Home » Packaging Adalah | Pengertian Kemasan, Atribut dan Fungsinya

Packaging Adalah | Pengertian Kemasan, Atribut dan Fungsinya

Secara tidak sadar ketika memilih suatu produk akan melihat kemasannya terlebih dahulu. Ketika menemukan sebuah produk dengan kemasan terlihat menjanjikan, menarik untuk dilihat, kelihatan aman dikonsumsi, langsung saja melihat atau bahkan memilihnya.

Daftar Isi

2.      Pelindung Isi

Fungsi utama kemasan adalah pelindung terhadap isinya, hal ini tidak perlu lagi dipertanyakan. Contohnya bungkus dari makanan seperti cokelat memiliki lapisan aluminium, hal ini untuk menjaga agar cokelatnya tidak cepat mencair.

Inti dari pelindung isi adalah memberikan proteksi terhadap isi dari potensi kerusakan disebabkan oleh faktor eksternal. Contoh lainnya adalah botol pada jus, adanya botol tersebut mampu melindungi jusnya dari paparan yang mampu mengotori dan merusak jusnya.

3.      Identitas Produk

Suatu produk bisa jadi sama, contohnya seperti jus, secara produk ada banyak sekali yang sejenis. Untuk membedakannya diperlukan media lain di luar produknya, tetapi tetap harus mudah untuk dikenali. Saat inilah wadah berperan sebagai pemberi identitas isinya.

BACA JUGA:  Multi Level Marketing Adalah? Berikut Jenis, Keunggulan dan Kelemahannya

4.      Media Penyimpanan Isi

Fungsi kemasan adalah sebagai media penyimpanan isinya, gambaran sederhananya adalah sebagai berikut. Susu bubuk biasanya memiliki dua lapis wadah, bagian luar biasanya berupa kardus tipis, sedangkan bagian dalam terdapat lembaran aluminium foil.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!