Home ยป Perbedaaan Notebook dan Laptop, Ini Cara Mengetahuinya

Perbedaaan Notebook dan Laptop, Ini Cara Mengetahuinya

Bagi pengguna awam mungkin akan sedikit bingung dengan perbedaaan notebook dan laptop yang perlu diketahui sebelum membeli. Sedangkan sebenarnya hanya dengan melalui kasat fisik saja perbedaan tersebut dapat terlihat dengan jelas sebelum bertanya kepada pelayan toko.

Perbedaan ini memang akan berpengaruh dari pembeli yang akan menggunakan perangkat tersebut dalam hal keperluan yang bagaimana. Untuk mengatasi permasalahan dari para pengguna terkait perbedaan kedua perangkat ini, maka berikut akan diuraikan penjelasan singkatnya.

Daftar Isi

1. Berat dan Tebal Perangkat

Yang paling pertama dan paling dapat dibedakan dari kedua jenis perangkat ini adalah terlihat pada berat dan tebalnya. Ketika kedua jenis benda pipih ini dihadapkan pada pengguna maka pengguna dapat melihat dengan jelas perbedaannya.

Ketika mencoba untuk mengangkatnya, notebook akan memiliki berat maksimal sekitar 2 kilogram dengan tebal maksimal 1 inci. Sedangkan laptop memiliki bobot yang lebih berat yaitu maksimal 5 kilogram dengan tebal maksimal hingga 2 inci.

2. Prosesor yang Terpasang pada Perangkat

Sebuah prosesor dihadirkan untuk dapat menjalankan perangkat dalam penggunaan keseharian yang diperlukan dalam menjalankan aplikasi misalnya. Dalam penggunaan prosesor dari kedua perangkat ini jelas berbeda dan bisa dilihat dari keterangan inti produk yang biasanya disediakan.

Pada notebook biasanya hanya menggunakan prosesor dengan seri Pentium dan Celeron saja yang memang menghemat daya. Sedangkan pada laptop penggunaan prosesor berjalan sudah semakin memadai dengan menggunakan Intel Core berbasis hingga kini pada jenis i9.

3. Dimensi Ukuran Layar

Perbedaaan notebook dan laptop berikutnya dapat terlihat dengan jelas melalui dimensi ukuran layar yang ada dalam lurus garis pandang. Dimensinya sendiri akan mudah diketahui karena pada toko umumnya perangkat akan ditampilkan dalam keadaan yang terbuka.

Notebook biasanya akan memiliki dimensi yang lebih kecil karena berkisar pada 13 sampai dengan 18 inci saja. Sedangkan laptop memang didesain dengan garis dimensi layar yang lebih besar yaitu dengan ukuran lebih dari 18 inch.

4. Kapasitas RAM yang Disediakan

Pada setiap perangkat sudah pasti akan disediakan RAM yang biasanya tersedia sebagai wadah penyimpanan berbagai file di dalamnya. Ukuran RAM ini sendiri memang beragam banyak ruangnya dan dapat ditambahkan pada ukuran yang berkelipatan ke depan.

Fokus yang diberikan notebook memang berbasis ringan untuk kesehatian sehingga RAM yang diberikan tidak lebih dari 4 GB saja. Sedangkan laptop yang biasanya digunakan untuk pekerjaan maka pengguna bisa mendapatkan RAM berukuran hingga 32 GB.

5. Ketersediaan DVD Room

Ada atau tidaknya DVD Room yang disediakan untuk pembacaan kaset bisa dijadikan perbedaan kedua perangkat ini. Meski banyak pengguna mengatakan fasilitas ini tidak begitu penting, namun banyak juga yang mengharuskan ada karena bisa saja diperlukan.

Pada perangkat notebook maka pengguna tidak akan menjumpai space untuk ruang DVD Room ini karena ukuran perangkat lebih minimalis. Sedangkan pengguna dapat menemukan ruang pembaca kaset ini pada perangkat laptop yang telah disediakan secara khusus.

6. Daya Tahan Baterai

Dalam hal ini maka notebook adalah pemenangnya karena memiliki kekuatan baterai yang tahan lama untuk digunakan sehari-hari. Sedangkan laptop dianggap lebih cepat habis karena operasi sistem yang memang lebih berat dibandingkan dengan perangkat satunya.

Demikian penjelasan terkait apa saja perbedaaan notebook dan laptop yang diharapkan dapat menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca. Dalam membelinya pun pengguna juga harus melakukan pengecekan terkait spek laptop yang ada dan dengan bantuan pelayan di sana.

error: Content is protected !!