Home » Teknik Promosi Digital Murah untuk Melesatkan Penjualan!

Teknik Promosi Digital Murah untuk Melesatkan Penjualan!

Terlepas dari apa yang dijual atau dilakukan perusahaan Anda, melakukan teknik promosi secara tepat akan mendatangkan sejumlah manfaat. Paling penting untuk mempelajari tentang siapa konsumen sehingga dapat menargetkan mereka secara efektif juga.

Perkembangan teknologi menyediakan banyak pilihan untuk mempromosikan produk dan layanan baik secara langsung maupun online. Tetapi sebelum ke sini, Anda sebaiknya mulai dengan belajar pemahaman tentang keunikan produk atau layanan.

Mencari tahu di mana Anda berdiri dalam lanskap kompetitif dan menunjukkan secara jelas penawaran unik yang beda dari yang lain. Akan sangat membantu untuk mengetahui cara promosi secara efektif.

Setelah mengetahui proposisi nilai unik bisnis, selanjutnya menemukan cara terbaik untuk menjangkau audiens target. Ketika Anda memahami konsumen, ini dapat secara efektif membuat strategi promosi multi-tahap.

Masing-masing strategi memiliki fungsi berbeda dalam mencapai tujuan promosi. Misalnya, penjualan pribadi membantu bisnis membangun hubungan lebih dekat dan saling percaya dengan pelanggannya, sedangkan iklan memungkinkan bisnis menjangkau audiens luas.

Tingkatkan Penjualan dengan Teknik Promosi Digital Murah

Jika Anda pemilik bisnis, baik itu bisnis online atau toko fisik, namun bingung akan mulai dari mana untuk mempromosikan. Maka menemukan jenis promosi yang mudah ditiru serta diterapkan pemula merupakan langkah pertama.

Sekarang ini opsi paling efektif dan terbukti nyata mampu meningkatkan penjualan ialah melakukan pemasaran digital. Ini merupakan tempat luas untuk dapat berbagi informasi tentang hampir semua hal, di mana saja, tanpa menghabiskan banyak uang.

Namun meskipun menjangkau sangat banyak orang, tetap saja tujuan promosi harus tetap sasaran. Artinya audiens Anda punya potensial menjadi pembeli dan memberi pemasukan pada bisnis, berikut ini teknik pemasaran paling murah secara digital.

  1. Pemasaran Email

Hingga saat ini, email marketing tetap menjadi salah satu teknik promosi digital yang paling murah dan paling efektif dibanding jenis lainnya. ROI (Return on investment) dengan cara ini empat kali lebih tunggu dari pemasaran digital lainnya.

Pemasaran email efektif karena pada dasarnya tidak ada biaya untuk memulai dan menjalankan kampanye ini. Selain itu, alat pemasaran email yang tersedia sudah dilengkapi dengan banyak fitur bawaan untuk membantu pemasar melakukan tugasnya.

Untuk mengembangkan kampanye email yang efektif harus dimulai dengan memilih alat otomatisasi dan manajemen email untuk membantu mengaturnya. MailChimp mungkin opsi alat paling ramah pengguna dan murah saat ini.

Selanjutnya, Anda harus membuat garis waktu yang sesuai dengan tujuan pemasaran secara keseluruhan. Dengan merencanakan untuk mengirim email secara konsisten tetapi tanpa memuat kotak masuk audiens menganggapnya sebagai email spam.

Kemudian mengembangkan teks persuasif dan konten berkualitas yang sesuai dengan tujuan pemasaran. Targetnya adalah memastikan bahwa email jelas dan spesifik sehingga audiens Anda memahami dari mana email berikut berasal dan mengapa mereka menerimanya.

Penting juga untuk membuat judul yang menonjol di kotak masuk. Baris subjek adalah kunci rasio terbuka dan klik lebih tinggi, ini bisa dilakukan dengan mengajukan pertanyaan unik, menawarkan diskon, atau menyinggung dengan jelas proposisi nilai unik pada subjek.

