Home » Packaging Adalah | Pengertian Kemasan, Atribut dan Fungsinya

Packaging Adalah | Pengertian Kemasan, Atribut dan Fungsinya

Melihat fungsi kemasan adalah suatu hal yang kompleks, maka harus memikirkan desainnya secara matang. Tidak hanya berbicara tentang bahan bungkusnya saja, tetapi juga desain visual, bentuk kemasannya, dan berbagai pertimbangan lainnya.

Daftar Isi

1.      Desain Seunik dan Semenarik Mungkin

Karena tidak hanya berfungsi sebagai keamanan saja, maka perlu mendesainnya secantik dan seunik mungkin. Mulai dari desain visualnya berupa pemilihan paduan warna, penentuan font, serta gambar yang akan di tampilkan.

Selain merencanakan tampilan secara grafis juga harus inovatif terhadap bentuk kemasannya. Baru – baru ini populer model kemasan standing pouch, wadah yang dapat berdiri ini berhasil menarik pembeli karena selain aman nilai fungsionalnya juga mengalami peningkatan.

2.      Pastikan Menggunakan Bahan – Bahan Aman

Pastikan ketika mengemas produknya harus menggunakan bahan aman, karena salah satu fungsi kemasan makanan adalah melindungi isinya. Contohnya adalah bahan pembungkus makanan biasanya menggunakan plastik tertentu atau aluminium foil.

BACA JUGA:  10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Contoh & Tipsnya Agar 100% Berhasil

Saat ini selain keamanan produknya juga harus mempertimbangkan keamanan lingkungannya. Pencemar terbesar di lingkungan berupa kemasan yang sudah tidak terpakai. Mengembangkan bungkus mudah terurai atau dapat didaur ulang menjadi prioritas.

BACA JUGA: Apa Itu Konsep Penjualan dan Contohnya

3.      Gunakan Diferensiasi Ukuran

Ukuran akan menentukan seberapa banyak isinya, selain itu juga akan berpengaruh pada harganya. Tentu ukuran lebih besar akan berisi lebih banyak, harganya juga akan semakin mahal. fungsi kemasan adalah pemasaran, diferensiasi ukuran bisa jadi salah satu penunjang fungsi itu.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!