Home » Likuiditas Adalah: Ini Pengertian, Jenis, Kegunaan dan Contohnya

Likuiditas Adalah: Ini Pengertian, Jenis, Kegunaan dan Contohnya

Likuiditas adalah sebuah istilah yang mengacu pada seberapa cepat Anda mampu mendapatkan uang tunai. Hal tersebut tentu berkaitan dengan keuangan yang tersedia untuk bahan investasi serta pengeluaran individu maupun usaha.

Dengan kata lain, likuiditas merupakan kemampuan dari individu atau sebuah perusahaan dalam melunasi hutang dan kewajiban lainnya. Hutang tersebut merupakan kewajiban jangka pendek dari individu tersebut.

Apabila tingkat likuiditas suatu perusahaan tinggi, maka kinerjanya akan dinilai semakin baik. Sedangkan sebaliknya, saat tingkat likuiditas di titik rendah maka kinerja perseroan tersebut nantinya dinilai buruk.

Sebagai contoh adalah sebuah perseroan asuransi yang tidak mampu membayar tagihan para nasabahnya. Nasabah pada jasa keuangan tersebut tentu akan terancam tidak mendapatkan uang yang telah disimpannya.

BACA JUGA:  Financial Reporting: Pengertian, Langkah Pembuatan dan Tantangannya

Maka perseroan tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak memiliki likuiditas yang cukup untuk melunasi seluruh hutang kepada nasabahnya. Saat likuiditas rendah, bukan tidak mungkin bisnis akan mengalami kebangkrutan.

Pengertian dan Teori Likuiditas Adalah

Sebuah kemampuan yang harus dimiliki sebuah perusahaan dalam melunasi hutang serta kewajiban jangka pendek lainnya. Hutang tersebut dapat berupa pajak, dividen, cicilan usaha, atau keperluan lainnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!