Home » Memahami Makna dan Penerapan Margin Adalah Hal Penting, Berikut Penjelasannya

Memahami Makna dan Penerapan Margin Adalah Hal Penting, Berikut Penjelasannya

Ketika diartikan secara singular pengertian margin adalah jaminan (baik jamak maupun tunggal) yang perlu ditempatkan oleh pemegang posisi baik jual maupun beli. Fungsinya sebagai pelindung risiko kredit dari mitra pengembang.

Namun definisi singular tersebut jarang sekali digunakan karena pada dasarnya margin tidak dapat berdiri sendiri. Misalnya ada profit margin, margin call, margin equity, dan banyak lagi jenis lainnya.

Oleh karena itu cukup sulit ketika dicari definisi secara singular. Melihat dari kacamata investasi maupun akuntansi juga memiliki pendekatan makna secara berbeda pada masing-masing bidang.

Oleh karena itu Anda perlu melihat konteks ketika hendak mengartikan istilah tersebut. Dalam kacamata investasi perannya lebih kepada sebuah penguat dari aspek keuangan tertentu.

Karena penggunaannya bisa cukup bervariasi dan membingungkan kita akan bahas secara tuntas saja.

  • Apabila dilihat dari sudut pandang akuntansi maka margin sendiri adalah persentase keuntungan dan biaya produksi.
  • Jika dilihat dari kacamata investasi maka dapat diartikan sebagai sebuah jaminan ketika melakukan transaksi. Jadi nantinya seorang pembeli aset dapat mengamankan posisi kreditnya.
BACA JUGA:  Faktur Adalah Bukti Transaksi Penting, Berikut Pengertian, Bentuk dan Fungsinya

Tidak hanya dari segi istilah namun ini juga perlu dipahami bagaimana penerapannya secara tepat. Sehingga nanti ketika membuat sebuah laporan keuangan akan mudah dimengerti oleh pembaca.

Perbedaan Omzet, Profit, dan Margin Adalah

Ketiga hal tersebut saling berkaitan baik dalam bidang akuntansi maupun investasi. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengetahui perbedaannya karena semakin jauh dibahas akan banyak keterkaitan.

Omzet merupakan total pendapatan kotor artinya belum dikurangi oleh kewajiban usaha. Banyak orang masih salah mengartikannya seperti profit padahal keduanya memiliki perbedaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!