Home » Rumus Cara Menghitung Persen Penjualan dengan Mudah

Rumus Cara Menghitung Persen Penjualan dengan Mudah

Cara menghitung persen penjualan sangatlah mudah dan ini merupakan hal penting di dunia bisnis. Anda harus tahu berapa persen peningkatan penjualan sebuah produk perusahaan.

Meningkatkan keuntungan adalah tujuan dari setiap pebisnis. Tidak ada pebisnis yang ingin usahanya tidak maju karena hanya memperoleh sedikit keuntungan.

Keuntungan yang didapat setidaknya harus mengalami peningkatan dari penjualan sebelumnya. Hal tersebut akan memudahkan proses penyusunan strategi pemasaran.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui persentase keuntungan. Tetapi sebelum itu simak terlebih dahulu apa itu persentase penjualan dan tips meningkatkannya.

Pengertian Persen Penjualan dan Tips Meningkatkan

Cara menghitung persen penjualan merupakan sebuah kegiatan yang digunakan untuk menghitung aset di masa mendatang. Hasilnya akan digunakan untuk penyusunan laporan.

Laporan yang dimaksud adalah keuntungan, kerugian serta neraca. Persentase penjualan ini merupakan salah satu metode peramalan keuangan dalam dunia bisnis.

Pengertian dari penjualan itu sendiri adalah suatu kegiatan bisnis dalam memasarkan jasa atau produknya. Penjual memberikan barang kepada pembeli dengan harga tertentu.

Ada beberapa metode yang digunakan dalam melakukan penjualan seperti langsung atau bekerja sama dengan agen penjualan. Adapun tips meningkatkan penjualan adalah:

  1. Meluaskan Target Pemasaran

Tips pertama adalah perluas target konsumen Anda, cara ini dirasa ampuh agar penjualan mengalami peningkatan. Semakin banyak target pasarnya maka bisnis akan berkembang.

Agar target pasar mengalami perkembangan, maka tingkatkan juga proses promosi Anda. Lewat kegiatan promosi maka akan lebih banyak orang yang mengetahui produk tersebut.

Cara promosi yang paling mudah dan cepat adalah dengan bantuan media sosial. Sekarang juga banyak sosial media yang membuka layanan penayangan iklan bisnis.

Apalagi masyarakat suka bermain sosial media. Apabila promosi yang Anda lakukan menarik maka makin banyak peminatnya.

  1. Sering Mengadakan Promo Menarik

Mengadakan promo menarik juga termasuk salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan di perusahaan Anda. Apalagi masyarakat pasti senang dengan promo menarik.

Masyarakat selalu tertarik apabila membaca kata promo. Konsumen akan mencari tahu tentang promo tersebut dengan membuka akun bisnis Anda.

Agar lebih menarik perhatian pelanggan, berikan batasan waktu misalnya promo berlaku hanya tiga hari saja. Menggunakan cara akan menarik banyak orang untuk membeli produk.

  1. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen Setia

Istilah pelanggan setia digunakan untuk seseorang yang sering membeli produk dari suatu usaha. Jika Anda memiliki pelanggan seperti ini, maka jangan diabaikan.

Pelanggan tetap ini merupakan aset berharga yang berkaitan dengan grafik penjualan. Semakin banyak pelanggan setia maka penjualan produk juga ikut meningkat.

Tidak jarang pebisnis yang terlalu mengutamakan target pasar baru, akibatnya pelanggan lama merasa terabaikan. Khawatirnya konsumen tetap tidak mau lagi membeli produk Anda.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan tetap yang setia datang kembali. Seperti memberikan potongan harga, promo menarik, hadiah dan sebagainya.

  1. Berikan Garansi Tiap Produk

Ketika menggunakan cara menghitung persen penjualan dan Anda ingin menaikkan angkanya. Cobalah dengan memberikan garansi kepada pelanggan.

Biasanya garansi diberikan di toko barang elektronik seperti pembelian ponsel dengan garansi satu tahun. Adanya garansi ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mengembangkan usaha.

  1. Terapkan Sebuah Strategi Khusus

Mengelola bisnis berkaitan dengan bundling. Langkah penerapan strategi ini adalah dengan memberikan harga murah pada suatu produk yang tidak dibeli dalam eceran.

Mungkin Anda sering mendengar seperti beli 3 harganya lebih murah dibanding beli eceran. Konsep seperti ini akan membuat penjualan produk mengalami peningkatan.

  1. Tampilan Hasil Testimoni dari Konsumen Sebelumnya

Penting untuk mendapatkan review atau testimoni dari pelangan sebelumnya berguna untuk mempromosikan produk Anda. Karena itu pastikan kualitas produknya terjamin.

Semakin bagus kualitasnya maka hasil testimoni yang diberikan juga baik, hasil testimoni positif bisa ditampilkan di akun bisnis Anda. Hasil review tersebut menandakan bahwa usaha Anda terpercaya dan akan semakin banyak pelanggan yang membeli produk tersebut.

  1. Optimalkan Media Promosi

Tips terakhir agar dapat menaikkan angka penjualan adalah mengoptimalkan media promosi. Manfaatkan media online dengan sebaik-baiknya.

Lebih sering melakukan promosi secara online agar semakin banyak yang tahu tentang bisnis tersebut. Jangan hanya terpaku pada promosi offline saja.

Cara Menghitung Persen Penjualan dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui persentase penjualan menggunakan kalkulator, cara manual atau Microsoft excel. Untuk rumus umumnya adalah:

% = (jumlah yang ingin dicari) / (total keseluruhan) x 100%

Contohnya seperti di dalam kelas terdapat 50 orang dan 5 tidak lulus. Berapakah persentasenya?

5/50 : 100% = 10%

Jika Anda ingin cara menghitung persen penjualan cepat bisa menggunakan kalkulator. Langkah-langkahnya juga tidak berbeda dari yang sebelumnya, Anda bisa menulis 25% dari 80 berapa?

Anda bisa menulis seperti ini 25% x 80. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menghitung menggunakan aplikasi Microsoft Excel agar hasilnya lebih cepat, caranya sebagai berikut:

  1. Buka Microsoft Excel
  2. Rumus untuk mencari jumlah =10%*B1 (B1 merupakan kolom yang akan Anda hitung)
  3. Rumus besar persen menggunakan misalnya 20 berapa persen dari 50?

Anda dapat menuli 20/50 dan klik tanda (*) yang terdapat di menu bar

BACA JUGA: Jurnal Penjualan Tunai dan Jenisnya

Poin Penting Dalam Melakukan Penjualan

Setelah mengetahui cara menghitung persen penjualan berikutnya adalah mengenal poin penting dalam kegiatan menjual barang.

  1. Deskripsi Setiap Produk

Poin pertama adalah perhatikan detail informasi dari setiap produk. Sebagai pebisnis harus menuliskan informasi mengenai barang dagangannya agar konsumen tahu.

Biasanya deskripsi diberikan pada bagian kemasan barang. Seperti komposisi dan kandungan zat di dalamnya khusus produk makanan, tanggal expired dan sebagainya

  1. Keunggulan

Keunggulan produk juga menjadi poin penting pada penjualan. Keunggulan bisa menjadi sebuah ciri khas dari produk tersebut, apa yang berbeda dengan milik toko lainnya.

Jika akan membuka usaha pastikan Anda mengetahui bagaimana menghitung persentase tersebut. Ada banyak cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Pastikan juga bahwa Anda mengetahui poin-poin penting sebelum melakukan penjualan. Proses cara menghitung persen penjualan itu dilakukan sebelum melakukan promosi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!