Home » Warehouse Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Petugas Warehouse

Warehouse Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Petugas Warehouse

Warehouse adalah salah satu pekerjaan yang telah berkembang dengan baik. Sudah mulai banyak diburu karena mudah tapi gajinya menguntungkan. Apalagi setiap daerah di Indonesia pasti membutuhkan petugas gudang.

Hal ini disebabkan karena ekspedisi akan menyebar di seluruh negeri. Belum lagi adanya toko online atau marketplace yang banya dipakai. Harus mengirim secara cepat sesuai dengan estimasi dari ekspedisi tersebut.

Harus diketahui meski hanya bekerja di gudang, nyatanya tidak semudah itu. Banyak sekali tugas yang wajib dilakukan para staf setiap harinya. Jangan hanya membayangkan melakukan pembongkaran atau pengangkutan paket semata.

Mulai dari pembongkaran sampai mencatat dokumen bakal dilakukan tanpa henti. Apalagi saat hari sibuk, maka pekerjaan jauh lebih banyak. Tidak heran jika tanggung jawab para staff juga tergolong cukup besar.

Warehouse Adalah Pekerja Gudang Ekspedisi

pengertian Warehouse

Berbagai perusahaan ekspedisi saat ini selalu membutuhkan tenaga kerja baru. Terutama yang tujuannya ditempatkan pada gudang berbagai wilayah. Bahkan setiap kota membutuhkan puluhan bahkan ratusan pekerja baru.

Warehouse adalah orang yang melakukan pengecekan atau pemantauan pada gudang. Selain itu akan melakukan ceklis pada dokumen atau formulir pekerjaan. Tentunya berisi mengenai laporan kegiatan atau aktivitas.

Umumnya mereka mencatat jumlah paket beserta tempat tujuannya. Ditambah mencatat dan menempatkan sesuai dengan tujuan dari paket tersebut. Semua dilakukan secara cepat dan tepat tapi membutuhkan sifat hati-hati.

Karena butuh detail, maka orang awam atau amatir tidak mungkin dapat melakukannya langsung. Melainkan butuh pengalaman serta pelatihan. Biasanya terlebih dulu menjadi intern sehingga paham mengenai semua tugasnya.

Harus Anda pahami kalau staf gudang tidak hanya bekerja mengurus paketan online shop. Melainkan logistik lain yang dipakai perusahaan atau bisnis. Misalnya menyimpan bahan baku sudah jadi maupun setelah jadi.

Warehouse adalah tempat penyimpanan berbagai macam bentuk logistik yang tujuannya dijual. Berbagai bahan baku mentah juga dapat disimpan disini. Tentunya harus menyesuaikan dengan suhu atau temperatur agar awet.

Mereka bertugas mengecek keadaan dan stok setiap barang atau bahan yang disimpan. Terutama supaya tidak kekurangan stok sehingga tetap ada. Apalagi jika berhubungan dengan restoran atau pabrik makanan besar.

Banyak orang bilang kalau kebutuhan pada perusahaan bisa terbanyak untuk urusan gudang. Apalagi memang ditujukan untuk menjaga isi di dalamnya. Hasilnya tidak mungkin mengalami kerusakan atau kekurangan.

Tugas Staf Gudang Dalam Ekspedisi

Warehouse Adalah

Kalau Anda berencana ingin melamar pekerjaan sebagai staf gudang, harus tahu dulu apa saja tugasnya. Tentunya supaya tidak merasa keberatan setelah diterima. Lalu dimungkinkan mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik.

  1. Menyiapkan Pesanan

Tugas pertama yaitu menyiapkan pesanan serta memprosesnya sekaligus. Bukan hanya itu, tapi harus menjadi pihak yang melakukan pengiriman. Tidak hanya sekedar melakukan pembungkusan paket belaka saja.

Melainkan nantinya wajib tetap mempertahankan kualitas dari layanan mereka. Meski melakukan pengemasan secara cepat, tidak kesalahan akan dihindari. Apalagi mereka harus menyesuaikan dengan standar perusahaan.

  1. Memperhatikan SOP

Memperhatikan SOP juga menjadi tugas yang tidak akan dilupakan setiap hari. Sudah ada regulasi khusus yang dibangun oleh perusahaan. Harus dijalankan sesuai dengan ketentuan tanpa menyalahi aturan.

Warehouse adalah tempat yang terbilang sangat profesional dalam bekerja. Tidak heran jika SOP tidak mungkin ditinggalkan dalam segala aktivitasnya. Apalagi fungsi lain sebagai pencipta lapangan kerja lebih aman dan nyaman.

  1. Mencatat Administratif

Mencatat administratif akan dilakukan dalam inventaris barang atau produk. Tentunya mencakup banyak hal seperti jenis, kode sampai jumlah produknya. Harus sesuai tanpa ada kekurangan maupun kelebihan.

Selain itu setelah melakukan pencatatan, mereka harus sambil merapikan setiap barang. Tentu yang memang akan dikirimkan ke konsumen. Bukan hanya itu, tapi barang atau produk yang terlihat kurang rapi.

  1. Koordinasi

Koordinasi akan dilakukan pada setiap pihak yang bekerja disini. Misalnya dengan para pengawas administrasi. Selain itu akan memberikan juga tambahan koordinasi dengan pengawas yang tugasnya mencatat persediaan produk.

Tidak ketinggalan akan mencoba melakukan distribusi dalam penjagaan terbaik. Makanya sebelum melewati ekspedisi, akan tetap dijaga pada tempatnya. Akan membuat pengaturan sendiri supaya tetap aman.

Tanggung Jawab Bagi Petugas Warehouse

Pengertian Warehouse

Jika kita berbicara mengenai apa saja tanggung jawabnya, maka terdapat beberapa poin penting seperti kecepatan, efisiensi, efektivitas sampai kehandalan. Keempatnya akan menjadi unsur atau atribut penting setiap staff.

Khusus untuk kecepatan sendiri akan mengatur kebutuhan pasar saat ini. Tidak boleh sampai kehabisan stok sehingga akan menambah terus sebelum habis. Apalagi jika terdapat perubahan permintaan dari pelanggan.

Warehouse adalah pekerjaan yang selalu butuh kecepatan soal manajemen. Makanya mereka harus memiliki sifat yang kompetitif dalam bekerja. Tidak boleh kalah atau bahkan mengalah dibandingkan dengan para kompetitor.

Sementara itu untuk efisiensi yaitu soal pengurukan rantai pasokan dalam gudang. Akan terus mengukur sambil meningkatkan kualitas stok. Tentunya harus lebih baik serta berkualitas dibanding dengan sebelumnya.

Umumnya akan memiliki staf khusus untuk mengatur manajemen. Biasanya hanya pekerja yang sudah berpengalaman cukup lama. Hal ini juga sama halnya dengan efektivitas yang akan digabungkan dengan efisiensi.

Kalau untuk efektivitas, maka akan diatur supaya konsumen mampu mengakses produk dengan baik. Tanpa kesulitan mencari atau memutar lama. Sudah disajikan pada kolom atau tempat tepat oleh petugas Warehouse.

Terakhir, dibutuhkan juga kehandalan yang berhubungan dengan informasi. Belum lagi soal komunikasi serta eksekusi dari para pekerja. Tujuannya supaya semua kegiatan yang mereka lakukan berakhir dengan baik.

Kalau kita melihat tugas serta tanggung jawab, bisa dibilang tidak terlalu sulit. Apalagi sebelumnya para staf telah dibekali dengan pelatihan. Makanya Warehouse adalah pekerjaan yang tidak begitu sulit.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!