  1. Menggunakan Referral

Teknik promosi ini sebenarnya hanyalah istilah lain untuk iklan dari mulut ke mulut seperti di masa lalu. Orang biasnya lebih mempercayai rekan-rekan mereka atas brand/merek, dan kadang-kadang itu dilakukan tanpa menyadarinya.

Misalnya, jika sesorang mengiklankan sesuatu di halaman media sosial miliknya, mereka pada dasarnya bertindak sebagai duta merek. Referensi rekan ini membuat orang empat kali lebih mungkin untuk melakukan pembelian dan tingkat konversi lebih tinggi.

Dari pengalaman pemasar selama ini, orang lebih banyak banyak memilih percayai teman dan keluarga dibanding iklan lain yang tidak dikenal. Lingkup pemasaran rujukan ini sekarang juga mencakup berita, testimonial, influencer, hingga ulasan pelanggan.

Saat konsumen akan membeli sesuatu, ulasan yang dibaca sangat membantu mereka membuat keputusan. Selama itu positif, pada dasarnya ini bertindak sebagai iklan gratis. Pemasar influencer juga termasuk sarana promosi hemat biaya.

Audiens yang mempercayai atau mengikuti mereka di media sosial adalah target potensial dan relevan. Seseorang dengan banyak pengikut sesuai merek atau produk akan mendatangkan manfaat kemitraan secara efektif.

  1. Program Afiliasi

Program afiliasi adalah teknik promosi bagus untuk menyebarkan berita tentang produk atau bisnis tanpa menghabiskan terlalu banyak uang. Ini pada dasarnya adalah penjualan berbasis komisi, di mana afiliasi mempromosikan produk dan mendapatkan uang jika ada penjualan.

Di sini hanya dibutuhkan membuat URL untuk semua orang yang mempromosikan barang Anda, mereka kemudian dapat membagikannya. Di mana setiap tautan berfungsi untuk melacak dan mengelola afiliasi mana terjadi penjualan.

Ini bahkan salah satu bentuk iklan gratis dan dapat menjadi cara yang berguna untuk menyebarkan berita tentang merek. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat, seperti efektifitasnya berfungsi lebih baik untuk beberapa produk saja.

Untuk memastikan bahwa afiliasi benar-benar tertarik dengan produk tertentu dan akan konsisten dalam beriklan, serta mengiklankannya dengan cara benar. Pemilik bisnis harus membuat manfaat menggiurkan mereka namun masih menguntungkan Anda. Selengkapnya tentang cara kerja afiliasi silahkan baca disini.

Memahami Prinsip Dasar Dalam Promosi

Orang yang melakukan pemasaran dengan teknik promosi pilihan harus memiliki pengikut yang layak. Memahami prinsip-prinsip dasar bagaimana mempromosikan suatu produk sedemikian rupa sehingga menghasilkan penjualan.

Karena ada begitu banyak pilihan untuk beriklan online, opsi ini menyisakan banyak ruang bagi Anda untuk berkreasi dengan kampanye iklan sesuai kebutuhan. Terlebih lagi, dalam melakukannya, itu tidak benar-benar membutuhkan banyak uang.

Mendapatkan traffic yang lancar bisa dicapai selama Anda memiliki pengikut yang kuat untuk memulainya. Promosi di media sosial misalnya, semakin relevan pengikut dan besar jumlahnya, maka kemungkinan konversi bisa bertambah besar.

BACA JUGA: Tips Promosi Pulsa Agar Laris

Dengan strategi promosi yang hebat, prospek dari tahap awareness bisa bergerak ke tahap tindakan pembelian jika Anda melakukannya dengan benar. Ini memungkinkan juga membangun hubungan jangka panjang dengan audiens target.

Pemasaran adalah bagian penting untuk kesuksesan perusahaan, dan itu sama pentingnya terkait pemilihan teknik promosi. Sehingga calon pelanggan lebih memahami manfaat apa yang akan diperoleh dari pembelian produk.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!