Hal yang termadusuk di sini diantaranya adalah periklanan, sponsor, dan juga aktivitas hubungan masyarakat. Biasanya kegiatan biaya promosi ini lumayan besar, karena itu dibutuhkan pertimbangan yang matang sebelum melakukannya.
Daftar Isi
4. Tempat (Place)
Untuk tempat ini yang dimaksudkan adalah tempat produk ataupun layanan yang dipromosikan dapat dilihat, dijual, dibuat, atau bahkan dikirimkan. Penentuan tempat ini utamanya berdasarkan dengan jalur distribusi, dan cara bagaimana produk/jasa sampai ke pelanggan.
Apabila ingin membuat bisnis ini mudah dikenali, maka pastikan untuk menentukan tempat yang strategis dan mudah diakses. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat menjangkaunya dengan lebih cepat dan kegiatan pemasaran dapat berlangsung dengan lebih efektif.
5. Orang-Orang (People)
Terakhir adalah orang-orang yang memang berkaitan erat dengan kegiatan ini. Untuk orang-orang sendiri, tidak hanya konsumen tapi juga tim pemasaran, tenaga penjual atau siapapun yang terlibat di dalam kegiatan ini.
Jadi hal ini berkaitan dengan hubungan antara konsumen dan juga penyedia bisnis. Sebagai contoh, seseorang akan lebih senang kembali ke sebuah toko apabila toko tersebut memilih pelayanan ramah sehingga pelanggan merasa lebih nyaman.
Tips Melakukan Strategi Pemasaran
Setelah mengetahui elemen-elemen apa saja yang ada di strategi pemasaran, maka sekarang saatnya untuk membahas tipsnya. Hal ini diperlukan supaya dalam pelaksanaannya, strategi pemasaran ini dapat berlangsung dengan baik.