Home » Partnership Adalah: Pengertian, Jenis, Prinsip Kerja, dan Tujuannya Dalam Bisnis

Partnership Adalah: Pengertian, Jenis, Prinsip Kerja, dan Tujuannya Dalam Bisnis

Partnership adalah hal biasa yang terjadi dalam menjalankan perusahaan karena pada dasarnya kita tidak bisa hidup sendiri. Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, begitu juga saat kita menjalankan suatu bisnis.

Tujuan utama perusahaan dalam menjalankan kerjasama atau partnership tentunya untuk menambah keuntungan bagi perusahaan. Baik menambah pangsa pasar, menambah laba, menambah modal dan lain sebagainya.

Pengertian Partnership yang Perlu Diketahui

Sebelum membahas lebih jauh tentang partnership, Anda harus tahu terlebih dahulu apa pengertiannya. Partnership adalah perjanjian formal antara dua pihak yang bertujuan untuk menjalankan dan mengelola sebuah usaha agar saling untung.

Keuntungan yang diperoleh dari kerja sama ini nantinya akan dibagi berdasarkan kesepakatan atau perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya. Partnership berarti membangun bersama, menjalankan tugas dan mendapatkan keuntungan setara.

Tujuan Partnership Adalah Berikut Ini

Setiap pengusaha dalam menjalankan partnership tentu memiliki tujuan masing-masing, salah satunya adalah mendapatkan keuntungan. Untuk lebih lengkapnya, berikut tujuan partnership yang wajib Anda ketahui.

  1. Membangun Usaha

Tujuan pertama dari partnership adalah membangun suatu usaha. Yaitu dengan menjalankan usaha dengan baik agar menghasilkan keuntungan.

Kedua belak pihak tentu berharap bahwa usaha ini bisa berlangsung lancar dan tidak ada kendala. Usaha yang lancar memberikan harapan bagi kedua belah pihak untuk memperoleh keuntungan.

  1. Mengalami Pertumbuhan

Tujuan kedua dari partnership adalah mengembangkan bisnis yang dijalankan agar terus mengalami pertumbuhan. Usaha terus mengalami pertumbuhan tentu akan meningkatkan perekonomian.

Terutama untuk kedua belah pihak yang menjalankan kerja sama. Melibatkan dua belah pihak atau lebih ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan dari suatu bisnis.

  1. Meningkatkan Hubungan

Selain dalam hal bisnis dan laba usaha. Tujuan ketiga dari partnership adalah meningkatkan hubungan kedua belah pihak yang bekerja sama.

Dalam mencapai keuntungan bersama, kedua belah pihak pasti akan berhubungan satu sama lain. Hubungan sosial inilah yang membuat pengusaha bisa saling bertukar informasi dan pikiran demi kemajuan bisnis bersama.

Ciri-ciri Partnership yang Perlu Dipahami

Sebagian orang mungkin belum memahami dengan jelas apa itu partnership namun dengan ciri-ciri berikut ini, Anda pasti akan memahami konsep partnership dengan lebih mudah. Berikut ini adalah ciri-ciri partnership yang wajib Anda ketahui.

  1. Ada Kerja Sama

Ciri-ciri partnership yang pertama adalah adanya kerja sama antara kedua belah pihak. Jalinan kerja sama ini merupakan hubungan yang baik dan biasanya dilakukan.

Antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil atau dengan skala yang sama. Hubungan kerja sama ini dilaksanakan secara formal sesuai dengan kesepakatan dan perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Pengembangan Bisnis

Ciri selanjutnya partnership adalah pengembangan bisnis dan biasanya akan lebih terlihat bagi bisnis yang lebih kecil. Itulah mengapa bisnis kecil sering mendapatkan bantuan dari perusahaan besar dalam hal kerja sama atau partnership.

Meski pengembangan bisnis terjadi pada perusahaan kecil. Tapi perusahaan besar yang membantunya juga akan mendapatkan untung.

  1. Saling Menguntungkan

Ciri lainnya dari partnership adalah saling menguntungkan, baik pihak yang satu atau lainnya. Pada dasarnya, setiap perusahaan tentu menginginkan keuntungan bagi perusahaannya masing-masing.

Tapi tetap saja ada keuntungan bersama. Kerja sama yang baik tentu akan menghasilkan laba yang dirasakan oleh kedua belah pihak.

Jenis dari Partnership yang Beragam

Sebelum memilih rekan kerja atau menjalankan partnership, Anda harus tahu apa saja jenis partnership yang bisa dilakukan. Setiap jenis partnership memiliki tujuan dan konsep yang berbeda jadi pastikan Anda memilih jenis yang tepat.

