Home » Karakteristik dan Contoh Perusahaan Multinasional di Indonesia

Karakteristik dan Contoh Perusahaan Multinasional di Indonesia

Tahukah Anda jika sekarang ini banyak perusahaan multinasional di Indonesia? Perusahaan-perusahaan tersebut mencoba meningkatkan tingkat produktivitasnya dengan memperbarui peralatan yang ada.

Namun, apakah Anda tahu apa itu perusahaan multinasional sebenarnya? Ya, penjelasan singkat mengenai perusahaan ini adalah memiliki skala produktivitas yang besar karena memperluas jangkauan pemasarannya ke beberapa negara di seluruh dunia.

Negara tujuan perusahaan multinasional adalah negara berkembang hingga negara maju. Tentu saja Indonesia masuk ke dalam salah satu negara yang di tuju dengan total penduduk terbesar urutan ke 4 di dunia setelah Amerika Serikat.

Terbentuknya perusahaan multinasional di Indonesia tentu mengakibatkan terbukanya lapangan pekerjaan baru. Hal ini berdampak positif bagi warga masyarakat karena mampu meningkatkan pendapatan perkapita di daerah tersebut.

Meskipun alat dan teknologi yang digunakan sudah semakin canggih, tapi masyarakat masih bisa ambil bagian dari pekerjaan di dalamnya. Selain itu, masyarakat Indonesia juga bisa belajar dari beberapa alat canggih yang menjadi pusat operasional industri.

Perusahaan Multinasional Tersebar ke Berbagai Negara

Pada dasarnya perusahaan ini memiliki banyak cabang, kantor atau bahkan pabrik yang tersebar di berbagai negara. Setiap cabang pabriknya bisa memproduksi barang tertentu, atau bisa juga melayani jasa tergantung dari status perusahaan tersebut seperti apa.

Karena mampu memperluas pemasarannya di berbagai negara asing, perusahaan multinasional di Indonesia ini juga termasuk industri go global. Artinya perusahaan memiliki manajemen yang mampu menjangkau antar negara secara mandiri.

Keuntungan yang di dapatkan negara dari perusahaan multinasional adalah dari hasil pajaknya dan memodernisasikan sektor industri dalam negeri. Selain itu, produk hasil industrinya juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga dapat terpenuhi.

Untuk sektor eskpor, Indonesia mendapatkan keuntungan dari investasi perusahaan asing yang masuk ke dalam dengan memperhatikan valuta. Tentu saja hal ini berhubungan dengan pajak yang akan di ambil dari sektor industri cabang perusahaan tersebut.

Beberapa Nama Perusahaan Multinasional di Indonesia

Setiap perusahaan multinasional pada dasarnya memiliki sistem operasional yang sama. Dengan memanfaatkan strategi pemasarannya, Indonesia memiliki banyak perusahaan multinasional di dalamnya dan mereka saling bersaing secara kompetitif dari tahun ke tahunnya.

Berikut ini nama-nama perusahaan besar yang sudah lama di Indonesia. Mungkin Anda akan langsung mengenalinya karena di setiap daerah atau provinsi pasti ada cabang perusahaannya.

  1. Yum Brand

Perusahaan multinasional dengan banyak cabang dan kantor di Indonesia adalah Yum Brand. Anda pasti tidak asing dengan nama KFC, Pizza Hut atau Wing Street, karena semua restoran tersebut berasal dari Yum Brand.

  1. Honda

Siapa yang tidak tahu dengan nama perusahaan otomotif dari jepang ini. Honda adalah salah satu perusahaan manufaktur otomotif terbesar di dunia dan Indonesia menjadi konsumen terbanyak yang menggunakan produk-produk ciptaannya.

  1. Samsung

Salah satu perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia yaitu Samsung dari Korea Selatan. Produk yang dihasilkan ada banyak seperti ponsel, mesin cuci, AC, TV, kulkas dan produk elektronik lainnya pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

  1. Google

Perusahaan teknologi perangkat lunak berbasis layanan internet ini ternyata juga ada di Indonesia. Perusahaan multinasional di Indonesia Google memiliki tingkat persebaran yang luas karena setiap negara sudah biasa menggunakannya.

  1. Adidas

Perusahaan multinasional terakhir di bidang busana adalah Adidas. Anda pasti sudah tidak asing lagi karena beberapa produknya sudah sering ditemui seperti Sepatu, Baju, Jaket dan Topi dengan berbagai modelnya.

Semua perusahaan besar di atas sudah ada di Indonesia sejak lama dan masyarakat terbiasa menggunakan produk-produknya. Setiap nama perusahaan juga memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri sehingga daya tariknya sudah dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kualitas Perusahaan Multinasional di Indonesia

Beberapa perusahaan memiliki daya tariknya sendiri untuk memancing para konsumen. Namun, ada juga perusahaan yang memiliki penguasaan lebih di dalam sistem operasionalnya sehingga setiap produk ciptaannya berkualitas.

Karakteristik kualitas perusahaan multinasional yang sudah diakui di Indonesia dan negara-negara asing lainnya. Berikut ini penjelasannya:

  1. Terstruktur dengan Baik

Karena tipe perusahaan ini memiliki pusat yang mengontrol semua cabangnya, struktur operasionalnya menjadi lebih terarah. Jadi peraturan layanan dan produk menjadi satu tujuan sehingga para konsumen dapat mengenalinya ketika ditemukan di berbagai negara.

  1. Manajemen Profesional

Dengan pengalaman yang dimiliki secara bertahun-tahun, perusahaan multinasional memiliki pelayanan berpengalaman. Dengan begitu sistem manajemen di dalamnya sudah profesional dan mampu mengontrol produktivitas secara baik.

  1. Perputaran Bisnis Cepat

Dengan tingkat produktivitas yang tinggi perusahaan juga mampu menghasilkan omzet dalam jumlah besar. Oleh karena itu, perputaran bisnisnya dapat diakui sangat cepat, kuat, padat, terstruktur dan terkontrol dengan sangat baik.

  1. Pemasaran Agresif

Dengan tingkat perputaran bisnis yang sangat cepat, pemasaran perusahaan multinasional di Indonesia juga dinilai sangat agresif. Target pemasarannya sangat tinggi dan bisa menggeser semua pesaing baik itu dari perusahaan lokal atau perusahaan internasional.

BACA JUGA: Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

  1. Teknologi Terbaru

Tentu saja perusahaan besar seperti Google atau Honda memiliki teknologi terbaru di dalam sistem operasionalnya. Dengan teknologi-teknologi tersebut, produktivitas menjadi lebih cepat dan pemasaran menjadi semakin luas.

Meskipun memiliki tingkat produktivitas tinggi, perusahaan multinasional juga tidak bisa muncul begitu saja dalam suatu negara. Nama, kualitas dan branding akan mempengaruhinya ketika perusahaan baru ikut dalam persaingan yang ada.

Kita bisa bayangkan seberapa besar skala perusahaan multinasional itu jika dibandingkan dengan perusahaan lokal. Tentunya negara sudah mempertimbangkan hal ini ketika mengizinkan semua perusahaan datang ke Indonesia.

Dengan modernisasi yang ada, perusahaan mampu menambah devisa negara dan mengurangi devisa impor untuk ke depannya. Perusahaan multinasional di Indonesia bisa dikatakan sangat berperan dalam menunjang perekonomian di dalam negara.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!