Home » Public Relations Adalah: Berikut Pengertian, Fungsi dan Tahapannya

Public Relations Adalah: Berikut Pengertian, Fungsi dan Tahapannya

Public relations adalah sebuah profesi yang menarik, banyak orang ingin menempati pekerjaan ini. PR atau humas memicu jiwa bersosial manusia menjadi semakin tinggi, serta bagaimana strategi berkomunikasi dengan orang lain.

Seorang PR umumnya mempunyai tugas merencanakan, mengkoordinasikan, serta mengarahkan kegiatan untuk menjaga citra publik dan meningkatkan awareness pada konsumen. Dibutuhkan keterampilan berupa kepekaan sosial tinggi untuk bisa menempati posisi ini.

Reputasi suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting dan harus dijaga dari waktu ke waktu. Reputasi adalah segala hal mengenai pandangan, penilaian, kepercayaan, serta brand awareness konsumen.

Membangun citra organisasi menjadi fungsi utama pekerjaan PR, bahkan pada beberapa perusahaan, profesi ini menempati posisi struktural. Namun ada juga yang menggunakan jasa konsultan dengan berbagai pertimbangan.

BACA JUGA:  Pengertian Stock Opname, Fungsi dan Cara Menentukan Secara Jitu

Public Relations Adalah Profesi Penting

Berbagai pendapat mengatakan bahwa hubungan masyarakat atau humas merupakan rangkaian proses interaksi antara suatu organisasi dengan masyarakat luas. Hal ini bertujuan menciptakan opini, persepsi, serta partisipasi publik.

Proses interaksi antara organisasi dengan masyarakat umum tentu untuk menciptakan interaksi saling menguntungkan, membangun pengertian dan kepercayaan, serta menanamkan keinginan baik. Sehingga akan muncul citra baik dari sebuah perusahaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!