Berikut ini akan kami ulas tentang jenis partnership. Mulai dari General Partnership, Unlimited Partnership, hingga Limited Liability Partnership.

  1. General Partnership (GP)

Jenis pertama yang wajib Anda ketahui adalah General Partnership (GP) yang dilakukan secara adil antara kedua belah pihak. Setiap partner bergerak aktif dalam kerja sama ini.

Baik dalam kegiatan operasional atau masalah lain dalam kerja sama. Keduanya memiliki tanggung jawab penuh terhadap utang dan masalah mengikat dalam hal hukum lainnya.

  1. Unlimited Partnership (LP)

Jenis kedua partnership adalah Unlimited Partnership (LP) yang dilakukan oleh dua orang. Atau bisa juga lebih dalam kegiatan operasional bisnis sehari-hari.

Namun, jenis partnership ini terdapat satu silent partner yang tidak melakukan hal apapun. Meski begitu, semua pihak terkait akan mendapatkan jatah atau untung sesuai dengan porsinya masing-masing.

  1. Limited Liability Partnership (LLP)

Jenis partnership yang satu ini memiliki perlindungan hukum yang akan ditetapkan dan diterapkan sehingga semua partner memiliki hak dan tanggung jawab masing-masing. Jenis partnership ini bisa diterapkan pada partnership berstatus terbatas maupun berstatus umum.

Cara Kerja Partnership Agar Berjalan Lancar

Setelah memilih jenis partnership yang sesuai kebutuhan, selanjutnya Anda harus memahami tentang cara kerja partnership yang benar. Dengan mengikuti cara kerja berikut ini, kerja sama akan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan kedua pihak.

  1. Memilih Jenis Kerja Sama

Cara kerja partnership yang pertama adalah memilih jenis kerja sama yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Setiap kerja sama memberikan hak dan kewajiban yang berbeda bagi kedua belah pihak.

Jika Anda bisa memilih jenis kerja sama yang tepat. Maka Anda akan mendapatkan keuntungan dari kerja sama tersebut.

  1. Membuat MOU

Cara selanjutnya dalam melakukan partnership adalah membuat MoU atau Momerandum of Understanding. MoU berisikan hak, kewajiban dan tanggung jawab kedua belah pihak.

Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. Dengan adanya MoU, kerja sama ini bersifat mengikat secara hukum sebagai antisipasi apabila terjadi masalah pada kerja sama ini.

  1. Menjalankan Tugas Masing-masing

Cara kerja partnership yang berikutnya adalah menjalankan tugas masing-masing sesuai dengan kesepakatan di awal. Setelah MoU selesai dibuat, kedua belah pihak memiliki tanggung jawab.

Atau tugas masing-masing yang siap untuk dijalankan. Tugas yang dijalankan oleh kedua belah pihak berdasarkan kontrak yang sudah disepakati bersama.

  1. Membayar Pajak

Langkah selanjutnya yang biasa dilakukan dalam partnership adalah membayar pajak sebagai tanggung jawab masing-masing pihak. Besaran penghasilan yang diterima tiap pihak memengaruhi besaran pembayaran pajak oleh tiap pihak.

Meski melakukan kerja sama. Besaran pajak yang harus dibayarkan mungkin berbeda karena tergantung pada keuntungan masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Partnership yang Perlu Dipahami

Partnership memiliki beberapa kelebihan untuk bisnis Anda, yaitu mengumpulkan modal aktif yang lebih besar. Saling melengkapi keterbatasan dalam mengerjakan proyek, kemudahan mencari mitra pasif hingga pendirian bisnis yang lebih mudah.

Kelebihan lain dari partnership adalah pembagian keuntungan lebih mudah. Karena sudah tercantum dalam kesepakatan dan perusahaan menjadi lebih luwes dalam beradaptasi dengan dunia bisnis.

Meski begitu, partnership juga memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan. Misalnya saja, kewajiban tidak terbatas sehingga bisa terjadi tumpang tindih tugas.

Atau akumulasi modal yang masih kurang optimal, hingga kurang berkesinambungan. Kekurangan lainnya adalah lebih berpotensi mengalami konflik dan kewajiban yang tidak terbatas pada kedua belah pihak.

Bagi Anda yang memiliki suatu bisnis atau usaha, tidak ada salahnya untuk mencoba partnership agar bisnis makin berkembang. Partnership adalah salah satu cara terbaik untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan menguntungkan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!