Home » Seminar Adalah: Pengertian, Ciri, Fungsi dan Unsur-Unsurnya

Seminar Adalah: Pengertian, Ciri, Fungsi dan Unsur-Unsurnya

Seminar adalah hal yang tidak asing lagi di kalangan para akademisi. Anda semua tentu pernah berpartisipasi di dalam acara satu ini bukan?

Ada banyak sekali manfaat bisa Anda dapatkan dari partisipasi di dalamnya. Salah satu poin terpenting tentu saja pengetahuan dan pengalaman yang diberikan oleh para mentor pada seminar atau forum tersebut.

Namun tidak semua orang menganggap jika forum pertemuan satu ini adalah hal yang penting. Beberapa di antaranya justru beranggapan jika seminar adalah hal yang sepele dan tidak memberikan benefit apapun.

Ini tentunya merupakan pemahaman salah tentang seminar itu sendiri. Karenanya penting bagi Anda semua untuk mengenal forum satu ini lebih jauh lagi.

Pengertian Seminar Secara Etimologi dan Konotatif

Sebelum melakukan pembahasan lebih lanjut, hal penting pertama untuk dipahami adalah pengertian dari seminar. Dikutip dari berbagai sumber, seminar merupakan sebuah pertemuan dihadiri oleh sekelompok orang untuk membahas permasalahan tertentu dan menemukan solusinya.

Umumnya di dalam forum pertemuan ini menghadirkan sosok ahli atau mentor berpengalaman di dalam bidang tersebut dengan harapan bisa memberikan solusi terbaik dari permasalahan atau materi pembahasan. Tidak hanya satu orang, terkadang ada beberapa narasumber sekaligus.

Secara etimologi, kata seminar sendiri berasal dari bahasa latin. Asal katanya adalah seminarium. Arti dari kata satu ini adalah tempat untuk menanam benih.

Namun jika diartikan secara konotatif, seminar adalah tempat untuk menebar benih ilmu. Benih tersebut kemudian akan tumbuh di berbagai tempat nantinya dan bermanfaat untuk banyak orang.

Ciri-ciri Seminar yang Harus Anda Ketahui

Jika hanya sekedar perkumpulan, maka tidak selalu bisa dikatakan sebagai seminar. Tidak bisa disangkal, memang ada beberapa ciri khusus dari forum tersebut sehingga membuatnya berbeda dari perkumpulan biasa.

Dengan perbedaan tersebut, Anda bisa menilai mana pertemuan dengan kategori seminar dan mana pertemuan dengan kategori yang tidak sesuai. Berikut ini beberapa ciri tersebut :

  1. Berbentuk Forum

Ciri utama dari seminar adalah berbentuk forum baik itu terbuka atau tertutup. Artinya ada beberapa unsur pendukung pada forum tersebut dari mulai penyaji, pengatur dan pendengar sehingga bisa terlaksana.

Di antara unsur-unsur tersebut adalah terdapat seorang mentor sebagai main speaker, kemudian ada moderator dengan bertugas mengatur jalannya acara. Ada audiens sebagai pendengar pemateri dan ada materi yang disampaikan di dalamnya.

Jadi ada interaksi khusus di dalam forum tersebut dan menghasilkan sebuah komunikasi dua arah antara audiens dan pembicara. Ada juga sesi tanya jawab di dalamnya sehingga semua materi bisa benar-benar dipahami oleh para audiens.

  1. Mengacu Pada Makalah

Ciri lain pada seminar adalah selalu mengacu pada makalah. Jadi semua tema pembahasan di dalam sesi pembicaraan mengacu pada materi dari para penyaji. Hal tersebut akan membuat materi pembicaraan jadi jauh lebih tajam dan mendalam.

Jika materi tidak dipersiapkan dengan sungguh-sungguh, tentu saja ada banyak kerugian di dalam forum itu sendiri. Salah satunya adalah pihak penyaji tidak bisa memberikan materi dengan maksimal dan para audiens tidak mendapatkan ilmu mutlak dari perkumpulan.

  1. Isu Ilmiah Menjadi Topik Utama

Seminar adalah sarana untuk mengangkat berbagai jenis isu ilmiah saat ini. Bukan tanpa alasan, isu ilmiah memang menjadi salah satu materi yang jarang dibahas oleh orang-orang.

Salah satunya adalah karena bobot materinya sendiri memang tidak ringan. Diperlukan pembahasan secara mendalam untuk memahami materi di dalam setiap sesi pembicaraan tersebut.

Karena itu perkumpulan selalu melibatkan orang-orang dengan pengalaman matang di dalam bidang keilmuan tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas forum itu sendiri dari sisi materinya.

Jenis dan Fungsi dari Seminar

Jenis dan fungsi dari seminar tentu saja sangat beragam. Hal ini biasanya disesuaikan dengan jenis materi pembahasan di dalamnya, berikut ini beberapa jenis seminar yang harus Anda ketahui.

