Home » Outsourcing Adalah: Berikut Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Outsourcing Adalah: Berikut Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Outsourcing adalah sesuatu yang mungkin sudah sering terdengar bagi sebagian kalangan yang sedang mencari kerja. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan sudah menggunakan sistem outsourcing untuk mendapatkan tenaga kerja.

Akan tetapi juga masih banyak sekali seseorang yang belum mengerti dengan baik apa itu makna dari kata outsourcing. Padahal, ini sangat penting untuk diketahui apalagi bagi Anda yang sedang atau akan mencari kerja.

Sebenarnya, sistem outsourcing ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya baik untuk perusahaan atau untuk para pekerja. Oleh karena itu Anda harus mengerti sistemnya dengan baik, agar tidak salah dalam memahami apa itu outsourcing.

Dengan memahami sistemnya dengan baik tentunya akan membuat Anda mengerti apa saja kelebihan dan kekurangan ketika mengikuti program searching. Ini juga merupakan salah satu pilihan yang tidak buruk jika Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan.

Karena saat ini ada banyak sekali perusahaan yang berusaha memangkas biaya operasional dengan mencari tenaga kerja kerja outsourcing. Perusahaan biasanya akan mencari pihak ketiga yang menyediakan tenaga kerja untuk menyelesaikan berbagai macam kebutuhan operasional perusahaan.

Ini merupakan salah satu cara paling sederhana jika sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja. Daripada harus mencari tenaga sendiri, menggunakan jasa yang menyediakan tenaga kerja banyak menjadi pilihan karena cenderung lebih praktis.

Outsourcing Adalah? Berikut Ini Pengertiannya

Secara sederhana outsourcing dapat diartikan sebagai tenaga kerja dari pihak ketiga yang diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu dalam sebuah perusahaan. Sistem outsourcing ini sangat praktis dan juga memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan.

Salah satu dampak paling nyata adalah perusahaan bisa berhemat ketika menggunakan tenaga kerja outsourcing. Apalagi saat ini ada banyak sekali penyedia jasa outsourcing, seiring dengan kebutuhan yang selalu meningkat.

Bisa dikatakan jika sistem ini sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan sebuah perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk tunjangan makan atau asuransi kesehatan bagi para pekerja yang direkrut.

Hal tersebut tidak dilakukan karena yang memberikan jaminan tersebut adalah perusahaan induknya atau perusahaan yang menyediakan jasa outsourcing. Akan tetapi sistem ini ini cenderung merugikan bagi para karyawan.

Salah satu alasan utamanya adalah dengan menggunakan sistem outsourcing ini terkadang potongan pendapatan mencapai 30% dari perusahaan induknya. Ini Tentunya membuat karyawan mendapatkan hasil yang mungkin tidak setimpal dengan pekerjaan yang dilakukan.

Jadi secara tidak langsung outsourcing adalah salah satu pilihan yang harus ditempuh karena tidak ada pilihan lain untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan segera. Akan tetapi, mengikuti program outsourcing sebenarnya juga memberikan banyak sekali manfaat.

Salah satu manfaat nyata dari program outsourcing merupakan lebih mudah untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Hal ini dikarenakan, Anda akan mendapatkan kesempatan lebih besar dari perusahaan induk yang telah memiliki banyak koneksi untuk menyalurkan tenaga kerja ke perusahaan lain.

Cara Kerja dari Sistem Outsourcing

Sebenarnya cara kerja dari sistem outsourcing ini sangat sederhana. Perusahaan outsourcing adalah sebuah perusahaan yang menyediakan karyawan bagi perusahaan lain yang sedang membutuhkan.

Secara sederhana jika Anda ingin bekerja menjadi outsource, maka Anda perlu mendaftar kepada perusahaan yang menyediakan layanan jasa outsourcing. Jadi Anda tidak dikontrak oleh perusahaan yang membutuhkan jasa outsourcing.

Biasanya tenaga kerja outsourcing ini bersifat kontrak. Oleh karena itu, ada beberapa hal harus diperhatikan dan agar Anda tidak menjadi pihak yang dirugikan.

Salah satu hal yang harus sangat diperhatikan sebelum menandatangani kerjasama outsourcing adalah lamanya waktu kerjasama. Ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak ada kesalah pahaman diantara kedua belah pihak.

