Home » Merger Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Merger Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Merger adalah istilah yang sering terdengar dalam bisnis atau usaha, namun tidak banyak orang mengetahui perbedaannya dengan akuisisi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai penggabungan dua atau lebih perusahaan.

Penggabungan tersebut akan menghasilkan satu perusahaan baru sehingga menciptakan saham baru juga. Kegiatan ini mempunyai keuntungan dan tantangan tersendiri sehingga perlu dipikirkan secara matang sebelum melakukan eksekusi.

Kegiatan ini normal terjadi dalam bisnis dan dapat dilakukan oleh berbagai perusahaan mulai dari kecil hingga besar. Terdapat berbagai alasan melatarbelakangi suatu badan usaha untuk melakukan penggabungan.

Definisi Umum dari Merger Adalah

pengertian merger

Secara umum merger merupakan kesepakatan antara perusahaan untuk bersatu dan membentuk bisnis baru. Penyatuan dua atau lebih badan usaha tersebut biasanya dilaksanakan dengan transfer kepemilikan saham atau pembayaran tunai.

BACA JUGA:  B2B Adalah? Ini Contoh Strategi Business to Business yang Bisa Diterapkan

Jadi pada kegiatan ini kedua perusahaan melepas saham masing-masing dan menciptakan saham baru sebagai badan usaha baru. Kemudian perlu dilaksanakan branding karena meninggalkan identitas lama.

Suatu badan usaha berasal dari merger ini akan mempunyai aset gabungan lebih besar, kompetensi lebih baik dan penguasaan pasar lebih kuat. Keuntungan tersebut dapat diperoleh namun diiringi dengan tantangan tertentu.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!