Home » 7 Strategi Cara Promosi Produk Online dan Offline Agar Penjualan Meningkat

7 Strategi Cara Promosi Produk Online dan Offline Agar Penjualan Meningkat

Langkah promosi produk yang tepat bisa meningkatkan penjualan dengan semaksimal mungkin. Banyak cara bisa dilakukan dalam melakukan penawaran kepada konsumen.

Masing-masing pebisnis memiliki cara tersendiri agar barang yang ditawarkan bisa memberikan kesan menarik pada konsumen. Lalu, bagaimana strategi paling tepat dalam melakukan penawaran produk kepada calon pembeli?

Strategi Promosi Produk yang Baik

Cara Promosi Produk

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil dan menengah dan menginginkan barang tersebut diketahui masyarakat. Strategi harus dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Dengan melakukan tepat sasaran, maka pelanggan akan menjadi lebih tertarik untuk membelinya. Strategi pemasaran produk berikut ini bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan pemasarannya.

  1. Media sosial

Di jaman serba modern seperti sekarang, setiap orang sudah kenal dengan sosial media. Anda bisa menggunakan sosial media untuk mengembangkan suatu bisnis.

Teknologi ini memang canggih dan bisa mendatangkan konsumen dalam jumlah besar. Bahkan, biaya yang dibutuhkan cenderung murah.

  1. Event

Mengadakan suatu event tertentu menjadi langkah penting dalam memasarkan suatu barang. Cobalah menjadi sponsor dalam sebuah acara.

Sponsor menjadi kesempatan dalam meningkatkan peluang usaha agar dikenal masyarakat luas. Promosi produk ini memang membutuhkan biaya namun menghasilkan sesuatu yang lumayan.

  1. Mengumpulkan data pelanggan

Mengumpulkan data pelanggan bisa dilakukan ketika mereka sedang membeli suatu barang. Data tersebut bisa digunakan untuk menerapkan langkah promosi selanjutnya.

  1. Bagi bagi produk

Membagikan produk secara langsung kepada pelanggan merupakan langkah potensial dalam mempromosikan produk. Berikan batasan pembelian produk agar bisa mereka mendapatkan produk tambahan.

  1. Melakukan kegiatan amal

Kegiatan amal menunjukkan rasa peduli kepada masyarakat, ini menjadi sekaligus langkah dalam mengenalkan produk Anda. Nama baik akan membuat banyak orang tertarik pada produk Anda, maka ini akan memberikan citra baik.

  1. Memberikan intensif

Intensif yang diberikan kepada konsumen bisa diberikan dalam bentuk bervariasi. Contohnya saja kupon, uang, hingga diskon.

  1. Menggunakan barang promosi

Langkah atau strategi terakhir dalam melakukan promosi suatu barang atau jasa adalah menggunakan barang promosi. Dengan begitu, hati masyarakat akan lebih tertarik.

Cara Promosi Produk Pakai Website

Cara Promosi Produk Pakai Website

Salah satu cara dalam melakukan pengenalan produk kepada khalayak adalah dengan menggunakan website. Website sudah dikenal oleh masyarakat luas di era sekarang ini.

Banyak orang menggunakan website secara tepat dan menghasilkan pengunjung yang sangat besar jumlahnya. Untuk menggunakan website dalam melakukan promo, berikut langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Cari kata kunci tepat

Membuat artikel untuk website bisa dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Kata kunci ini nantinya akan membuat artikel di website menaiki rank dalam mesin pencarian.

Keyword bisa disusun dalam menggunakan berbagai hal. Kata kunci efektif bisa ditulis dalam 100 hingga 1000 kata.

  1. Membuat konten berkualitas

Cara promosi produk dengan menggunakan website adalah membuat konten berkualitas. Konten berkualitas akan menarik konsumen untuk membacanya.

Artikel berkualitas nantinya akan memicu pembaca untuk membaca artikel tersebut. Berlatihlah terus menerus untuk bisa menulis artikel berkualitas.

  1. Beriklan di Facebook maupun google ads

Jika ingin mengiklankan sesuatu di website, Anda bisa menghubungkan di facebook maupun google ads. Pebisnis besar bisa menggunakan facebook maupun google ads untuk menggaet pelanggan besar.

  1. Pakai jasa backlink

Sudahkah Anda mengenal backlink? Ini merupakan langkah dalam melakukan promo untuk mendapatkan reputasi lebih maksimal.

Setidaknya, gunakan backlink manual untuk membuat website menjadi lebih baik. Jika memiliki dana, Anda bisa menggunakan jasa backlink berbayar.

  1. Pakai jasa konsultasi

Tidak semua orang bisa menggunakan website dengan baik, maka menggunakan jasa konsultasi dirasa sangat penting. Pakai jasa konsultasi memberikan hasil maksimal sehingga promo yang dilakukan akan menjadi lebih diingat oleh pelanggan.

Promosi Produk Offline dan Online

Promosi Produk

Meskipun strategi pemasaran produk secara online sudah diminati oleh masyarakat luas, namun promosi dengan menggunakan cara online juga masih digunakan. Berikut perbedaan dari promosi secara online maupun offline.

  1. Promosi online

Hal pertama yang perlu diketahui dalam melakukan promosi online adalah sales secara fisik tidak diperlukan. Dalam hal ini, calon pembeli hanya perlu mengunjungi sosial media atau website.

Dengan melakukan cara online, tidak ada sales yang melakukan perjalanan. Semua sudah ditawarkan secara singkat dalam bentuk video atau gambar.

  1. Promosi offline

Promosi produk offline membutuhkan sales, hal ini tentu membutuhkan biaya untuk melakukan perjalanan. Namun, kehadiran sales secara fisik tentu saja menarik, ini akan memberikan penawaran lebih maksimal kepada konsumen.

Sales dalam hal ini memiliki peran untuk menawarkan produk langsung kepada konsumen. Tentu saja, biaya dalam menjalankannya lumayan besar.

Baik promosi online maupun offline, masing-masing memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Dengan begitu, pebisnis harus memperhitungkan dengan sebaik mungkin.

Ketika Anda ingin melakukan promosi dengan cara online, maka tentu Anda membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankannya. Anda bisa melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Begitu juga jika Anda Melakukan promosi secara offline, biaya besar juga harus disiapkan dengan sebaik mungkin. Jika modal sudah cukup, maka produk akan bisa dipromosikan dengan lebih baik.

BACA JUGA: Jenis Media Promosi, Manfaat dan Tujuannya

Membangun kepercayaan kepada konsumen adalah hal yang bisa dilakukan dalam promosi dengan semaksimal mungkin. Strategi dalam membangun citra tersebut bisa dilakukan oleh pebisnis besar maupun pebisnis UMKM.

Lakukan penawaran produk dengan sebaik mungkin baik dengan penawaran secara online maupun offline. Promosi produk bisa dilakukan sendiri atau juga dengan melibatkan orang-orang yang ahli dalam bidang tersebut agar penjualan bisa lebih meningkat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!