Home » Omset Adalah | Pengertian Apa Itu Omset, Contoh dan Jenisnya

Omset Adalah | Pengertian Apa Itu Omset, Contoh dan Jenisnya

Omset adalah sebuah tanda yang berkaitan dengan berapa lama perusahaan menjual produk-produknya. Banyak orang yang mengartikan omset sama dengan profit, padahal jelas berbeda

Hasil penjualan dalam dunia akuntansi juga sering disebut dengan pemasukan setiap perusahaan mengumpulkan uang tunai. Dunia investasi menjelaskan bahwa hasil penjualan tersebut merupakan persentase produk yang dijual oleh sebuah perusahaan setiap bulannya.

Dua hal yang berkaitan dengan hasil penjualan selain produk atau inventaris adalah aset. Informasi lebih lanjut mengenai apa itu omset ada pada uraian di bawah ini.

Pengertian Hasil Penjualan Berdasarkan Pendapat Ahli

Daniel B De Peore dan Amelia menerangkan bahwa berapa pendapatan yang didapat oleh sebuah perusahaan untuk semua aktivitas penjualan. Penghasilannya masih belum bersih karena harus dibagi dengan biaya menagih, pemeliharaan dan mendapatkan penghasilan.

BACA JUGA:  Financial Reporting: Pengertian, Langkah Pembuatan dan Tantangannya

Untuk mengetahui penghasilan bersihnya, Anda harus menguranginya terlebih dahulu dengan biaya yang harus dibayar oleh perusahaan. Selain itu Anda juga harus menguranginya dengan HPP atau harga pokok penjualan yang terjadi di perusahaan.

Perbedaan Antara Profit dengan Omset

Sesuai dengan pengertian omset adalah pemasukan uang tunai yang diterima oleh perusahaan. Ada perbedaan antara omset dengan profit perusahaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!