Home » Preferred Stock Adalah: Memahami Pengertian dan Berbagai Jenisnya

Preferred Stock Adalah: Memahami Pengertian dan Berbagai Jenisnya

Jika Anda sedang mencari jenis investasi yang aman, maka preferred stock adalah salah satu pilihannya. Preferred stock dikenal juga dengan nama saham preferen.

Dalam dunia investasi, pada dasarnya saham dibagi menjadi tiga jenis yaitu saham biasa (common stock), saham preferen (preferred stock), dan saham istimewa (golden stock). Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing.

Hal ini bisa dilihat dari tingkat risiko yang mungkin bisa ditimbulkan oleh jenis saham tersebut. Misalnya saja pada saham biasa yang mengharuskan investor menanggung segala risiko pada bisnis tempat investasi.

Namun saat mengalami keuntungan, maka Anda juga akan memperolehnya secara penuh. Dalam artian, risiko dan keuntungannya tinggi.

Lain halnya dengan saham istimewa yang akan memberikan akses pemiliknya dalam memilih direksi perusahaan. Saham ini biasanya dimiliki oleh negara dan pemegang modal besar.

Meski demikian, banyak investor yang lebih memilih jenis saham preferen. Sebab jika dilihat dari tingkat risiko, jauh lebih aman dari jenis saham biasa dan bisa dimiliki semua kalangan.

Pengertian Preferred Stock

Preferred stock atau saham preferen adalah gabungan dari saham biasa dan obligasi. Pendapatan yang akan diperoleh dari saham ini berupa bunga obligasi dan nilainya tetap.

Selain aman dan risikonya lebih rendah dari saham bisa, pemilik preferred stock juga memiliki keunggulan lainnya. Salah satu yang paling utama adalah kepemilikan semua aset dan kekayaan perusahaan.

Bahkan, perusahaan akan mendahulukan pembagian dividen bagi pemilik saham preferen, sayangnya saham jenis ini sulit untuk diperjualbelikan. Agar lebih memahami karakteristik dari preferred stock, berikut ini kami sudah membuat rangkuman berupa poin-poin:

  1. Pembagian dividen pemegang saham preferen berlaku serentak. Anda bisa memilih sistem akumulasi agar dividen bisa diambil tahun berikutnya.
  2. Nilai dividen bagi pemilik preferred stock sudah ditetapkan. Sehingga, pendapatan Anda menjadi lebih tetap.
  3. Nilai dividen dari jenis saham ini lebih besar karena mencangkup aset dan kekayaan perusahaan.
  4. Saat perusahaan melakukan likuiditas, maka pengembalian uang hasil investasi untuk pemilik saham preferen akan didahulukan.

Dari pengertian dan karakteristiknya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemilik saham lebih diprioritaskan. Meski pendapatan yang diperoleh oleh investor tetap, namun bunganya bisa saja berubah-ubah.

Hal ini dikarenakan valuasi preferred stock dihitung dengan cara mendiskontokan dividen ke nilai saat ini menggunakan required of return. Batas waktunya tidak terhingga, selama investor memiliki saham tersebut.

Berbagai Jenis Preferred Stock Adalah

Preferred stock yang dikeluarkan oleh perusahaan memiliki beberapa tingkatan. Di antaranya adalah prior atau tingkatan paling tinggi, first preference, second preference, dan seterusnya tergantung dari perusahaan.

Selain itu, ternyata saham preferen memiliki beragam jenis. Berikut ini adalah jenis yang bisa Anda pilih dan sesuaikan sebelum berinvestasi:

  1. Convertible Preferred

Jenis saham preferen satu ini dapat dikonversi menjadi saham biasa (common stock). Sehingga, Anda dapat menikmati keuntungan yang besar dan memudahkan untuk menjualnya.

Sayangnya setelah diganti menjadi saham bisa, Anda tidak dapat mengubahnya menjadi preferred stock lagi. Dengan demikian, semua keuntungan sebagai pemilik saham preferen juga hilang.

  1. Participating Preferred

Jenis selanjutnya dari preferred stock adalah participating preferred. Pemegang saham ini akan mendapatkan dividen terlebih dahulu dibandingkan pemegang common stock.

Tingkat likuiditasnya tinggi dan berpotensi mendapatkan tambahan dividen, jika pemegang saham melampaui kepemilikan saham yang ditentukan. Jenis ini biasanya akan ditawarkan oleh perusahaan baru.

  1. Cumulative Preferred

Pada saham preferen jenis ini, perusahaan akan memberikan dividen segara reguler dan teratur. Jika mereka tidak mampu membayar dividen, maka jumlahnya akan terakumulasi dan masuk ke dalam hutang.

Perusahaan harus membayarkan dividen tersebut kepada pemegang saham. Hal tersebut dilakukan sebelum penerbitan dividen ke investor preferred stock lainnya.

  1. Callable Preferred

Nama lain dari jenis saham ini adalah redeemable preferred. Penggantian jenis dari preferred stock adalah memungkinkan perusahaan untuk menarik dana dari investor pada tanggal tertentu.

Dividen dibayarkan dalam bentuk ekuitas, tapi penerbit atau perusahaan dapat membelinya kembali dalam bentuk utang. Jenis ini dianggap menguntungkan bagi emiten karena memiliki fitur call.

  1. Adjustable-rate Preferred

Pada jenis ini, pembayaran dividen sangat bervariasi yang ditentukan oleh tolok ukur tertentu pada perjanjian. Selain itu, memiliki kemungkinan adanya batas maksimum dan minimum.

Perbedaan Saham Biasa dengan Preferred Stock Adalah

Sebelumnya secara sekilas sudah disinggung mengenai perbedaan antara saham biasa dan saham preferen. Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulasnya lebih dalam dan detail lagi.

Kedua saham ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Agar lebih mengenal jenis kedua saham ini, simak penjelasannya berikut:

  1. Hak Suara Pemilik Saham

Hak suara berkaitan dengan pemilihan anggota dewan direksi. Pemilik saham bisa memiliki kewenangan atas hak suara terhadap dewan direksi, sedangkan pemilih preferred stock tidak memiliki kewenangan demikian.

Misalnya adalah pada saat rapat pemegang saham yang diadakan tahunan untuk memilih dewan direksi. Pemilik saham bisa akan diberikan kesempatan memilih direksi, saru suara per satu saham miliknya.

  1. Hak Terhadap Dividen

Pemegang saham referen sudah dijamin akan mendapatkan dividen secara teratur seperti pemegang obligasi. Besarnya dividen sudah disesuaikan pada awal kesepakatan investasi.

Berbeda halnya dengan pemilik saham biasa yang akan memperoleh dividen setelah pemilik saham preferen mendapatkannya. Besarnya dividen juga berubah-ubah.

  1. Likuiditas

Likuidasi adalah merupakan pembubaran badan hukum, atau perusahaan memutuskan berhenti beroperasi. Pada saat seperti ini, pemegang preferred stock akan memperoleh haknya terlebih dahulu.

Dengan kata lain, pemegang saham jenis ini akan diprioritaskan ketimbang pemegang saham biasa. Hal ini merupakan salah satu keuntungan dari jenis saham preferen.

Bagi Anda yang hendak berinvestasi saham preferen, pastikan sudah memahaminya secara keseluruhan. Terutama yang terpenting sebelum berinvestasi preferred stock adalah kesehatan manajemen perusahaan tersebut.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!