Home » Mengenal Apa Itu Rasio Keuangan, Fungsi Beserta Jenis-jenisnya

Mengenal Apa Itu Rasio Keuangan, Fungsi Beserta Jenis-jenisnya

Setiap perusahaan memiliki kebijakan rasio keuangan tersendiri untuk memutuskan berbagai kepentingan terkait keuangan perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan terkait keuangan sehingga mencegah adanya kerugian.

Dengan adanya rasio ini, setiap langkah yang diambil sudah disesuaikan dengan keutuhan sehingga manajemen mampu memperkirakan kemajuan perusahaan di waktu depan. Untuk informasi lebih lanjut terkait rasio ini, simak penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Rasio Keuangan

Rasio Keuangan adalah

Rasio finansial atau keuangan merupakan salah satu teknik analisa finansial. Yang berguna sebagai parameter penilaian terhadap perkembangan bisnis.

Data dan informasi yang berada di dalam laporan keuangan menjadi bahan pembuatan rasio ini. Rasio tersebut akan memperlihatkan bagaimana kapasitas maksimum keuangan dalam hal kinerja perusahaan.

BACA JUGA:  Likuiditas Adalah: Ini Pengertian, Jenis, Kegunaan dan Contohnya

Selain itu, rasio ini juga digunakan untuk memutuskan berbagai kebijakan perusahaan oleh manajemen. Dengan adanya indikator dari rasio ini, perusahaan dapat mengambil keputusan dengan bijak sehingga aset perusahaan tetap aman.

Fungsi Rasio Finansial yang Perlu Dipahami

Rasio Finansial

Sebuah keputusan perusahaan sangat berpengaruh pada fungsi rasio finansial jadi tidak perlu diragukan lagi peran rasio finansial di dalam perkembangan perusahaan. Itulah mengapa Anda harus memahaminya dengan baik, termasuk tentang fungsi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!