  • Seminar Motivasi Bisnis atau Pemasaran

Di dalam seminar pemasaran atau bisnis ini, pasti akan di datangkan narasumber dengan pengalaman matang. Terutama di dalam strategi marketing dan cara membangun bisnis sampai sukses.

Biasanya pemilik bisnis juga akan membagian buku atau produk lain yang bisa menunjang bisnis menuju ke arah lebih baik. Umumnya pada audiens di dalam jenis perkumpulan satu ini adalah pebisnis juga.

  • Seminar Pendidikan atau Edukasi

Di dalam forum pertemuan satu ini akan dijelaskan hal-hal berkaitan dengan keilmuan tertentu dan bersumber pada ahlinya. Jenis forum seperti ini biasanya dihadiri oleh para akademisi.

  • Seminar Inspirasi

Jenis perkumpulan lainnya adalah seminar inspirasi yang biasanya dihadiri oleh kalangan umum. Hal ini dikarenakan materi pembahasan memang jauh lebih umum dan luas, jadi materinya jauh lebih mudah dipahami.

Jika dilihat dari ruang lingkupnya ada dua jenis lain untuk diketahui. Jenis pertama adalah seminar tertutup dengan target audiens tertarget pada orang-orang dengan minat tertentu, sedangkan jenis lainnya adalah seminar umum.

Penting bagi Anda untuk memahaminya dengan baik agar bisa memaksimalkan materi apapun dari perkumpulan ini. Secara umum, ada beberapa tujuan atau fungsi dari pelaksanaannya, langsung saja ini di beberapa fungsi dari acara ilmiah satu ini :

  • Menyampaikan informasi bersifat ilmiah kepada khalayak ramai
  • Memaksimalkan pengembangan informasi tersebut di kalangan masyarakat melalui para peserta
  • Memberikan solusi terkait berbagai permasalahan ilmiah yang muncul di masyarakat saat ini
  • Membantu para peserta untuk menyampaikan informasi ilmiah tersebut untuk diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan beberapa tujuan dan fungsi dari seminar tersebut, tidak heran jika kemudian ada banyak sekali orang rutin mengikutinya saat ini. Tentu saja Anda juga harus mulai berpartisipasi di dalamnya karena benefit yang bisa didapat dari acara ini sungguh tidak main-main.

Di sisi lain Anda juga bisa menjadikan acara ini sebagai sarana untuk mendapatkan relasi baru. Ada banyak orang dengan pemikiran sama di dalamnya. Siapa tahu Anda bisa bekerja sama dengan pebisnis tersebut dan menghasilkan karya ilmiah dengan manfaat begitu besar terhadap masyarakat masa kini.

Pihak yang Terlibat dalam Seminar

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, seminar adalah sebuah wadah untuk menyampaikan pemikiran. Karena menjadi wadah, tentu saja ada banyak pihak terlibat di dalam acara satu ini, berikut ini beberapa pihak yang mutlak terlibat di dalam sebuah acara seminar.

  1. Pembawa Acara

Pihak pertama adalah pembawa acara. pihak satu ini berperan sebagai master of ceremony. Dengan tugas untuk membuka acara, memperkenalkan narasumber, moderator, notulen dan menutup acara itu sendiri.

  1. Moderator

Pihak lain di dalam seminar adalah moderator, sosok satu ini memiliki peranan sebagai penanggung jawab kelancaran acara. Dia juga bertugas untuk mengatur setiap sesi acara agar berjalan sesuai estimasi waktu yang sudah disepakati.

  1. Pembicara

Sosok lain yang ada di dalam acara ini adalah pembicara atau pemateri. Tugasnya tentu saja memberikan materi sesuai dengan skill atau keahliannya.

Di dalam sebuah seminar, pembicara ini menjadi daya tarik utama. Semakin berkualitas pembicara yang ada, akan semakin berkualitas juga isi acara tersebut.

  1. Audiens

Sosok lain yang ada di dalam acara ini adalah audiens atau pendengar. Audiens ini berperan sebagai penerima materi yang diberikan oleh narasumber dan akan memberikan tanggapan nantinya.

Jadi semua informasi yang dipaparkan oleh penyaji atau pemateri akan diserap. Setelahnya audiens akan memberikan tanggapan untuk setiap permasalahan yang diberikan oleh pemateri.

  1. Notulen

Sosok terakhir yang ada pada seminar biasanya notulen. Tugasnya adalah untuk mencatat dan merangkum semua hal penting yang disampaikan oleh pemateri.

Notulen juga bisa dianggap sebagai dokumenter pada setiap sesi acara yang dilaksanakan. Apapun jenis acara yang dilakukan, sebaiknya Anda coba berpartisipasi di dalamnya.

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapat pada setiap sesi acara yang dilakukan. Seminar adalah jendela ilmu, Anda yang berpartisipasi pasti akan selangkah lebih maju daripada yang tidak mengikuti seminar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!