Home » Mengenal Apa Itu Rasio Keuangan, Fungsi Beserta Jenis-jenisnya

Mengenal Apa Itu Rasio Keuangan, Fungsi Beserta Jenis-jenisnya

Setiap perusahaan memiliki kebijakan rasio keuangan tersendiri untuk memutuskan berbagai kepentingan terkait keuangan perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan terkait keuangan sehingga mencegah adanya kerugian.

Dengan adanya rasio ini, setiap langkah yang diambil sudah disesuaikan dengan keutuhan sehingga manajemen mampu memperkirakan kemajuan perusahaan di waktu depan. Untuk informasi lebih lanjut terkait rasio ini, simak penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Rasio Keuangan

Rasio Keuangan adalah

Rasio finansial atau keuangan merupakan salah satu teknik analisa finansial. Yang berguna sebagai parameter penilaian terhadap perkembangan bisnis.

Data dan informasi yang berada di dalam laporan keuangan menjadi bahan pembuatan rasio ini. Rasio tersebut akan memperlihatkan bagaimana kapasitas maksimum keuangan dalam hal kinerja perusahaan.

Selain itu, rasio ini juga digunakan untuk memutuskan berbagai kebijakan perusahaan oleh manajemen. Dengan adanya indikator dari rasio ini, perusahaan dapat mengambil keputusan dengan bijak sehingga aset perusahaan tetap aman.

Fungsi Rasio Finansial yang Perlu Dipahami

Rasio Finansial

Sebuah keputusan perusahaan sangat berpengaruh pada fungsi rasio finansial jadi tidak perlu diragukan lagi peran rasio finansial di dalam perkembangan perusahaan. Itulah mengapa Anda harus memahaminya dengan baik, termasuk tentang fungsi.

Data-data penting di dalam laporan keuangan perusahaan menjadi dasar untuk pembuatan rasio ini. Oleh karena itu, kita harus lebih mengenal apa saja fungsi rasio dari keuangan perusahaan dan berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Melihat Penggunaan Keuangan

Fungsi yang pertama berkaitan tentang optimalisasi keuangan yang merupakan analisa rasio untuk melihat bagaimana dana perusahaan digunakan secara optimal. Dengan adanya rasio ini, kita bisa melihat penggunaan keuangan secara lebih jelas.

Hal ini tentu akan memberikan manfaat bagi perusahaan karena bisa melihat apakah ada pihak yang berlaku curang. Selain itu, mengetahui optimalisasi keuangan juga memberikan informasi apabila terdapat penggunaan uang yang tidak tepat.

  1. Mengetahui Efektivitas Manajemen Operasional

Keberadaan rasio ini membuat perusahaan bisa melihat bagaimana efektivitas dari manajemen operasional yang berkaitan. Tentang penggunaan anggaran perusahaan guna memenuhi kebutuhan operasional di dalam bisnis tersebut.

Oleh karena itu, rasio keuangan memperlihatkan seberapa efektifnya kinerja dari manajemen ini dalam menggunakan biaya untuk keperluan operasional. Apabila dirasa kurang efektif, maka bisa dicarikan strategi kinerja lainnya.

  1. Mengetahui Penggunaan Aset Perusahaan

Aset memiliki peran yang penting dalam perusahaan sehingga harus dievaluasi optimalisasinya. Manajemen perusahaan memiliki berbagai pertimbangan untuk memutuskan kebijakan dan salah satunya adalah besaran aktiva yang dimiliki.

Rasio ini membantu perusahaan untuk mengetahui optimalisasi penggunaan aktiva. Dengan begitu, perusahaan bisa melakukan optimalisasi apabila terjadi penggunaan yang kurang tepat atau manfaat yang diberikan kurang besar.

  1. Mengetahui Kondisi Kesehatan Keuangan

Fungsi lain dari rasio ini adalah untuk melihat tingkat kesehatan keuangan di sebuah perusahaan. Perusahaan dalam berjalan lancar dan berkembang apabila keuangannya berada dalam kondisi yang stabil atau sehat.

