Home » Tunjangan Adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsi Tunjangan Bagi Karyawan

Tunjangan Adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsi Tunjangan Bagi Karyawan

Dalam dunia kerja tunjangan adalah hak bagi setiap karyawan atas jerih payahnya dalam menyelesaikan segala pekerjaannya. Karenanya tidak jarang dikenal juga dengan sebutan kompensasi kerja, bisa diberikan secara langsung maupun tidak langsung.

Besarannya disesuaikan dengan berbagai pertimbangan, mulai dari peraturan perundang – undangan, kondisi perusahaan, hingga jenis tunjangannya itu sendiri. Bahkan bisa melebihi gaji pokoknya, inilah salah satu yang membuat pencari kerja membidik sebuah perusahaan.

Namun berbeda dengan gaji, wajib dibayarkan oleh perusahaan setiap rentang waktu tertentu, tunjangan tidak bersifat wajib. Karenanya tidak sedikit perusahaan yang tidak banyak memberikannya pada karyawannya. Lantas sebenarnya apa sih tunjangan itu?

Pengertian dari Tunjangan Adalah

Secara umum tunjangan (Allowance) merupakan sebuah pendapatan tambahan dari perusahaan tempatnya bekerja di luar gaji pokok. Pemberiannya didasarkan atas beberapa hal, mulai dari jabatan, kinerja, tugas tertentu, atau pertimbangan lainnya.

Karena sifatnya yang demikian sering juga disebut sebagai kompensasi kerja, atau sebuah imbalan balas jasa atas segala bentuk produktivitasnya selama berada di kantor. Tujuannya selain memberikan penghargaan juga meningkatkan motivasi karyawannya.

Apabila diklasifikasikan berdasarkan penerimaan manfaatnya, allowance ini terbagi menjadi dua, yaitu tunjangan langsung dan tidak langsung. Langsung berarti dirupakan dalam bentuk uang, biasanya diberikan bersamaan dengan gaji atau terpisah.

Sedangkan tunjangan tidak langsung dapat berupa manfaat lain selama menjadi karyawannya. Contohnya mendapatkan layanan jaminan kesehatan, asuransi, keanggotaan gym, makan siang, dan berbagai bentuk lainnya.

Berdasarkan frekuensinya pembagiannya dapat dikelompokkan menjadi tetap maupun tidak tetap. Tetap berarti mesti didapatkan, tidak terpengaruh oleh kinerja maupun faktor produktivitas lainnya. Sedangkan tidak tetap berarti tidak mesti ada, bergantung program atau jenis tugasnya.

Mengenal Jenis – Jenis Tunjangan Lebih Jelas

Mengingat tunjangan adalah kompensasi kerja yang disesuaikan dengan berbagai pertimbangan perusahaan, tentu terdapat beberapa jenis – jenisnya. Apabila dikelompokkan akan banyak sekali, namun beberapa jenis berikut cenderung umum untuk diberikan.

1.      Tunjangan Jabatan

Kompensasi jenis pertama didasarkan pada tingkatan atau jabatan kerjanya, hal ini karena dipandang bahwa semakin tinggi pangkatnya, maka semakin berat juga bebannya. Untuk besarannya bagi PNS sudah diatur dalam PP No. 26 tahun 2007, pada swasta bergantung perusahaannya.

2.      Kompensasi Pensiun

Ketika karyawan sudah tidak lagi bekerja maka akan kehilangan sumber penghasilannya, terlebih ketika sudah tua. Untuk bisa menyejahterakan karyawannya di hari tuanya, akan mendapatkan jaminan hari tua, sehingga tidak perlu khawatir masalah ekonomi ketika sudah tua.

3.      Tunjangan Keluarga

Seorang karyawan yang sudah berkeluarga memiliki kewajiban tidak hanya membiayai dirinya sendiri, tetapi juga keluarganya. Agar karyawannya bisa lebih fokus, maka biasanya perusahaannya memberikan insentif ini. Biasanya diberikan untuk istri dan anak – anaknya.

