Home » Mengenal Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi, Rumus dan Komponennya

Mengenal Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi, Rumus dan Komponennya

Persamaan dasar akuntansi (PDA) menjadi bagian penting dalam pembahasan akuntansi karena mampu mendeskripsikan kekayaan perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui utang, modal perusahaan dan berguna dalam pembukuan.

Setiap perusahaan tidak bisa terlepas dari yang namanya akuntansi karena berguna dalam menghitung keuangan perusahaan, baik laba, rugi, modal, biaya dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda wajib menyimak ulangan tentang materi akuntansi ini.

Mengenal Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Untuk pengertian PDA sendiri adalah suatu kalkulasi yang berfungsi untuk memproyeksikan kekayaan, modal dan hutang dari suatu perusahaan.

Kaidah umum akuntansi adalah adanya balance atau kesetimbalan antara sisi pengeluaran dengan pemasukan. Prinsip lain dari akuntansi adalah adanya keseimbangan antara liabilitas/ harta yang dimiliki perusahaan dengan tanggungan.

BACA JUGA:  Tugas dan Tanggung Jawab Financial Analyst yang Perlu Diketahui

Keseimbangan angka tersebut nantinya bermanfaat untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengatur finansial perusahaan. Untuk memahami lebih lanjut, Anda harus menyimak ulasan tentang prinsip, rumus, manfaat dan lainnya.

Prinsip dari Persamaan Dasar Akuntansi

PDA memiliki prinsip utama yang harus Anda ketahui agar semakin memahami konsep kerjanya. Bagi Anda yang belajar atau bekerja di bidang ini wajib mengetahui prinsip PDA karena sebagai ilmu yang membantunya dalam mengelola akuntansi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!