Home » Liabilitas Adalah: Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Cara Analisisnya

Liabilitas Adalah: Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Cara Analisisnya

Hingga sekarang masih banyak para investor awam tidak tahu bahwa liabilitas adalah hal yang berbeda dengan aset. Jadi memang banyak kesalahan dalam memahami bagaimana potensi sebuah perusahaan.

Liabilitas merupakan beban tanggungan yang harus dibayar oleh sebuah korporasi. Bentuknya tidak hanya dalam wujud finansial namun bisa berbentuk modal lainnya yang masih terkait.

Karena dalam menggerakkan sebuah bisnis bisa saja pinjaman tersebut berupa alat. Sehingga nanti mengembalikannya dapat berupa uang (akuisisi modal) atau dalam bentuk barang lagi.

Sehingga masih tetap disebut sebagai aset karena bertugas untuk menggerakkan roda operasional korporasi. Inilah yang perlu dipahami para calon investor agar tidak terjebak dalam kesalahan.

Ketika melihat besarnya aset sebuah perusahaan pasti akan menggiurkan sebagai tempat berinvestasi. Namun apakah semua asetnya tersebut sehat atau justru hanya sebagai beban tanggungan.

BACA JUGA:  Omset Adalah | Pengertian Apa Itu Omset, Contoh dan Jenisnya

Inilah yang penting dibedakan sehingga nantinya dapat memilih secara tepat tempat berinvestasi. Berbicara masalah liabilitas tentu tidak boleh lepas dari berbagai aspek penting lainnya.

Mulai dari cara membedakannya dengan aset sampai bagaimana karakteristiknya. Karena semua aspek tersebut memang penting untuk dipahami dan dapat menjadi sebuah fundamental dalam pengambilan keputusan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!