Home » Kwitansi Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi dan Jenisnya

Kwitansi Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi dan Jenisnya

Kwitansi adalah salah satu bukti pembayaran yang sah dari adanya akad jual beli barang atau jasa. Jadi, kwitansi merupakan bukti yang sah untuk transaksi jual beli produk barang maupun jasa dengan nominal kecil maupun besar.

Dengan adanya bukti tersebut, maka akad jual beli dinyatakan sah dan berkekuatan hukum jika Anda bubuhkan materai. Sehingga, seseorang bisa saja diancam melawan hukum apabila mencederai kesepakatan jual beli yang telah ditandatangani bersama pada kwitansi.

Oleh sebab itu, Anda harus tahu betul apa saja kegunaan, manfaat, serta cara menggunakan kwitansi untuk akad jual beli produk barang serta jasa. Peran kwitansi sebagai bukti jual beli ini memang sangat vital.

Anda tidak dapat mengurus balik nama suatu barang tertentu tanpa adanya bukti kwitansi yang dikeluarkan oleh penjual, meskipun telah terjadi transaksi akad jual beli. Jadi, peran dokumen ini sangat penting untuk mempercepat dan mempermudah proses transaksi jual beli.

BACA JUGA:  Budget Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Prinsip Dasarnya

Ciri-ciri Kwitansi Resmi dan Dapat Dipertanggungjawabkan Secara Hukum

Mungkin beberapa orang masih belum tahu betul terkait perbedaan kwitansi asli atau palsu, pasalnya dari segi penampilan memang tidak jauh berbeda. Sebagai alat bukti transaksi jual beli yang sah, maka Anda harus tahu cara membedakan kwitansi asli atau palsu.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!