Home » 7 Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

7 Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

Melihat prospek kerja administrasi bisnis dalam dunia kerja, memang bisa dibilang bahwa jurusan tersebut memiliki prospek kerja cukup luas. Banyak sekali calon mahasiswa yang mengincar jurusan tersebut, karena memiliki prospek kerja beragam.

Bila dibandingkan dengan jurusan lain, administrasi bisnis memang menjadi salah satu jurusan yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan, karena jurusan ini memang dibutuhkan hampir di seluruh perusahaan di berbagai bidang.

Administrasi bisnis mengajarkan para mahasiswa mengenai, pengelolaan operasional perusahaan, marketing, kewirausahaan, keuangan bisnis, riset, sumber daya manusia, teori pengambilan keputusan, perencanaan bisnis dan masih banyak lagi.

Ilmu-ilmu yang akan Anda dapatkan di jurusan administrasi bisnis ini, pastinya akan berguna saat Anda sudah memasuki dunia kerja. Setelah kita membahas mengenai ilmu administrasi bisnis secara mendasar, kami akan membahas mengenai prospek kerja yang dimiliki jurusan ini.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Mempelajari suatu ilmu pengetahuan pastinya akan bermanfaat, jika kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan. Jika Anda memilih ilmu administrasi bisnis dalam dunia perkuliahan, mari kita bahas apa saja prospek pekerjaan yang bisa Anda pilih.

1.   Konsultan Bisnis

Dalam setiap perusahaan, biasanya pekerjaan sebagai konsultan bisnis akan selalu ada. Dalam pekerjaan ini karyawan akan diminta oleh perusahaan, untuk memberikan saran, masukan serta solusi terbaik dan akan berguna bagi para pebisnis dan pemimpin dalam mengambil keputusan.

Selain itu Anda akan mengidentifikasi masalah di suatu perusahaan, dan diminta untuk mencari solusi terbaik bagi semua pihak. Tentunya pekerjaan ini akan sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan, selain itu gaji yang akan karyawan dapatkan juga cukup besar.

2.   Manajemen Perusahaan

Prospek kerja administrasi bisnis selanjutnya adalah manajemen perusahaan, bisa dibilang bahwa pekerjaan ini memegang peranan penting dalam suatu perusahaan. Segala hal berkaitan dengan manajerial dan administratif, akan Anda kelola.

Untuk menjadi seorang manajer tentunya dibutuhkan tingginya rasa kepemimpinan, agar bisa mengarahkan perusahaan. Selain itu karyawan akan mengambil keputusan penting dalam perusahaan, sehingga diperlukan pemikiran matang dalam setiap pengambilan keputusan.

Baik di perusahaan besar maupun kecil, posisi manajemen perusahaan memegang kontribusi cukup besar, dalam meningkatkan keuntungan dan keberlangsungan perusahaan. Rata-rata penghasilan yang Anda dapatkan juga bervariasi, tergantung dengan pengalaman yang dimiliki.

3.   Staff Administrasi

Tentunya pekerjaan ini juga cukup banyak diminati, karena besaran gaji beragam sesuai dengan pengalaman dari calon pekerja tersebut. Staff administrasi terdiri dari beberapa jenis dalam suatu perusahaan, seperti staff administrasi umum, gudang, perpajakan dan lainnya.

Biasanya tugas yang akan Anda emban adalah, melakukan rekapitulasi data dan surat-surat resmi, membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan oleh perusahaan, juga membuat penjadwalan perusahaan, seperti mengatur meeting dan lainnya.

Untuk menjadi seorang staff administrasi, ilmu administrasi yang pernah Anda dapatkan akan berguna. Selain itu hampir semua perusahaan baik kecil maupun besar, akan membutuhkan seorang staff administrasi.

4.   Staff Pemasaran

Prospek kerja administrasi bisnis selanjutnya adalah staff pemasaran, Anda berkesempatan untuk menduduki posisi ini, karena salah satu ilmu Anda pelajari di jurusan ini adalah pemasaran. Ilmu pemasaran memang dibutuhkan, bagi semua bidang perusahaan.

Dengan ilmu yang Anda dapatkan, maka Anda bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan dengan berbagai cara promosi. Posisi staff pemasaran juga bisa berpindah jabatan, menjadi seorang manajer jika memiliki kredibilitas yang baik pada perusahaan tersebut.

5.   Wirausaha

Tidak hanya bekerja sebagai karyawan dalam suatu perusahaan, lulusan administrasi bisnis juga berkesempatan untuk memiliki usahanya sendiri. Ilmu yang telah Anda dapatkan di masa kuliah, bisa diaplikasikan secara langsung dalam dunia bisnis saat Anda mengelolanya.

Menciptakan suatu usaha tentunya tidak mudah, dibutuhkan ide “Out of the Box” agar tidak mudah tersaingi oleh pengusaha lain. Serta resiko-resiko yang akan karyawan hadapi, tentunya tidak selalu berhasil dalam menggeluti suatu usaha.

Dunia bisnis yang akan Anda geluti tersebut, pastinya membutuhkan kreativitas serta ide-ide berbeda agar bisa bersaing dengan pebisnis lainnya. Penghasilan seorang wirausaha, tentunya beragam, namun satu hal perlu Anda ingat dalam membuka usaha adalah fokus.

6.   Staff HRD

Staff HRD juga menjadi salah satu prospek kerja administrasi bisnis, dan cukup banyak diincar oleh banyak lulusan jurusan tersebut. Menjadi staff sumber daya manusia, Anda akan mengatur sumber daya manusia perusahaan, mulai dari perekrutan hingga kontrak kerja.

Human resource development atau dikenal juga dengan sumber daya manusia ini, memang memiliki peranan besar dalam suatu perusahaan. Sebab semua karyawan yang akan direkrut, akan disaring terlebih dahulu oleh staff HRD ini.

7.   Dosen atau Pengajar

Dengan menjadi dosen atau pengajar, maka ilmu yang akan diajarkan nanti bisa terus bertambah. Selain itu ilmu yang Anda miliki, juga bisa terus bermanfaat bagi orang lain. Jika begitu menyukai jurusan administrasi bisnis, tidak ada salahnya jika memilih bekerja menjadi dosen.

Bukankah menyenangkan, jika bisa terus mempelajari hal yang Anda sukai. Untuk menjadi dosen, beberapa universitas memiliki syarat agar para pengajarnya mengemban pendidikan S2 atau S3, tentunya dengan semakin banyak ilmu yang dimiliki, peluang pekerjaan semakin terbuka lebar.

BACA JUGA: Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis

Selain itu beberapa universitas juga membiayai para dosen berprestasi, untuk memiliki pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Penghasilan yang didapatkan juga bervariasi, tergantung dengan pengalaman serta kemampuan yang Anda miliki.

Setiap jurusan mata kuliah, tentunya memiliki prospek pekerjaan berbeda-beda. Administrasi bisnis merupakan salah satu jurusan yang bisa Anda ambil, jika Anda memiliki minta dalam dunia bisnis dan pastinya prospek kerja administrasi bisnis juga luas dan beragam.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!