Home » Self Improvement Adalah Upaya Mencapai Sukses dengan Mudah

Self Improvement Adalah Upaya Mencapai Sukses dengan Mudah

Self improvement adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk melakukan peningkatan hingga akhirnya mendapatkan perubahan dalam dirinya. Hal tersebut dilakukan dengan pengembangan bakat dan potensi, meningkatkan kualitas hidup, serta memahami diri.

Anda pasti pernah mendengar sebuah pepatah “hari ini harus lebih baik dari kemarin”. Pepatah tersebut tentu bukanlah tentang cuaca namun, tentang diri sendiri untuk melakukan hal lebih baik dihari berikutnya.

Perbaikan individu sendiri merupakan suatu tanggungan bagi individu masing-masing. Hal itu dikarenakan melakukan peningkatan serta pengembangan diri dilakukan atas kemauan Anda dan bukan berasal dari orang lain.

Pengembangan diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, dan harus dilakukan oleh semua orang. Karena sebuah perbaikan akan membantu Anda untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Selain dapat membantu Anda untuk menemukan dan mencapai jalan menuju kesuksesan, Self improvement adalah pemberi dampak positif pada kesehatan mental agar lebih dapat menerima keadaan.

Self Improvement Sebagai Pengubah Hidup

Didefinisikan sebagai perbaikan diri yakni dalam hal peningkatan pengetahuan, status, atau karakter dari seseorang dengan upaya sendiri. Perbaikan diri akan berhasil apabila dimulai dengan kesadaran dan kemampuan untuk mengubah kebiasaan.

Kesadaran sendiri merupakan faktor penting dalam keberhasilan perbaikan diri. Selain itu, Anda perlu menetapkan tujuan dengan spesifik yang nantinya dapat ditindaklanjuti sehingga mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Tanpa disadari apabila Anda melakukannya dengan kesadaran serta tujuan yang jelas, di mana nantinya akan mendapatkan cara dan kemampuan untuk menggapainya. Hal tersebut otomatis tersistem di alam bawah sadar Anda.

Self improvement adalah melakukan pengembangan dan perbaikan diri Anda dan nantinya mendapatkan peluang baru diberbagai kesempatan. Hal tersebut membantu Anda mengenali potensi yang ada dan memberikan kesempatan mengembangkannya.

Melakukan pengenalan diri hanya dapat dilakukan oleh sendiri, walaupun terkadang memberikan penilaian terhadap Anda. Orang tersebut hanya memberikan penilaian tentang apa yang dilihat, sedangkan Anda masih memiliki hal tidak terlihat.

Mengatasi berbagai masalah dan melakukan perjuangan permasalahan tersebut juga hanya dapat dilakukan oleh diri sendiri. Anda hanya perlu mengubah pikiran tentang hal sulit yang ingin diubah.

Self Improvement Adalah Memulai Hal Baru

Dalam melakukan upaya peningkatan kualitas pribadi sehingga mendapatkan hal yang ingin dicapai dapat memulainya dengan aktivitas sehari-hari. Anda dapat memulainya dari kegiatan terkecil seperti membereskan tempat tidur.

Manfaat melakukan pengembangan dan perbaikan diri akan menambah kualitas sehingga dapat memberikan pelayanan dan peran lebih baik. Hal tersebut sangat berguna dalam menciptakan hubungan harmonis antar sesama.

Cara paling mudah memulai proses perbaikan diri yakni memperbaiki kualitas tidur. Tidur larut malam dapat mengurangi waktu istirahat, sehingga keesokan harinya akan mengantuk dan tidak dapat menjalani hari dengan baik

Kebiasaan lain untuk membantu mengembangkan diri adalah dengan membaca buku disetiap harinya. Buku sendiri merupakan sumber dari berbagai ilmu di mana dengan membacanya akan menambah wawasan.

Self improvement adalah lebih peka terhadap sekeliling, salah satu cara melakukan perbaikan pribadi. Anda dapat memulai hal tersebut dengan memberikan sapaan, tersenyum serta melakukan kontak mata saat bertemu orang lain.

Cara mudah lainnya dalam mensukseskan kegiatan perbaikan diri adalah tidak pelu memusingkan hal sepele. Semua orang tentu pernah mendapati masalah sepele yang membuat pusing sehingga hati tidak enak.

Terlalu memusingkan hal sepele tentu tidak akan pernah mendapatkan ketenangan hati dan selalu khawatir. Perbaikan diri adalah jalan keluar dari permasalahan tersebut sehingga dapat dengan tenang.

Selain itu, dikelilingi dengan orang yang beraura positif juga akan membantu dalam memotivasi untuk menjalani hidup. Berada di sekitar orang positif tentu akan membuat terus bersemangat dalam mengejar tujuan.

Perlunya penanaman pada diri bahwa fokuslah pada hasil bukan prosesnya. Banyak anggapan bahwa sebuah proseslah yang terpenting, namun prinsip tersebut membuat beberapa orang akhirnya menganggap hasil tidak penting.

Rekomendasi Beberapa Film dalam Membantu Self Improvement

Self improvement adalah suatu proses pengembangan dan perbaikan di mana membutuhkan dorongan untuk menyemangati perjalanan memperbaiki diri. Beberapa film akan mengubah cara pandang dalam memandang kesehatan, kekayaan, kesejahteraan bahkan kekreatifan.

Film menurut Kami akan memberikan inspirasi serta memotivasi dalam melakukan perbaikan individu dan mengejar tujuan hidup. Dari cerita yang berbeda, ide baru untuk memperbaiki diri tentu akan muncul.

1.      Southpaw

Penggambaran film tersebut tentang proses bangkitnya seseorang dari kekalahan atas diri sendiri. Di mana menceritakan seorang petinju yang sedang berusaha bangkit setelah banyak mengalami kemalangan.

Southpaw akan menularkan semangat dari seorang petinju tersebut untuk bangkit kembali dan menjalani kehidupan seperti sebelumnya. Selain itu, dapat juga mengajarkan Anda tentang cara berdamai dengan diri sendiri.

2.      Happy

Film Happy membawa Anda ke dalam sebuah perjalanan rawa-rawa Lousiana menuju daerah kumuh Kolkata. Perjalanan tersebut dilakukan untuk mencari apa yang sebenarnya dapat membuat orang bahagia.

Pada film ini terdapat beberapa kegiatan self improvement adalah menetapkan tujuan hidup untuk membuat diri sendiri bahagia. Dilakukan dengan pengenalan serta pemahaman diri tentang apa yang ingin dikejarnya.

3.      A Documentary About the Important Things – Minimalism

Menjalani hidup dengan gaya minimalis mungkin berbeda dengan prinsip kehidupan orang lain masa kini. Di mana banyak orang lebih memilih hidup dengan kelebihan barang dalam banyak hal.

Dalam film tersebut digambarkan bahwa barang-barang konsumtif tidak membuat bahagia dalam jangka panjang. Sifat barang tersebut adalah sementara karena, sebagai manusia tentu tidak akan pernah merasa puas dengan yang dimilikinya.

Sebuah upaya mendekati diri sendiri untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di masa mendatang dengan jabatan atau karakteristik lebih baik. Self improvement adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!