Home » Petty Cash Adalah: Pengertian, Tujuan dan Metode yang Digunakan

Petty Cash Adalah: Pengertian, Tujuan dan Metode yang Digunakan

Petty cash adalah sejumlah uang yang disediakan perusahaan untuk digunakan pada saat terjadi pengeluaran kecil. Permisalan dari pengeluaran kecil tersebut seperti dana transportasi, konsumsi rapat, entertaint klien, dan banyak lainnya.

Biasanya dana kas untuk pengeluaran kecil tersebut telah ditetapkan nominalnya oleh perusahaan. Dana tersebut diberikan secara terbatas dan bergantung pada kebijakan yang berlaku di perusahaan tersebut.

Dalam sebuah perusahaan baik besar maupun kecil, manajemen finansial merupakan unsur krusial. Dengan adanya pengaturan mengenai manajemen keuangan yang baik akan terlihat jelas jalannya bisnis Anda.

Manajemen keuangan merupakan hal penting untuk melihat bagaimana perkembangan perusahaan berdasar data pemasukan serta pengeluaran. Catatan data tersebut tentu tidak hanya mencatat pengeluaran besar saja, namun kecil juga.

BACA JUGA:  Rumus Cara Menghitung Persen Penjualan dengan Mudah

Tujuan Pencatatan Petty Cash Adalah

Membangun manajemen finansial pada perusahaan tentu dibutuhkan sistem baik dalam pengelolaannya. Salah satunya dimulai dari pengaturan kas benar dengan melakukan pembukuan pada setiap aktivitasnya baik penjualan maupun pembelian.

Dalam melakukan berbagai transaksi bisnis, tentu Anda tidak melulu mengeluarkan dana cukup besar untuk membayar sesuatu. Namun, tanpa disadari pengeluaran kecillah yang memiliki kuantitas lebih banyak.

Orang yang ditunjuk mengurusi pengeluaran kas kecil biasanya adalah biro atau petugas keuangan tingkat pemula. Tujuannya sendiri sederhana yakni supaya petugas tersebut dapat membuat neraca dari sistem kalkulasi dengan baik.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!