dapat dipanen dalam waktu singkat dan persaingan pembudidaya yang masih sedikit.

2. Ternak Lovebird

Unggas berbulu cantik dengan warna-warna yang menawan, membuat banyak orang jatuh hati dan ingin memeliharanya. Sempat menjadi trend beberapa tahun lalu, harga burung kicau ini masih tergolong mahal sampai saat ini.

Untuk yang menginginkan usaha ternak 1 bulan panen, hewan ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sebab untuk membudidayakannya dibutuhkan waktu yang tidak lama, telur Lovebird menetas dalam waktu 14 hari dan setelah seminggu akan terlihat perkembangannya dan sudah dapat dijual.

3. Budidaya Kroto

Membudidayakan hewan yang memiliki tingkat permintaan tinggi biasanya akan memberi banyak keuntungan. Kroto memiliki nilai jual tinggi karena kelangkaannya, sebab secara alami hewan ini hidup di hutan, sehingga banyak yang mengira jika hewan ini sulit untuk diternakkan.

Pada kenyataannya, telur semut merah ini dapat diproduksi dalam skala rumahan dan tidak memerlukan tempat yang sangat luas. Semut merah sebagai induknya merupakan jenis serangga yang dapat bertelur banyak.

Dengan siklusnya yang singkat membuat kroto memiliki masa panen yang cepat.

4. Ternak Ikan Hias

Hewan air ini tidak pernah kehabisan penggemar, bahkan disukai semua kalangan tidak terbatas usia dan gender. Bentuk badan yang unik dan warna yang menarik menjadi daya tarik ikan hias dan menentukan nilai jualnya.

Hewan ini dapat dijadikan usaha ternak 1 bulan panen karena dapat bertelur dalam jumlah banyak apalagi jika bisa dijual ketika masih kecil.

Harga jualnya tergantung pada jenis ikan hias itu sendiri. Beberapa ikan hias yang memiliki nilai jual tinggi meski masih anakan adalah ikan Arwana, ikan Koi, ikan Cupang, ikan Neon Tetra, dan ikan Mas Koki.

5. Budidaya Burung Puyuh

Pernah melihat burung Puyuh diolah menjadi kuliner yang lezat menggoda? Harga jual makanan yang menggunakan telur burung Puyuh biasanya lebih mahal daripada ayam.

Bukan hanya dagingnya saja yang dapat dijadikan olahan tetapi juga telurnya, itu sebabnya permintaan unggas ini selalu ada.

Untuk memenuhi permintaan tersebut dibutuhkan peternak yang membudidayakannya, sayang tidak banyak yang tahu jika burung Puyuh unggas ini dapat dipanen dengan waktu tidak lebih dari 50 hari.

Selain itu, budidaya unggas ini tidak memerlukan tempat yang luas seperti ayam atau Entok.

Sekarang sudah tahu kan ada usaha ternak 1 bulan panen dan ternyata pembudidayaannya pun relatif lebih mudah. Dengan waktu panen yang singkat berarti keuntungan juga didapat dengan cepat dan perputaran usaha semakin cepat.

Untuk usaha bertahan dan berkembang, tetap diperlukan keuletan dan kesabaran meskipun ternak memiliki masa panen yang singkat.

error: Content is protected !!