Home » Kompetensi Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaat Merekrut Pekerja Berkompeten

Kompetensi Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaat Merekrut Pekerja Berkompeten

Sekarang ini, kompetensi adalah hal yang paling dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar karena standar pekerjanya berbeda-beda. Pada dasarnya kompetensi merupakan kemampuan diri sendiri baik itu dari skill dan kemampuannya di berbagai aspek penting.

Ketika perusahaan melakukan interview pada para calon karyawan barunya, pihak HRD (Human Resource Development) akan menanyakan beberapa hal penting mengenai kompetensinya. Jika memang calon karyawan memiliki standar yang diinginkan, maka akan diterima.

Tentu saja kemampuan soft skill dan hard skill menjadi pertimbangan paling penting. Ketika tidak ada skill atau kemampuan, maka karyawan tersebut tidak pantas untuk diterima bekerja di dalam perusahaan yang memiliki standar tinggi.

HRD biasanya juga menanyakan mengenai kompetensi dan seberapa percayanya calon karyawan terhadap jawabannya sendiri. Tingkah laku calon karyawan juga menentukan seberapa besar peluangnya untuk diterima di perusahaan tersebut.

BACA JUGA:  Public Relations Adalah: Berikut Pengertian, Fungsi dan Tahapannya

Jadi kita tahu bahwa kompetensi tidak sepenuhnya berasal dari kemampuan personal saja, tapi juga sifat dan tingkah lakunya. Kompetensi adalah suatu hal yang diciptakan dari pengalaman dan kerja keras sehingga tidak semua orang memilikinya.

Pastinya setiap orang memiliki perbedaan dan karakteristiknya masing-masing sehingga suatu perusahaan memiliki standarnya sendiri. Ketika seseorang sudah memenuhi standar perusahaan maka dirinya bisa langsung bekerja di dalamnya melalui persetujuan HRD.

Manfaat dari Merekrut Pekerja Berkompetensi

Kompetensi Adalah

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!