Perusahaan yang memiliki keuangan sehat maka setiap kegiatan usahanya menghasilkan laba. Perusahaan bisa mengetahui tingkat kesehatan keuangannya berdasarkan rasio ini sehingga analisa bisa dilakukan untuk mempertahankan bisnis.

  1. Sebagai Acuan Analisa Potensi Perkembangan Perusahaan

Rasio ini juga sering digunakan sebagai acuan analisa kemampuan perusahaan untuk berkembang. Banyaknya kompetitor di bidang yang sama membuat sebuah perusahaan harus bisa mengembangkan bisnisnya agar tidak kalah saing.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis, antara lain peluncuran produk baru, perluasan jangkauan marketing, sampai pendirian cabang. Semua itu bisa dilakukan tanpa masalah apabila setiap langkahnya mempertimbangkan rasio.

Jenis Rasio Keuangan yang Perlu Dipahami

Jenis Rasio Keuangan

Setelah mengetahui apa saja fungsi yang dimiliki rasio ini, maka hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah memahami jenisnya. Bagi Anda yang bekerja di perusahaan, khususnya bidang manajemen keuangan tentu tidak asing dengan jenis rasio ini.

Dalam melakukan tugasnya, seorang manajemen keuangan harus memahami setiap jenis rasio ini dengan benar. Supaya pemakaiannya dapat disesuaikan dengan tujuan dan berikut ini 4 jenis rasio keuangan yang harus Anda ketahui.

  1. Rasio Laba

Jenis rasio yang pertama disebut sebagai rasio laba atau profitability ratio. Jenis rasio ini bertujuan untuk menganalisa suatu perusahaan, misalnya saja tentang keuntungan dari aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Dengan metode rasio laba ini, Anda bisa melihat bagaimana kemampuan perusahaan saat hasilkan untung dari setiap aktivitas bisnisnya. Oleh karena itu, aktivitas bisnis bisa dimaksimalkan agar keuntungan yang didapat perusahaan semakin besar.

  1. Rasio Hutang Cepat

Rasio keuangan berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah rasio hutang jangka pendek atau yang sering disebut sebagai Liquidity Ratio. Metode ini menggunakan teknik perhitungan yang bermanfaat untuk melihat kinerja perusahaan.

Tujuan dari perhitungan ini adalah perusahaan mengetahui berapa hutang jangka pendek yang dimilikinya dan cara membayarnya agar cepat selesai. Jumlah hutang yang besar memperlihatkan bahwa kondisi keuangan perusahaan tidak sehat.

  1. Rasio Hutang

Selanjutnya, Anda bisa bertemu dengan jenis rasio hutang atau istilah lain berupa Solvency Ration. Jenis rasio ini menggunakan metode yang berguna dalam menganalisa apakah perusahaan mampu melunasi hutang jangka panjang.

Bukan hanya itu, metode ini juga memungkinkan perusahaan mampu melunasi hutang jangka pendek. Hal inilah yang harus dipertimbangkan para investor untuk berinvestasi agar tidak salah memilih langkah dalam mengatur keuangan.

  1. Rasio Aktivitas

Besaran aktiva yang digunakan perusahaan pasti berbeda dengan lainnya karena hal ini berkaitan dengan proses produksi. Itulah mengapa metode ini membantu perusahaan menganalisa activity yang digunakan dalam pengolahan bahan baku.

Selain itu, jenis rasio ini juga berguna untuk mengkaji kemampuan perusahaan dalam mengoptimalkan aset miliknya sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui efektivitas aktiva yang dilakukan perusahaan.

Bagi Anda yang memiliki peran sebagai manajemen keuangan perusahaan, maka penting untuk memahami apa saja fungsi dan jenis dari rasio ini. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan rasio keuangan demi perkembangan bisnis tersebut.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!