Home » Purchasing Adalah: Berikut Pengertian, Tugas dan Berbagai Tahapannya

Purchasing Adalah: Berikut Pengertian, Tugas dan Berbagai Tahapannya

Purchasing adalah sesuatu yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Purchasing merupakan proses untuk melakukan pembelian baik berupa barang atau jasa dari pihak ketiga.

Di dalam sebuah proses produksi pastinya membutuhkan bahan baku, di sinilah tugas bagian purchasing yaitu menyiapkan segala sesuatu yang perlu untuk dibeli. Mungkin Anda akan mengira bawa menjadi purchasing akan mudah.

Akan tetapi pada kenyataannya, ini tidak semudah yang Anda bayangkan, mungkin saja ketika akan membeli sebuah barang atau jasa pada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Tidak semua perusahaan memiliki sumber daya yang cukup ketika akan membeli bahan baku.

Untuk itu, bagian purchasing harus bisa menyesuaikan dana yang dimiliki, sesuai dengan kebutuhan. Anda harus berusaha mencari barang atau jasa sesuai spesifikasi yang dibutuhkan dan dengan harga seminimal mungkin.

BACA JUGA:  Outsourcing Adalah: Berikut Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Purchasing adalah salah satu pekerjaan yang sangat menantang. Alasan utamanya mengapa pekerjaan ini menantang yaitu adalah membutuhkan kemampuan yang baik dalam bernegosiasi dan menjalin kerjasama dengan orang lain.

Salah Satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang yaitu adalah menjalin kerjasama yang baik. Jika Anda bekerja pada bagian purchasing sangat penting untuk memiliki koneksi yang baik dengan berbagai macam pihak.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!