Home » Packaging Adalah | Pengertian Kemasan, Atribut dan Fungsinya

Packaging Adalah | Pengertian Kemasan, Atribut dan Fungsinya

Salah satu kriteria yang menjadi pertimbangan konsumen dalam menilai packaging adalah bentuknya praktis dan mudah dibawa. Sehingga tidak perlu memikirkan wadah lain untuk menampung produk.

Tidak hanya berhenti disitu, kemasan dengan desain unik akan turut mendukung kemudahan konsumen dalam menemukan produk terkait. Desain unik tersebut juga dapat mewakili identitas dari sebuah brand.

Pertimbangan lain dari segi bentuk adalah mengenai ukurannya. Karena apabila diletakkan dalam rak swalayan atau toko besar sudah pasti hanya disediakan tempat dengan ukuran yang umum.

  1. Daftar Isi

    Warna

Tampilan menarik dari suatu kemasan dapat diperoleh hanya melalui permainan warna. Pemilihan warna utama juga akan menentukan respon konsumen ketika pertama kali melihat produk tersebut.

Setelah warna mampu menarik minat pembeli selanjutnya mereka akan mengingatnya dengan mudah. Tidak harus mengingat desain kemasan karena warna sudah bisa menjadi tanda bagi konsumen ketika mencari produk terkait.

  1. Label

Atribut terakhir adalah label. Label memuat informasi lengkap mengenai manfaat, cara penyajian, komposisi, berat, tanda alergi, instruksi penyimpanan, harga, kode hingga isi produk terkait.

BACA JUGA:  Apa Itu Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dan Tips Mengembangkannya Untuk Bisnis

Fungsi Kemasan

arti packaging
fastcustomboxes.com

Kemasan menjadi salah satu komponen penting yang harus dipertimbangkan ketika hendak memasarkan sebuah produk. Terlebih di era digital saat ini, persaingan semakin ketat, harus lebih inovatif lagi kemasannya. Hal ini karena kemasan memiliki fungsi besar, seperti :

1.      Media Promosi/Pemasaran

Ketika berkeliling ke swalayan, ada banyak sekali produk – produk sejenis terpasang di etalase, mulai dari alat kebersihan, cemilan, minuman, dan sebagainya. Pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan Anda mengambil dan membeli salah satu produknya?

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!