Home » Kenali Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis dan Berbagai Manfaatnya

Kenali Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis dan Berbagai Manfaatnya

Studi yang menentukan apakah suatu usaha dapat dikatakan layak atau tidak disebut sebagai studi kelayakan bisnis. Hal tersebut akan menjadi tolak ukur bagaimana suatu usaha dijalankan dan dinilai dari aspek aspek yang berlaku.

Biasanya, orang-orang yang menjalankan bisnis sering merasa khawatir mengenai keberlanjutan bisnis mereka. Tidak sedikit pelaku usaha mengaku bahwa rasa khawatir akan kegagalan bisnis mereka di masa depan sering kali dirasakan.

Hal tersebut tentu tidak dapat dipungkiri, bahkan ahli bisnis yaitu Small Business Association (SBA) menyatakan bahwa 30% pelaku usaha akan mengalami kegagalan pada dua tahun awal. Persentase tersebut didapatkan dari data statistik.

Setelah dua tahun pertama, maka persentase akan meningkat menjadi 50%  pada tahun ke-lima dan hingga 66% pada tahun ke-sepuluh. Tentu saja, jika Anda melihat sebuah usaha yang mampu sukses mempertahankan keberadaannya hingga berpuluh tahun, ada strategi yang baik di dalamnya.

Strategi tersebut yang menjadi pondasi dasar bagi para pelaku usaha untuk memulai bisnis. Tentu saja tidak bisa dilakukan dan dibuat secara asal. Strategi tersebut lah yang juga dikenal sebagai studi kelayakan bisnis. Ide menarik yang ada di kepala Anda bahkan belum tentu mampu mempertahankan keberadaan usaha Anda di masa depan.

Informasi Studi Kelayakan pada Bisnis

Studi kelayakan bisnis

Sebuah usaha atau bisnis yang dipelajari secara mendalam dan ditinjau dari berbagai aspek bertujuan untuk menentukan potensi bisnis tersebut apakah bisa dijalankan atau tidak adalah sebutan lain dari studi kelayakan bisnis.

Perencanaan bisnis yang dibuat secara matang dan penuh ketelitian maka akan memberikan rasa percaya diri pada pelaku bisnis mengenai potensi berhasil atau tidaknya bisnis tersebut di masa yang akan datang.

Tentu saja studi kelayakan bisnis memiliki banyak tujuan seperti mengurangi resiko yang dapat terjadi seperti mengalami kerugian, memudahkan proses berjalannya usaha dengan adanya perencanaan kedepan, memudahkan dalam melaksanakan proses dari rencana yang dibuat, dan mengendalikan atau mengawasi bisnis yang berlangsung.

Dengan adanya tujuan dari studi ini maka setiap pelaku usaha akan lebih terarah dalam mengatur jalannya bisnis mereka. Selanjutnya ada manfaat yang dapat dirasakan ketika Anda menerapkan studi tersebut pada bisnis anda.

Manfaat dari Studi Kelayakan Bisnis

Jika Anda masih merasa bingung mengapa seorang pelaku usaha harus mempelajari dan menerapkan mengenai studi kelayakan bisnis pada usaha mereka, maka Anda harus mengetahui banyak manfaat yang diberikan saat Anda menerapkan sistem tersebut.

Manfaat pertama adalah Anda memiliki kemampuan lebih dalam memahami peluang. Studi tersebut akan membantu Anda dalam menilai potensi bisnis Anda di masa depan apakah memiliki prospek baik atau hanya akan membuang waktu, tenaga, pikiran, dan uang saja.

Selanjutnya Anda akan merasakan manfaat tentang seberapa baik konsep bisnis yang sudah Anda buat. Studi ini dibuat untuk mengantisipasi Anda saat menghadapi permasalahan besar yang suatu waktu dapat Anda hadapi pada bisnis anda.

Manfaat ketiga adalah sebagai pelaku usaha Anda dapat lebih percaya diri. Jika Anda sudah menerapkan studi kelayakan bisnis maka Anda bisa melakukan evaluasi terhadap proses bisnis yang Anda jalankan sehingga ada output terukur yang dapat membuat Anda lebih percaya diri.

Selanjutnya adalah Anda akan merasakan manfaat dari segi modal dan juga keuangan. Saat menjalankan studi ini, maka pengeluaran Anda akan terukur dan terarah. Hal ini akan mengantisipasi Anda untuk terhindar dari kerugian dan kekurangan modal di tengah jalan saat bisnis masih berlangsung.

Penyebab Implementasi SKB dapat Gagal

Studi kelayakan bisnis

Tetapi ada beberapa faktor yang dapat membuat sebuah bisnis Anda dapat mengalami kegagalan, dan untuk mengantisipasi hal tersebut dapat terjadi maka selanjutnya Anda harus bisa mengendalikan dan mengawasi jalan bisnis anda.

Hal pertama penyebab bisnis gagal adalah Anda tidak mengetahui tujuan jelas Anda untuk berbisnis. Tentu saja tujuan tersebut menjadi alasan dasar yang menguatkan Anda mengapa Anda harus terus mengembangkan usaha atau bisnis Anda kelak.

Selanjutnya adalah tidak memiliki manajemen yang baik. Walaupun Anda adalah seorang pemula dalam menjalankan bisnis, tetapi banyak hal yang perlu Anda ketahui adalah bisnis tidak dilakukan tanpa dasar sebuah manajemen yang baik.

Hal kecil seperti manajemen keuangan, strategi marketing, produksi, dan karyawan adalah hal yang harus Anda pikirkan dan persiapkan sebelum Anda melakukan bisnis. Bahkan walau sudah menentukan manajemen tersebut, setiap harinya harus ada evaluasi terkait kinerja yang berlangsung.

Selanjutnya adalah modal yang Anda miliki tidak memadai. Walau Anda memiliki segudang rencana bisnis yang baik dan inovasi serta kreativitas yang akan Anda implementasi tidak sebanding dengan modal anda, maka semuanya akan menjadi sia-sia.

Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu perencanaan bisnis Anda untuk kemudian modal tersebut akan dialokasikan sebaik mungkin pada beberapa perencanaan . Studi kelayakan bisnis tetap harus diterapkan walau budget yang dikeluarkan tidak terlampau besar.

Aspek selanjutnya adalah Anda tidak memiliki model bisnis yang tepat. Jika Anda adalah seorang pelaku usaha, maka menentukan model bisnis yang tepat dengan produk Anda merupakan sebuah hal yang wajib.

Terakhir adalah produk yang Anda jual harus memiliki nilai lebih. Nilai lebih disini merujuk pada keunikan yang harus produk Anda miliki. Perhatikan juga seberapa besar pengaruh keunikan tersebut pada sebuah produk yang Anda jual, apakah konsumen membutuhkan keunikan tersebut dengan budget jual produk yang sudah Anda tentukan?

Menjadi seorang pelaku usaha memang bukan hal yang mudah. Walau Anda sering melihat banyak pengusaha yang mengalami kesuksesan di usia muda. Tentu saja ada aspek yang dapat mendorong tersebut dan mengikutsertakan studi kelayakan bisnis adalah sebuah hal yang dapat bermanfaat di kemudian hari.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!