Home » Pengertian Management Pemasaran Beserta Fungsi dan Tugasnya

Pengertian Management Pemasaran Beserta Fungsi dan Tugasnya

Management pemasaran menjadi salah satu jenis manajemen yang penting jika Anda sedang menjalankan bisnis. Di dalam bisnis, pemasaran menjadi salah satu hal penting untuk memasarkan produk maupun jasanya.

Tentunya adanya pemasaran ini untuk menyasar para konsumen agar lebih mengenal produk atau layanan yang Anda tawarkan. Tentunya ada hal-hal yang perlu dilakukan agar proses pemasaran bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, adanya manajemen di dalam pemasaran akan memberikan kesempatan untuk perusahaan dalam menganalisis pasar. Hal ini bisa menjadi kunci untuk menyiapkan strategi di dalam proses pemasaran.

Pekerja di bidang pemasaran menjadi salah satu yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Hal ini dikarenakan melalui bagian pemasaran biasanya untuk menempuh target pasar yang diinginkan.

Selain memperoleh target pasar yang diinginkan, melalui manajemen dalam pemasaran yang baik bisa mendatangkan lebih banyak konsumen. Tentunya hal ini akan mendorong kemajuan perusahaan atau organisasi.

Strategi pasar yang tepat akan membantu produk Anda lebih laku di pasaran. Dengan cara ini dijamin akan ada perkembangan keuntungan yang dihasilkan dari proses tersebut di dalam pasar.

Pengertian Management Pemasaran yang Perlu Diketahui

Management pemasaran atau disebut juga marketing management merupakan sebuah analisis, implementasi dan pengendalian. Proses ini berlaku di dalam program perusahaan untuk menciptakan dan menjaga keuntungan dengan sasaran pembeli yang tepat.

Jika diartikan secara mendetail maka bisa dibedakan berdasarkan kata yang menyusunnya yaitu manajemen dan pemasaran. Tentunya kedua hal ini memiliki pengertian yang berbeda tetapi menyusun hal yang serupa.

Manajemen sendiri bisa dikatakan sebagai proses perancangan, pengorganisasian dan penggerakan. Kemudian, sebagai proses pengarahan dan pengawasan di dalam sebuah organisasi maupun kelompok tertentu secara teratur untuk tujuan tertentu juga.

Sementara itu, kata pemasaran berhubungan dengan analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Semua proses tersebut dari program yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan.

Berdasarkan arti setiap katanya tersebut, maka management pemasaran sendiri memiliki arti khusus. Bisa diartikan sebagai sebuah usaha untuk merencanakan dan menerapkan berbagai hal dalam kegiatan.

Misalnya seperti mengorganisasikan, mengarahkan, serta mengawasi ataupun mengendalikan suatu kegiatan pemasaran. Hal ini sering berlaku di dalam suatu perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara efisien dan efektif.

Fungsi Manajemen di dalam Pemasaran

Management pemasaran memiliki beberapa fungsi sehingga diperlukan di dalam perusahaan. Berikut ini beberapa fungsi dari manajemen dalam pemasaran yang perlu Anda ketahui di dalam organisasi.

  1. Analisis pasar

Hal yang penting dalam sebuah usaha adalah mampu menganalisis pasar dengan tepat. Meskipun demikian, tidak semua perusahaan memiliki bagian pemasaran atau marketing yang formal untuk mengenalkan produk maupun layanannya.

Meskipun demikian, pasti setiap perusahaan memiliki cara sendiri di dalam menganalisis pasar sesuai layanannya. Analisis pasar sendiri termasuk analisis peluang, ancaman dan perilaku konsumen terhadap produk Anda.

  1. Segmentasi pasar

Secara sederhana segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi pasar menjadi kelompok tertentu. Tujuannya agar proses pemasaran bisa dilakukan secara lebih terarah dan spesifik sehingga bisa lebih efektif dan efisien.

  1. Menetapkan pasar sasaran

Menetapkan pasar sasaran artinya memberikan nilai keaktifan terhadap setiap segmentasi pasar. Nantinya akan diberikan layanan sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok pasar sesuai dengan hasil target pasar yang diinginkan.

  1. Penempatan pasar

Hal ini berhubungan dengan kondisi usaha Anda saat ini sehingga mampu bersaing dengan tepat. Anda bisa menawarkan produk berkualitas untuk dapat bersaing dengan usaha sejenis dengan lebih baik.

  1. Perencanaan pemasaran

Proses ini juga disebut sebagai planning pemasaran untuk jangka waktu tertentu. Selain itu, perlu adanya pendekatan pasar sehingga perencanaan pemasaran yang dibuat tidak terlalu jauh dari prediksi di masa mendatang.

Tujuan Adanya Manajemen dalam Pemasaran

Sebagai salah satu bagian penting di dalam perusahaan, management pemasaran memiliki beberapa tujuan di dalamnya. Berikut ini beberapa tujuan adanya manajemen di dalam proses pemasaran yang dilakukan.

  1. Menciptakan permintaan

Tujuan dari pemasaran pastinya ingin mendatangkan permintaan yang lebih banyak sehingga hasilnya lebih baik. Anda bisa memanfaatkan manajemen dalam pemasaran untuk mengetahui selera konsumen yang berbeda-beda.

  1. Meningkatkan keuntungan

Tim di bagian pemasaran menjadi bagian penting di dalam perusahaan yang mendatangkan pendapatan untuk perusahaan. Keuntungan biasanya akan diperoleh ketika pemasaran berhasil dilakukan dengan produk atau layanan yang berkualitas.

  1. Menciptakan pelanggan baru

Perusahaan pastinya terus menginginkan pelanggan baru untuk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Karena hal itulah konsumen menjadi sumber penting yang memberikan pendapatan untuk perusahaan sesuai dengan yang dipasarkan.

Menciptakan pelanggan baru juga bisa diartikan sebagai bentuk eksplorasi dan identifikasi kebutuhan pelanggan secara luas. Anda bisa menciptakan produk yang krusial dan sering digunakan oleh pelanggan.

BACA JUGA: Memahami Apa Itu Customer Segment dan Manfaatnya

  1. Memuaskan pelanggan

Tidak hanya omong kosong saja, pemasaran yang dilakukan harus dilengkapi dengan layanan maupun produk sesuai ekspektasi pelanggan. Hal ini mendukung pelanggan untuk tetap menggunakan layanan yang Anda berikan.

Pelanggan pastinya membeli barang ataupun jasa sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena hal itulah sebagai tim di bidang pemasaran Anda perlu mengetahui kebutuhan masyarakat yang memang bermanfaat.

  1. Memberikan citra baik pada produk

Melalui manajemen di dalam pemasaran akan mendukung pengenalan produk kepada masyarakat luas. Bahkan, melalui pemasaran bisa memberikan citra baik sesuai produk yang ditawarkan pada mereka.

Pentingnya bagian pemasaran tidak terlepas dari adanya kebutuhan pelanggan yang meningkat setiap harinya. Tentunya untuk mendapatkan pendapatan yang lebih baik perlu adanya management pemasaran di dalam sebuah perusahaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!