Akan tetapi biasanya lamanya kontrak disesuaikan dengan waktu kerja sama antara perusahaan dan penyediaan searching dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Salah satu alasan utamanya adalah ketika kerjasama maka berakhir juga kontrak Anda sebagai bekerja pada perusahaan penyedia outsourcing.

Hal lain yang tidak boleh terlewatkan dalam sistem kerja outsourcing adalah penempatan kerja dan waktu kerja. Pastikan jika Anda ditempatkan pada posisi yang tepat sesuai dengan perjanjian dengan perusahaan outsourcing yang Anda gunakan.

Anda juga harus memperhatikan secara pasti kapan waktu mulai bekerja, waktu istirahat, dan waktu untuk berhenti bekerja, ini merupakan hal sederhana akan tetapi sangat penting untuk diperhatikan sebelum menandatangani kontrak dengan perusahaan outsourcing.

Salah satu hal yang sangat penting lainnya adalah besarnya gaji dan tunjangan. Pastikan jika Anda bergabung dengan perusahaan outsourcing yang mampu memberikan gaji dan tunjangan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

Keuntungan Merekrut Tenaga Kerja Outsourcing bagi Perusahaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dengan merebut tenaga outsourcing. Berikut beberapa keuntungan bisa didapatkan ketika menggunakan tenaga kerja outsourcing.

  • Tidak Perlu Melakukan Pelatihan

Salah satu keuntungan menggunakan tenaga kerja outsourcing adalah tidak perlu melakukan pelatihan. Hal ini dikarenakan tenaga kerja outsourcing telah memiliki kemampuan spesifik yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Itu artinya ketika tidak perlu melakukan pelatihan dapat menghemat biaya operasional. Inilah mengapa banyak sekali perusahaan besar yang sangat suka menggunakan sistem outsourcing untuk merekrut karyawan.

  • Bisa Fokus untuk Mengurusi Kebutuhan Inti dari Perusahaan

Keuntungan Lain menggunakan tenaga kerja outsourcing adalah dengan menggunakan tenaga kerja outsourcing Anda tidak perlu mengurusi berbagai macam hal dalam merekrut sebuah karyawan. Karena semuanya akan dilakukan oleh perusahaan yang menyediakan jasa outsourcing.

Itu artinya Anda bisa fokus hanya mengurusi hal-hal inti di dalam sebuah perusahaan. Karena melakukan perekrutan karyawan sendiri bisa dikatakan tidak mudah, dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

  • Telah Terlatih dan Competent Sesuai dengan Tugasnya

Salah satu hal yang sangat menguntungkan bagi perusahaan yaitu adalah ketika memiliki karyawan yang berkompeten dalam melakukan tugasnya. Ini merupakan salah satu jalan untuk membuat sebuah perusahaan menciptakan segala sesuatunya dengan baik.

Dengan menggunakan jasa penyedia pekerja outsourcing, semua tugas akan dilakukan oleh perusahaan tersebut dari mulai rekrutmen, pelatihan dan lain sebagainya. Anda tinggal memesan dan akan mendapatkan karyawan yang sudah terlatih.

Kekurangan Menggunakan Tenaga Kerja Outsourcing bagi Perusahaan

Walaupun memberikan banyak manfaat sebenarnya tenaga kerja outsourcing juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan bagi perusahaan ketika menggunakan jasa tenaga kerja outsourcing.

  • Rahasia Perusahaan Rentan Bocor

Salah satu hal yang sangat dikhawatirkan ketika menggunakan tenaga kerja dari pihak ketiga yaitu adalah rahasia perusahaan sangat rentan bocor. Sangat disarankan untuk tidak mempekerjakan tenaga outsourcing pada kegiatan inti dari bisnis.

Jika mempekerjakan karyawan outsourcing sebaiknya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tambahan saja. Ini merupakan salah satu cara terbaik agar beberapa rahasia penting yang mungkin ada pada perusahaan tidak bocor ke pihak lain.

Karena jika sampai rahasia perusahaan bocor ke pihak lain tentunya akan sangat merugikan. Kompetitor mungkin akan mempelajari beberapa hal untuk bisa mengalahkan bisnis di perusahaan Anda.

  • Durasi Kontrak yang Relatif Singkat

Kekurangan lain menggunakan tenaga kerja outsourcing adalah durasi kontrak yang relatif sangat singkat. Ini artinya sebuah perusahaan harus sering melakukan pembaharuan kontrak.

