Home » WFH Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Tips Melakukannya

WFH Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Tips Melakukannya

Mulai populer sejak pandemi covid-19 melanda di Indonesia, WFH adalah istilah yang sebetulnya sudah lama digunakan namun baru hits sejak pandemi. Singkatan dari work from home atau bekerja dari rumah.

Aktifitas bekerja dari rumah sudah banyak dilakoni oleh para masyarakat sebelum pandemi berlangsung. Contoh freelancer yang bekerja secara remote, online shopper, agen asuransi, distributor produk kecantikan dan masih banyak lagi.

Kemudian istilah tersebut mulai ramai diperbincangkan dan langsung viral di media sosial sebab dilakukan secara massif. Sebagian besar perusahaan berkelas mulai mengalihkan aktifitas karyawan tidak lagi berada di kantor lagi.

Mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan prokes sekaligus kebijakan perusahaan demi keamanan operasionalnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai istilah WFH, plus minus serta tips menjalaninya dengan bahagia supaya tidak merasa terbebani dengannya.

Pengertian WFH Secara Umum yang Perlu Diketahui

wfh adalah

WFH adalah aktivitas bekerja yang semula dilakukan di kantor namun dipindahkan ke rumah. Setiap karyawan tidak diperkenankan masuk kantor melainkan tetap bekerja dari rumah sesuai aturan dan ketentuan perusahaan sekarang.

Meski dari rumah saja, namun setiap karyawan tetap absen pagi, standby dan menyelesaikan pekerjaan sampai jam kantor telah usai. Semua koordinasi dan rapat dilakukan jarak jauh menggunakan gadget secara daring.

Beban kerja tetap seperti kondisi normal, namun beberapa mekanisme memang mau tidak mau berubah menyesuaikan fasilitas. Sangat menggantungkan semua proses terhadap kualitas perangkat dan koneksi internet saat melakukan aktivitas tersebut.

Laptop, komputer atau tablet HP, Anda juga akan memerlukan koneksi internet lebih tinggi dan lancar dari pada biasanya. Situasi sekitar minimal mirip kondisi kantor saat jam kerja hanya tempatnya bebas.

Banyak dinamika dialami para pekerja dalam kondisi baru seperti ini. Ada yang langsung beradaptasi dengan baik namun tidak sedikit mengalami kesulitan karena sulitnya melakukan koordinasi secara langsung menggunakan jaringan internet.

Sosialisasi dengan lingkungan yang semula kurang, dapat Anda perbaiki dengan adanya work from home ini. Serasa mengembalikan keseimbangan pergaulan bersama orang-orang sekitar sama seperti Anda menjalin hubungan di lingkungan bekerja.

Bagi seorang lajang menghadapi kebiasaan baru bekerja dari rumah artinya jauh dari teman, sulit bersosialisasi. Circle pergaulan semakin menyempit, tidak jarang hal seperti ini menimbulkan stress yang berkepanjangan bagi karyawan.

Terlebih untuk pekerjaan yang menuntut fokus terhadap deadline padat, sedangkan untuk saling bekerja sama dengan rekan satu tim, satu divisi sulit dilakukan. Kendala perangkat, jaringan internet dan kesamaan waktu menghalangi.

Plus Minus Penerapan Work From Home

pengertian wfh adalah

WFH adalah kebiasaan baru bagi para karyawan kantor. Setiap hal baru yang dipaksakan langsung berjalan dalam waktu singkat tentu membawa konsekuensi tersendiri, yaitu bisa jadi positif bisa juga berlaku sebaliknya.

Kesenjangan antara pemilik fasilitas lengkap dan memadai dengan yang tidak. Sebab meski hidup di jaman digital tidak semua orang memiliki perangkat penunjang aktifitas seperti laptop, PC bahkan HP yang berkualitas.

Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan guna memperlancar semua proses, salah satu yang semakin ramai selama WFH adalah pemasangan jaringan wifi. Tagihan Anda akan bertambah karena digunakan secara intensif langsung.

Sisi positifnya lingkungan tempat bekerja jadi bisa di-setting sesuai keinginan. Tidak cepat bosan karena berhadapan dengan komputer, jadwal meeting, tumpukan file, dan pressure dari lingkungan sekitar langsung, semuanya semakin membebani.

Risiko paling buruk dari WFH adalah menurunnya produktivitas, cara kerja yang butuh fokus sangat mudah terdistraksi oleh orang-orang sekitar. Tercampur urusan pekerjaan rumah, mungkin juga gangguan dari anggota keluarga lain.

