Home » Payroll Adalah Sistem Pembayaran Gaji Karyawan Terefektif, Ini Kuntungannya

Payroll Adalah Sistem Pembayaran Gaji Karyawan Terefektif, Ini Kuntungannya

Payroll adalah salah satu sistem pembayaran upah karyawan suatu perusahaan paling efektif. Sebagai seorang HRD, Anda tentu mengalami kesulitan untuk menentukan besaran upah karyawan.

Sebab, penghitungan gaji karyawan untuk perusahaan-perusahaan besar ini cukup banyak. Mulai dari gaji pokok, komisi, uang makan, uang transportasi hingga uang lembur yang harus diberikan untuk karyawan yang bekerja lebih dari jam perusahaan.

Sehingga, pembayaran upah dengan metode ini memudahkan tugas HRD dalam menghitung besaran masing-masing karyawan. Sebab, sistem pembayaran upah payroll ini dihitung secara otomatis oleh aplikasi khusus.

Oleh sebab itu, Anda wajib tahu bagaimana cara kerja dari sistem penggajian payroll untuk perusahaan-perusahaan besar. Hal ini bertujuan agar para pekerja menerima sesuai dengan gaji dan bonus dalam menjalankan pekerjaannya.

Payroll adalah Sistem dalam Membayar Gaji Karyawan Perusahaan

Payroll adalah

Tentunya, perusahaan-perusahaan besar ini memilih untuk menggunakan sistem payroll dalam membayar upah para pegawai. Sebab,tidak mungkin menghitung upah pegawai secara manual.

Tentu, para pekerja dalam perusahaan besar ini berjumlah puluhan hingga ratusan orang. Oleh karena itu, metode pembayaran secara payroll adalah solusi untuk mempercepat proses perhitungan upah para karyawan dari perusahaan.

Dengan menggunakan sistem penggajian model ini, maka tidak akan ada kekurangan atau kelebihan upah. Sebab, sistem payroll yang berfungsi untuk menghitung upah karyawan ini dikelola secara otomatis menggunakan aplikasi tertentu.

Sehingga, upah yang diterima oleh pegawai ini dijadikan dalam satu kali pembayaran. Selain itu, pembayaran upah para pekerja dengan metode ini tentu memudahkan tugas akuntan perusahaan tertentu.

Sebab, akuntan perusahaan bertugas untuk merinci gaji-gaji pegawai, mulai dari gaji pokok, bonus atau komisi, hingga uang bensin. Jadi, pekerja akan memperoleh rincian upah bulanan dari metode payroll yang diterapkan oleh perusahaan.

Maka dari itu, untuk menghemat waktu dan proses penghitungan upah pegawai. Umumnya, sistem penggajian menggunakan metode ini hanya membutuhkan waktu 3 hari hingga 4 hari saja.

Sehingga, tidak akan ada keterlambatan pembayaran upah pegawai suatu perusahaan. Untuk itu, perusahaan-perusahaan besar telah menggunakan sistem pembayaran gaji secara payroll karena lebih cepat dan efektif.

Payroll Adalah Sistem Pembayaran Gaji Karyawan Paling Efektif untuk Perusahaan di Indonesia

Payroll adalah

Di Indonesia, hampir semua perusahaan-perusahaan besar telah menggunakan sistem pembayaran secara payroll. Jadi, gaji yang didapatkan oleh karyawan akan langsung masuk ke rekening pribadi.

Rekening tersebut telah disediakan oleh pihak perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga, Anda tidak perlu membuka rekening secara mandiri. Pembayaran gaji dengan sistem payroll ini dirasa lebih efektif.

Tentu, sistem yang satu ini menggaji pekerja secara bulanan di tanggal yang telah ditentukan oleh perusahaan. Sehingga, akuntan tidak perlu menghitung upah para pegawai secara manual. Sebab, membutuhkan waktu yang sangat lama ketika menghitung bayaran pekerja secara manual.

Selain itu, menghitung upah pekerja secara manual tentu membutuhkan akuntan yang lebih banyak. Sehingga, perusahaan harus membayar gaji akuntan lebih banyak hanya untuk menghitung pendapatan karyawan.

Oleh karena itu, metode ini adalah sistem pembayaran gaji pegawai paling efektif jika dibandingkan dengan menghitung manual. Dengan menggunakan sistem pembayaran gaji dengan metode ini, maka Anda hanya perlu menempatkan 3 akuntan untuk mengelola aplikasi payroll pembayaran perusahaan.

