Home » Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk dan Cara Mudah Mengatasinya

Sebagian besar pengguna Telkomsel mungkin pernah mengalami kuota gagal masuk padahal sudah melakukan pembelian melalui voucher, MyTelkomsel, atau platform lainnya. Adapun penyebab kuota Telkomsel tidak masuk ini bisa dikarenakan berbagai macam hal yang patut diketahui.

Kuota sendiri kini dapat dikatakan sebagai salah satu kebutuhan utama dalam aktivitas digital sehari-hari. Ketika proses masuk kuota terhambat, maka aktivitas digital pun dapat ikut terhambat. Untuk ulasan lebih lengkapnya, mari simak artikel berikut ini:

Kenali Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk

Di samping membuat aktivitas digital menjadi terganggu, kuota Telkomsel yang gagal masuk pun akan membuat pengguna mengalami kerugian secara finansial. Di mana untuk membeli kuota tersebut tentunya membutuhkan uang yang besarnya tergantung pada harga kuota.

Semakin besar kuota yang dibeli, semakin besar pula kerugian finansial yang akan dialami. Terlebih jika kuota tidak bisa dikembalikan. Lantas, apa saja yang bisa menyebabkan kuota Telkomsel tidak masuk? Simak dalam daftar di bawah ini:

  • Waktu berlaku voucher kuota yang sudah habis atau kedaluwarsa.
  • Salah memasukkan kode voucher kuota saat melakukan pengisian.
  • Kode voucher kuota mengalami kerusakan atau tidak valid.
  • Voucher kuota tidak bisa digunakan di daerah regional yang terdaftar.
  • Adanya kendala pada jaringan perangkat yang disebabkan faktor eksternal.
  • Terdapat kesalahan dan/atau perubahan pada setelan jaringan kartu SIM.
  • Terdapat kesalahan dan/atau perubahan pada setelan APN perangkat.
  • Kartu SIM Telkomsel yang belum di registrasi menggunakan KTP dan KK.
  • Nomor yang diisikan kuota sudah tidak terdaftar.
  • Sistem atau jaringan provider Telkomsel yang mengalami error.
  • Sistem provider Telkomsel yang sedang sibuk dikarenakan adanya perawatan (maintenance) atau penanganan atas error yang terjadi.

Ini Dia Cara Mudah Mengatasi Kuota Telkomsel Tidak Masuk

Apabila mengalami kendala seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangan dulu panik dan bertindak gegabah. Mengapa? Karena ada beberapa cara mengatasi kuota Telkomsel gagal masuk yang bisa dilakukan sebagai tindak penanganan utama. Perhatikan penjelasannya berikut ini:

1. Mengaktifkan Airplane Mode (Mode Pesawat)

Airplane mode merupakan fitur yang berfungsi menyetel ulang jaringan perangkat. Karena fungsinya tersebut, mode pesawat banyak dijadikan sebagai penanganan berbagai masalah terkait sinyal. Seperti untuk memperbaiki jaringan agar kuota bisa masuk melalui langkah-langkah penggunaan berikut:

  • Masuk ke menu “Settings” di perangkat.
  • Buka menu “Network & Internet”, atau ketikkan frasa ‘Airplane mode’ di kolom pencarian.
  • Setelah itu, klik opsi “Airplane Mode”.
  • Aktifkan fitur tersebut dengan mengklik tombol “ON”.
  • Jaringan akan terputus, diamkan keadaan ini selama 1 – 3
  • Kemudian, matikan kembali fitur dengan mengklik tombol “OFF”.
  • Jaringan akan terhubung kembali.

2. Mengubah Setelan APN

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa setelan APN yang tidak sesuai dapat menjadi salah satu penyebab kuota Telkomsel tidak masuk. Maka, mengubah setelan APN bisa menjadi solusi penanganan yang tepat. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” pada perangkat.
  • Setelah itu, tap menu “Kartu SIM & Data Seluler”.
  • Lanjutkan dengan memilih kartu SIM yang digunakan.
  • Ketuk submenu “Nama Titik Akses atau APN”.
  • Hapus APN yang tengah digunakan, lalu ubah ke default.
  • Setelan APN akan diatur ulang ke mode default.

Itu dia penyebab kuota Telkomsel dan beberapa cara mengatasinya yang perlu diketahui. Apabila cara yang dilakukan belum membuahkan hasil yang optimal, maka pengguna dapat mengajukan komplain secara langsung melalui layanan Customer Service di platform MyTelkomsel.

error: Content is protected !!