Home » Public Relations Adalah: Berikut Pengertian, Fungsi dan Tahapannya

Public Relations Adalah: Berikut Pengertian, Fungsi dan Tahapannya

Public relations adalah sebuah profesi yang menarik, banyak orang ingin menempati pekerjaan ini. PR atau humas memicu jiwa bersosial manusia menjadi semakin tinggi, serta bagaimana strategi berkomunikasi dengan orang lain.

Seorang PR umumnya mempunyai tugas merencanakan, mengkoordinasikan, serta mengarahkan kegiatan untuk menjaga citra publik dan meningkatkan awareness pada konsumen. Dibutuhkan keterampilan berupa kepekaan sosial tinggi untuk bisa menempati posisi ini.

Reputasi suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting dan harus dijaga dari waktu ke waktu. Reputasi adalah segala hal mengenai pandangan, penilaian, kepercayaan, serta brand awareness konsumen.

Membangun citra organisasi menjadi fungsi utama pekerjaan PR, bahkan pada beberapa perusahaan, profesi ini menempati posisi struktural. Namun ada juga yang menggunakan jasa konsultan dengan berbagai pertimbangan.

Public Relations Adalah Profesi Penting

Berbagai pendapat mengatakan bahwa hubungan masyarakat atau humas merupakan rangkaian proses interaksi antara suatu organisasi dengan masyarakat luas. Hal ini bertujuan menciptakan opini, persepsi, serta partisipasi publik.

Proses interaksi antara organisasi dengan masyarakat umum tentu untuk menciptakan interaksi saling menguntungkan, membangun pengertian dan kepercayaan, serta menanamkan keinginan baik. Sehingga akan muncul citra baik dari sebuah perusahaan.

Definisi hubungan masyarakat juga dapat dipahami sebagai sebuah usaha secara terus menerus dan sengaja. Ini untuk membangun serta mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dengan masyarakat.

Menurut Coulsin – Thomas, humas merupakan sebuah proses atau aktivitas terencana bertujuan untuk menciptakan komunikasi antara organisasi dengan pihak di luar organisasi. Dalam hal ini masyarakat umum atau pihak tertentu lainnya.

Interaksi serta berbagai upaya menciptaan pendapat publik sebagai input bagi kedua belah pihak juga dapat dimaknai sebagai humas. Public relations adalah profesi profesional khususnya di bidang komunikasi.

Pakar komunikasi cukup banyak ditemui keberadaannya mewakili berbagai organisasi dengan berbagai pendapat atau pemikiran. Menurut Marston, humas adalah sebuah perencanaan menggunakan komunikasi persuasif untuk mempengaruhi pandangan orang banyak.

Profesi ini dilakukan dengan tujuan utama membangun image baik suatu organisasi, tanpanya, sebuah perusahaan akan sulit mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Karena pekerjaan ini terjun langsung di kalangan masyarakat.

Tujuan pokok melakukan kegiatan humas yaitu mengubah pandangan masyarakat umum mengenai sebuah perusahaan, menginformasikan keberhasilan sebuah organisasi supaya mendapatkan pengakuan. Masyarakat diharap akan lebih mengenal sebuah organisasi secara luas.

Adanya humas dapat meningkatkan kualitas pekerja dalam lingkup internal, sehingga memberikan kesempatan berkembang secara bertahap seiring berjalannya waktu. Konsumen juga bisa mendapatkan edukasi supaya menggunakan produk dengan baik.

Fungsi Public Relations

Tugas atau fungsi PR terbagi menjadi beberapa kategori berbeda antara satu organisasi dengan lainnya, karena disesuaikan kebutuhan masing-masing. Perannya tidak akan lepas dengan media, mengatur jalannya arus informasi, dan sebagainya.

  1. Research

Pekerjaan humas mempunyai tanggung jawab sebagai tim riset perilaku publik, karena bersinggungan langsung dengan masyarakat umum. Data hasil riset dapat dimanfaatkan sebagai strategi di masa mendatang.

  1. Media Relations

Media massa merupakan salah satu alat berkomunikasi dengan publik, berbagai media dapat dimanfaatkan dalam kerja sama meraih kepentingan organisasi. Media yang dimaksud berupa cetak ataupun elektronik.

  1. Publicity

Adanya media massa sebagai partner kerja, dilakukan upaya publisitas atau bentuk respon ketertarikan publik kepada perusahaan. Tujuan publisitas yaitu menyampaikan informasi terencana demi meningkatkan ketertarikan konsumen.