Namun disini tidak mengeluarkan biaya transportasi dan konsumsi. Cukup dari rumah, alokasi waktu harian lebih banyak, lebih santai tidak terburu jam masuk operasional kantor, begitu juga saat istirahat sedang berlangsung.

Anda dapat menjalankan ibadah dengan tenang tanpa memikirkan pekerjaan terpending, janji dengan klien dan sebagainya. Waktu makan lebih terjadwal dengan baik, Anda juga bisa mengatur sendiri asupan kalori setiap hari.

Dengan kata lain kelebihan WFH adalah meningkatkan kesehatan. Anda dapat work life balance secara otomatis dengan menjalankan pekerjaan dari rumah, terutama bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak merasa diuntungkan.

Efektifitas dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus

pengertian wfh adalah

Tujuan WFH untuk mencegah penyebaran virus corona yang mematikan ini. Perusahaan atas dukungan pemerintah, semua mengupayakan agar karyawan terhindar dari paparan penyakit yang sedang menjadi musuh bagi semua Negara.

Sebab kasus penularan masih tinggi dengan jumlah korban meninggal terus bertambah. Upaya mengendalikan laju penularan melalui penerapan WFH sudah tepat, sebab memenuhi standar protokol kesehatan yang sedang diatur saat ini.

Fokus penerapan WFH adalah untuk menghindari kerumunan, menjaga jarak antar karyawan dengan tidak saling bertemu. Sebab apabila dipaksakan masuk kantor hanya menjalankan prokes mencuci tangan dan memakai masker belum maksimal.

Aturan bekerja dari rumah memungkinkan setiap karyawan untuk meningkatkan stamina dengan menjaga imun. Terutama memperbaiki asupan gizi dan kalori dengan benar sehingga kebutuhan nutrisi terpenuhi dan terhindar dari berbagai penyakit.

Makanan yang didapat di area kantor selama bekerja bisa jadi kurang sehat, junk food, fast food kurang minum air putih. Selama WFH setiap karyawan dapat mengusahakan makanan sehat setiap hari.

Lebih banyak waktu untuk berolahraga, pagi hari, alokasi waktu yang biasa digunakan dalam perjalanan ke kantor bisa dimanfaatkan untuk aktivitas jogging. Sore hari selepas jam bekerja, bisa digunakan untuk yoga.

Jadi sebisa mungkin atur waktu dengan baik ketika melakukan work from home seperti ini. Anda harus bisa mengatur waktu untuk bekerja dan bersantai di rumah supaya hidup menjadi tetap seimbang.

Tips Selama Menjalani WFH

pengertian wfh adalah

WFH adalah adaptasi kebiasaan baru yang bisa jadi menimbulkan kebosanan. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini supaya menjalani hari-hari dengan lebih fun dan tetap produktif selama menjalankan kerja di rumah.

  1. Absen dengan tertib dan selalu online. Meski dari rumah, harus profesional, yaitu absen datang atau pagi hari dan sore hari dengan tertib, jadi posisikan sedang bekerja dengan beban seperti biasanya.
  2. Tentukan ruangan paling kondusif. Buat ruang kerja paling nyaman di sudut kamar, ruang baca, atau membuat pojok khusus sesuai selera, tambahkan beberapa perabot yang membuat Anda nyaman seperti vas bunga.
  3. Komunikasikan dengan anggota keluarga lain. Kesulitan WFH adalah menjaga produktivitas, perlu bekerja sama dengan anggota keluarga lain, komunikasikan bahwa pada jam-jam tertentu Anda harus bekerja, hal ini akan mengurangi distraksi.
  4. Siapkan cemilan ringan untuk menemani. Agar lebih fun, tidak tegang dan menjaga mood Anda boleh menyiapkan cemilan ringan asal sehat, siapkan cookies sebagai mood booster agar selama seharian bekerja bahagia.
  5. Jangan lupa untuk tetap aktif bergerak. Meski hanya bekerja di rumah saja, namun sebisa mungkin berikan waktu untuk bergerak supaya tetap sehat, seperti dengan minum air putih.

Sebisa mungkin pikiran positif tetap harus dijaga meski bekerja dengan kondisi minim koordinasi seperti ini. Jangan lupa untuk memastikan koneksi internet lancar sebab nyawa dari WFH adalah komunikasi secara online.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!