Terkadang Ini menjadi merepotkan, jika harus bolak-balik mengurusi pembaruan kontrak. Sangat sulit juga untuk menentukan jasa penyedia tenaga kerja outsourcing terbaik bagi perusahaan, karena saat ini jumlahnya sangat banyak.

  • Bisa Menyebabkan Ketergantungan

Hal lain yang mungkin akan timbul ketika terlalu sering menggunakan jasa penyedia outsourcing adalah ketergantungan terhadap perusahaan outsourcing. Tentunya dapat berdampak tidak baik bagi perusahaan.

Oleh karena itu, sebaiknya hanya menggunakan tenaga outsourcing dalam kebutuhan mendesak saja. Ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik jika membutuhkan tenaga kerja dalam waktu cepat untuk menyelesaikan tugas perusahaan.

Keuntungan Menjadi Tenaga Kerja Outsourcing Adalah?

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai Apa saja keuntungan menjadi tenaga kerja outsourcing. Setiap pekerjaan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satu keuntungan bagi seorang karyawan jika mengikuti program outsourcing adalah akan mendapatkan pelatihan dari perusahaan. Dengan mendapatkan pelatihan tentunya akan membuat Anda memiliki skill tertentu.

Dengan cara ini tentunya membuat Anda memiliki kemampuan dalam hal yang spesifik. Selain bisa menambah pengalaman ini bisa juga menjadi salah satu jalan bagi Anda membuka usaha sendiri.

Setelah memiliki beberapa kemampuan yang didapatkan dari mengikuti pelatihan program outsourcing sehingga Anda bisa mencoba untuk membuka usaha sendiri. Ini merupakan salah satu cara yang bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan bagi setiap orang.

Keuntungan lain dari menjadi tenaga kerja outsourcing adalah lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Anda tidak perlu bingung bingung dalam mencari lapangan pekerjaan karena pihak perusahaan yang akan mencarikan pekerjaan untuk Anda.

Istilahnya adalah Anda tidak perlu melakukan hal apapun selain mengikuti program yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika nantinya ada perusahaan yang membutuhkan karyawan maka Anda akan disalurkan untuk bekerja di sana.

Untuk mendaftar pada perusahaan outsourcing juga bisa dikatakan relatif sangat mudah. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang mungkin tidak memiliki pendidikan tinggi sehingga sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Kekurangan Menjadi Tenaga Kerja Outsourcing Adalah?

Selain beberapa keuntungan yang sudah disebutkan di atas menjadi tenaga kerja outsourcing juga memiliki beberapa kekurangan. Ini harus menjadi pertimbangan Anda sebelum bergabung dengan perusahaan penyedia jasa outsourcing.

Salah satu kekurangannya adalah kontraknya sangat singkat. Ketika Anda bekerja sebagai tenaga kerja outsourcing biasanya mendapatkan kontrak singkat.

Salah satu alasan mengapa mendapatkan kontak singkat adalah sistem kerja sama antara penyedia jasa dan juga pembeli jasa biasanya berjalan tidak lama. Hal ini dikarenakan pembeli jasa mungkin hanya membutuhkan tenaga tambahan untuk mengerjakan tugas tertentu.

Kekurangan lainnya adalah tidak ada jenjang karir. Jika Anda ingin menjadi seorang karyawan yang memiliki jenjang karir maka outsourcing bukan merupakan pilihan yang tepat.

Karena biasanya perusahaan yang menggunakan tenaga kerja outsourcing hanya membutuhkan karyawan untuk waktu yang relatif singkat. Ini dilakukan untuk menghemat biaya operasional dan juga recruitment.

Salah satu yang mungkin sangat memprihatinkan adalah gaji yang mungkin didapatkan tidak seimbang dengan pekerjaan yang dilakukan. Banyak para perusahaan outsourcing yang memberikan potongan gaji sangat besar bagi pekerjanya.

Sampai di sini seharusnya Anda sudah memahami apa itu outsourcing dengan baik. Mengikuti program outsourcing bisa menjadi pilihan jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Akan tetapi, sangat disarankan untuk mencari pekerjaan tanpa menggunakan jasa penyedia outsourcing. Karena penggunaan yang tepat ketika menggunakan jasa penyedia outsourcing adalah ketika Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!