  1. Public Affairs

Public affairs adalah sebuah fungsi terkait strategi membangun keterlibatan secara aktif, atau istilahnya melobi pihak pemerintah dalam berbagai kebijakan publik. Melobi merupakan aktivitas mempromosikan atau menolak peraturan.

  1. Issues Management

Issues management terkait pengolahan isu atau masalah organisasi, caranya dengan melakukan identifikasi serta evaluasi terhadap masalah tersebut. Issues management juga disebut sebagai manajemen krisis, menangani segala hal berdampak.

  1. Financial Relations

Para investor atau penanam modal dapat dikategorikan sebagai aset sehingga keberadaannya perlu dipertahankan. Tugas public relations adalah harus menjaga dan menciptakan rasa percaya pada para investor supaya terus berinvestasi.

  1. Multicultural Relations atau Workplace Diversity

Selain menjadi lembaga komersial, tentunya organisasi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya. Menjalin hubungan baik antarindividu dari berbagai latar belakang budaya juga menjadi tugas penting.

Tahapan Public Relations Adalah Sebagai Berikut

Dalam memahami serta memecahkan semua permasalahan di lingkungan sekitar, seorang PR perlu melewati berbagai tahapan. Terdapat setidaknya empat proses hubungan masyarakat menurut Cutlip dan Center, semuanya berkesinambungan.

  1. Penelitian

Seseorang perlu mengetahui gejala serta penyebab mengapa sebuah permasalahan dapat terjadi, sehingga harus melibatkan diri dalam penelitian untuk mengumpulkan fakta. Mengetahui pengertian, pendapat, perilaku, serta sikap pihak berpengaruh terhadap organisasi.

Dibutuhkan kejelian untuk melihat data serta fakta bersangkutan dengan sebuah pekerjaan atau proyek. Segala informasi harus diperoleh selengkap-lengkapnya tanpa suatu kekurangan apapun supaya tidak menimbulkan misinformasi sebelum diolah.

  1. Perencanaan

Setelah melakukan penelitian, tahapan selanjutnya yaitu merencanakan dan menyusun berbagai permasalahan. Tugas PR adalah mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah serta menentukan pihak mana saja yang cocok mengatasinya.

Perencaan atau planning disusun menggunakan data atau fakta dari penelitian, bukan berdasarkan keinginan pribadi. Dari sinilah kemudian akan dibuat strategi dan pengambilan keputusan untuk membuat program kerja sesuai kebijakan.

  1. Aksi dan Komunikasi

Komunikasi tidak boleh dilakukan atas asumsi pribadi, karena akan membawa hasil berdampak buruk yang berisiko terhadap reputasi organisasi. Tahap aksi dan komunikasi dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara melakukannya.

Objektivitas spesifik harus berkaitan supaya bisa mencapai aksi dan komunikasi tersebut. Seorang PR harus mampu mengkomunikasikan proses pelaksanaan program sehingga membuat pihak lain mendukung pelaksanaan program tersebut.

  1. Evaluasi

Evaluasi adalah metode untuk mengetahui apakah sebuah proses sudah selesai atau belum berdasarkan langkah-langkah tertentu. Tujuannya supaya efektivitas proses dapat diukur secara keseluruhan, diperlukan ketelitian tinggi.

Public Relations Adalah Profesi yang Membutuhkan Skill Ini

Pekerjaan apapun tentu tidak bisa lepas dari komunikasi, proses ini diperlukan untuk menyampaikan segala ide, informasi, serta berkoordinasi dengan semua pihak. Tentunya pihak yang berkepentingan.

Kemampuan komunikasi tidak terbatas pada cara berbicara saja, namun mencakup banyak hal misalnya komunikasi verbal, negosiasi, nonverbal, persuasi, presentasi, serta mendengarkan. Komunikasi bukanlah hal sesederhana itu.

Sebuah organisasi tentu tidak bisa mempertahankan keberlangsungan hidupnya tanpa bekerja sama dengan pihak lain seperti konsumen, klien, media, pemerintah, atau masyarakat. Ini menjadi tugas penting public relations adalah membangun relasi.

Peran media massa sangat besar dampaknya terutama untuk menyebarkan informasi penting dalam membentuk pendapat publik. Menjalin hubungan dengan media apapun sangat penting untuk dilakukan, apalagi saat menghadapi krisis.

Seorang PR mempunyai jadwal aktivitas padat, bisa bertempat di ruangan atau lapangan menemui berbagai pihak untuk menjalin kerja sama. Manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan supaya semua bisa berjalan lancar.

Informasi mengenai perusahaan tidak harus selalu berbentuk lisan, bisa juga berwujud tulisan atau laporan kepada audiens. Peran public relations adalah memastikan informasi dapat diterima tanpa kesalahan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!