4.      THR

Bentuk pendapatan satu ini sudah sangat familiar sekali, bahkan sudah populer dengan sebutan gaji ke 13. Diberikan ketika mendekati hari perayaan keagamaan, besarannya berdasarkan keputusan pemerintah sebesar 1 x gaji pokok bulanan.

5.      Kompensasi Akomodasi

Tunjangan adalah pendapatan tambahan, karenanya terkadang juga tidak diberikan secara tetap. Jenis ini paling tepat untuk menggambarkannya, karena diberikan ketika mendapatkan tugas tertentu saja. Seperti ketika sedang dinas atau mengerjakan tugas ke luar kota.

6.      Kompensasi Makan Siang

Ada banyak cara untuk menunjang produktivitas karyawan serta tetap menjaga kebugarannya, yaitu memberikan akomodasi untuk makan siang. Biasanya dirupakan dalam bentuk makanan langsung, seperti catering, atau uang untuk membeli makan siangnya.

7.      Tunjangan Kinerja

Manajemen biasanya memberikan target kepada para karyawannya, contohnya harus mencapai sekian penjualan dan penawaran. Ketika bisa mencapai target tersebut biasanya akan mendapatkan hadiah atau penghargaan tertentu, ini adalah salah satu bentuk tunjangannya.

8.      Tunjangan Kesehatan

Produktivitas merupakan hal prioritas bagi setiap karyawan, hal ini perlu ditunjang dengan kesehatannya, karena ketika tubuh sehat bisa bekerja secara maksimal. Bentuknya bisa beragam seperti memberikan medical check up rutin atau mendaftarkannya ke asuransi.

9.      Kompensasi Umum

Ketika sebuah jabatan tinggi mendapatkan tunjangannya, begitu juga bagi yang tidak menduduki jabatan – jabatan fungsional, berhak mendapatkan tunjangannya juga. Inilah yang disebut dengan kompensasi umum, besarannya disesuaikan golongannya (untuk PNS).

Fungsi Tunjangan Bagi Para Karyawan

Fungsi tunjangan adalah peranan dari pemberian manfaat tersebut pada karyawan, beberapa menganggap bahwa itu hak saja, tetapi peranannya lebih dari itu. Bahkan sangat menunjang keberhasilan atau keberlangsungan perusahaan dalam jangka waktu lama, berikut detailnya.

1.      Meningkatkan Produktivitas

Ada banyak faktor penentu produktivitas seseorang, salah satunya adalah konsentrasi. Ketika seseorang mampu berkonsentrasi, seluruh pekerjaannya dapat terselesaikan secara baik, bahkan lebih produktif lagi.

Syaratnya adalah tidak lagi terpikirkan hal di luar tugasnya, seperti tidak lagi khawatir tentang kondisi ekonominya, kesehatannya, keamanan keluarganya, kenyamanan di masa tua, dan lain sebagainya. Di sinilah peranan besar tunjangan bagi karyawan.

2.      Menjaga Mental Karyawan

Salah satu penyebab stress paling besar adalah kondisi finansial, desakan kebutuhan tinggi serta kondisi finansial kurang memadai membuat seseorang rawan terserang kesehatan mentalnya.

Memiliki jaminan finansial yang aman bisa mengurangi potensi terganggunya mental karyawan. Selain untuk memenuhi kebutuhan juga bisa digunakan sebagai sarana refreshingnya.

BACA JUGA: Apa Itu Continuous Improvement dan Cara Melakukannya

3.      Mempertahankan Karyawan Berkualitas

Fungsi lainnya dari tunjangan adalah menjaga karyawan – karyawan berkualitasnya, sumber daya manusia adalah aset berharga perusahaan. Memiliki orang kompeten tentu berpengaruh signifikan terhadap kemajuan perusahaannya, karenanya tentu ingin agar karyawannya tetap bertahan.

Insentif atau pemberian kompensasi yang sesuai dengan kontribusinya tentu akan membuat karyawannya betah serta fokus mengembangkan perusahaannya.

Tonggak terpenting dalam menjalankan sebuah perusahaan selain teknologi adalah sumber daya manusianya. Melaluinya berbagai inovasi tercipta dan bersaing dengan kompetitornya. Peran tunjangan adalah menjaga agar SDMnya tetap termotivasi dan produktif

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!