Tidak perlu khawatir, pasalnya aplikasi sistem pembayaran secara payroll ini selalu menyimpan historis rincian upah pegawai hingga beberapa bulan yang lalu. Sehingga, perusahaan dapat menunjukkan rincian upah para pekerja yang diperoleh dalam satu bulan.

Keuntungan Menggunakan Pembayaran Gaji Karyawan dengan Sistem Payroll

Payroll adalah

Ada beragam keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dengan menerapkan sistem payroll untuk membayar upah pegawai dalam satu bulan. Oleh sebab itu, sistem payroll ini diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dalam memberikan hak bayaran kepada karyawan.

Oleh karena itu, ini dia berbagai keuntungan yang dirasakan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam menerapkan sistem payroll dalam menggaji para pegawai. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Dapat Memberikan Perincian Gaji pada Karyawan

Keuntungan pertama, Anda dapat memberikan perincian upah bulanan kepada karyawan. Hal ini bertujuan agar para pekerja mengetahui rincian-rincian gaji yang diperoleh dalam satu bulan.

Sistem payroll adalah salah satu metode pembayaran upah paling efektif. Sehingga, karyawan akan mendapat rincian dengan jelas gaji pokok hingga komisi yang didapatkan dalam satu bulan.

  1. Cepatnya Proses Pembayaran Gaji Pegawai

Keuntungan kedua, pembayaran gaji pegawai tidak akan mengalami keterlambatan. Sebab, penghitungan upah para karyawan ini hanya membutuhkan 1 hari hingga 3 hari saja.

Pasalnya, penghitungan upah pegawai ini di submit pada aplikasi payroll tertentu. Kemudian, aplikasi tersebut akan mengelola total gaji pegawai. Sehingga, risiko kesalahan penghitungan cukup kecil dengan menerapkan sistem payroll ini.

  1. Menghindari Rasa Kecemburuan antar Karyawan

Keuntungan ketiga, pembayaran upah secara payroll ini juga menghindari rasa kecemburuan sosial antar karyawan. Mungkin, ada perbedaan nominal gaji yang diterima oleh karyawan tertentu.

Oleh sebab itu, sistem gaji payroll adalah salah satu cara guna meredam rasa kecemburuan sosial antar pegawai perusahaan. Sebab, akan ada perincian gaji antar pekerja. Perbedaan nominal gaji antar pegawai ini berdasarkan komisi yang diterima.

Prosedur Skema Pembayaran Gaji Karyawan Menggunakan Sistem Payroll

Payroll adalah

Bagi Anda yang baru saja bekerja sebagai staff HRD atau akuntan, tentu belum paham betul bagaimana prosedur skema penghitungan gaji dengan sistem payroll. Pasalnya, sistem payroll ini berbeda ketika Anda menghitung bayaran secara manual menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Cara menghitung gaji pekerja perusahaan yang telah menerapkan sistem payroll ini sangat mudah sekali. Maka tidak heran jika payroll adalah salah satu sistem penggajian yang memudahkan tugas akuntan hingga staff HRD.

Maka dari itu, Anda dapat melakukan simulasi skema pembayaran upah karyawan suatu perusahaan tertentu dengan menggunakan sistem payroll. Langkah pertama, Anda harus mengetahui tanggal berapa upah pegawai akan dicairkan oleh perusahaan.

Setelah itu, gunakan aplikasi yang berfungsi untuk mencatat seluruh gaji para karyawan perusahaan. Kemudian, submit satu persatu nama-nama karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Kemudian, submit gaji pokok, komisi, bonus performa, uang makan, hingga uang transportasi. Selain itu, Anda juga harus menghitung biaya-biaya pajak, seperti NPWP, iuran BPJS, pajak penghasilan, dan biaya-biaya lainnya yang menjadi kewajiban para karyawan.

BACA JUGA: Apa Itu Sistem HRIS dan Manfaatnya

Tidak perlu khawatir, aplikasi payroll adalah salah satu cara menghitung gaji karyawan dengan akurat. Sehingga, tidak akan ada kekeliruan dalam menghitung upah para pekerja yang bekerja di suatu perusahaan tertentu.

Kemudian, perusahaan akan mentransfer gaji pegawai ke nomor rekening yang telah ditentukan. Proses transfer bayaran para pegawai ini sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan oleh perusahaan. Sehingga, tidak akan ada keterlambatan pembayaran gaji yang menjadi kewajiban perusahaan.

Beberapa perusahaan-perusahaan besar di Indonesia telah menerapkan sistem pembayaran gaji secara payroll. Artinya, pembayaran upah karyawan ini telah terjadwal. Untuk itu, ketahui sistem payroll adalah metode pembayaran upah pekerja perusahaan paling efektif dibandingkan dengan metode lainnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!