Home » Preferred Stock Adalah: Memahami Pengertian dan Berbagai Jenisnya

Preferred Stock Adalah: Memahami Pengertian dan Berbagai Jenisnya

Jika Anda sedang mencari jenis investasi yang aman, maka preferred stock adalah salah satu pilihannya. Preferred stock dikenal juga dengan nama saham preferen.

Dalam dunia investasi, pada dasarnya saham dibagi menjadi tiga jenis yaitu saham biasa (common stock), saham preferen (preferred stock), dan saham istimewa (golden stock). Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing.

Hal ini bisa dilihat dari tingkat risiko yang mungkin bisa ditimbulkan oleh jenis saham tersebut. Misalnya saja pada saham biasa yang mengharuskan investor menanggung segala risiko pada bisnis tempat investasi.

Namun saat mengalami keuntungan, maka Anda juga akan memperolehnya secara penuh. Dalam artian, risiko dan keuntungannya tinggi.

Lain halnya dengan saham istimewa yang akan memberikan akses pemiliknya dalam memilih direksi perusahaan. Saham ini biasanya dimiliki oleh negara dan pemegang modal besar.

BACA JUGA:  Obligasi Adalah? Berikut Ini Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Kekurangannya

Meski demikian, banyak investor yang lebih memilih jenis saham preferen. Sebab jika dilihat dari tingkat risiko, jauh lebih aman dari jenis saham biasa dan bisa dimiliki semua kalangan.

Pengertian Preferred Stock

Preferred stock atau saham preferen adalah gabungan dari saham biasa dan obligasi. Pendapatan yang akan diperoleh dari saham ini berupa bunga obligasi dan nilainya tetap.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!